DPRD DKI Setuju Dana BOS Swasta Tahun 2021 Rp 853 Miliar
Logo BeritaSatu

DPRD DKI Setuju Dana BOS Swasta Tahun 2021 Rp 853 Miliar

Kamis, 19 November 2020 | 23:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta menyepakati alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Swasta sebesar Rp 853 miliar. Dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan APBD tahun anggaran 2021, anggaran itu diperuntukkan bagi siswa yang tidak mampu.

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan hal tersebut perlu dilakukan mengingat saat ini banyak masyarakat yang terkena dampak Covid-19 sehingga tidak mampu menyekolahkan anaknya.

“Di tahun 2021 kita masih mengalami pandemi yang berdampak pada kekuatan ekonomi warga DKI, nah di sini Disdik harus bisa tetap memberikan pelayanan terbaik yang dapat merangkul seluruh masyarakat,” ujar Anggara dalam keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Anggara mengapresiasi langkah Disdik DKI yang mengusulkan penambahan anggaran BOS. Pasalnya, banyak siswa terdampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru-baru ini.

“Dana bantuan itu kita anggarkan untuk masyarakat yang tertolak masuk (sekolah) negeri, dan harus bersekolah di swasta. Mereka akan kita bantu uang pangkalnya, sehingga kualitas pendidikan bisa merata,” tandas Anggara.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengaku siap menjalankan seluruh program strategis yang telah diusulkannya demi meningkatkan kualitas pendidikan di Ibukota.

“Kita akan mulai transportasi pendidikan dengan melaksanakan seluruh program secara bertahap. Kita juga akan coba mengisi program melalui postur anggaran yang sudah ada tersedia sebaik dan semaksimal mungkin,” ungkap Nahdiana.

Nahdiana menjelaskan, salah satu program strategis yang dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat yakni menyediakan layanan untuk kaum disabilitas bersekolah, serta membuat program untuk peserta didik yang telah mencapai usia non sekolah namun belum sempat mengenyam pendidikan secara baik.

“Contohnya kita sudah mengawali program menggunakan sistem PPDB kemarin di mana anak yang usianya sudah melampaui kriteria masuk sekolah, bisa juga bersekolah di sekolah Negeri. Sedangkan yang tidak keterima karena masalah umur, kita berikan bantuan uang pangkal untuk bersekolah di swasta,” pungkas Nahdiana.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awal Pekan, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

BMKG memprediksi pada awal pekan ini, Senin (18/10/2021), wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan pada pagi dan siang hari.

MEGAPOLITAN | 18 Oktober 2021

Wagub Riza Patria Minta Partisipasi Publik Cegah Terjadinya Kebakaran di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta partisipasi publik untuk mencegah kebakaran di Jakarta yang marak terjadi belakangan ini.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Pemkot Bekasi Tampung Aspirasi Warga Terkait Penanganan Banjir

Pemkot Bekasi menampung aspirasi warga RW 20 Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya yang mengeluhkan persoalan banjir.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Wow, Bogor Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Pada 2023 Indonesia bakal mempunyai jembatan gantung terpanjang di dunia dengan 530 meter di kaki Gunung Pangrango, Megamendung, Kabupaten Bogor.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Calon ASN Diminta Paham Nilai Dasar “Berakhlak”

Setiap calon ASN diharapkan dapat memahami nilai dasar “Berakhlak” atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan, Ini Penjelasan Wagub DKI

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan mengenai tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Besok, 36 SD Kota Bogor Gelar Uji Coba PTM

Sebanyak 36 sekolah dasar (SD) di Kota Bogor akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), mulai Senin (18/10/2021)

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Cuaca Ekstrem di Kota Bogor, Pohon Tumbang Hingga Menimpa Mobil

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor pada Minggu (17/10/2021), membuat sejumlah pohon tumbang hingga menimpa mobil.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Gerebek Sindikat Pinjol di Cengkareng, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Polres Metro Jakarta Pusat menetapkan enam orang tersangka dari 56 orang yang diamankankan dari penggerebekan pinjol ilegal di Cengkareng, Jakarta Barat.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Libur Akhir Pekan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Naik 40%

Kebun Raya Bogor masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021


TAG POPULER

# Kasus Covid-19


# Piala Thomas


# Kereta Cepat


# Merah Putih


# Formula E



TERKINI
Rektor IPB: Badan Pangan Nasional Harus Bisa Wujudkan Kemandirian Pangan

Rektor IPB: Badan Pangan Nasional Harus Bisa Wujudkan Kemandirian Pangan

NASIONAL | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings