Haris Azhar Sebut Tantangan Kubu Abdul Halim Bentuk Kepanikan
Logo BeritaSatu

Haris Azhar Sebut Tantangan Kubu Abdul Halim Bentuk Kepanikan

Selasa, 24 November 2020 | 20:53 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Haris Azhar, kuasa hukum tersangka kasus dugaan pemalsuan surat tanah, Benny Tabalujan menanggapi santai tantangan kubu Abdul Halim terkait sengketa tanah 7,7 hektare di Cakung Barat, Jakarta Timur. Haris Azhar menyebut pernyataan kubu Halim yang menantangnya menghadirkan Benny merupakan bentuk kepanikan lantaran kebenaran kasus sengketa yang mulai terkuak, terutama dari hasil investigasi internal BPN.

“Sudah jelas kok. Ada putusan MA yang inkracht menyatakan SHGB PT Salve milik keluarga Tabalujan. Sudah ada vonis BPN yang menghukum 10 oknum karena menyalahi aturan, mulai dari membatalkan SHGB PT Salve, menerbitkan SHM Abdul Halim hanya dalam tempo sehari dengan melanggar prosedur, hingga tanah Abdul Halim yang secara ajaib membesar jadi 7,7 hektare, padahal dia mengakunya punya 5 hektar,” kata Haris, dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).

Haris yang dikenal kerap mengadvokasi tanah adat rakyat mengajak kubu Abdul Halim menggunakan logika yang lurus. Dari sisi kronologis, kata Haris, keluarga Tabalujan memiliki tanah itu sejak 1975 dan statusnya sudah SHM. Pada 2011, tanah diturunkan haknya ke HGB lalu diimbrengkan ke PT Salve untuk kepentingan bisnis. Namun, pada 2018, Abdul Halim mendadak muncul dan mengajukan gugatan berdasarkan AJB.

“Ini kita bukan ngomongin tanah 100 atau 200 meter lho ya. Tanah itu, kalau dihitung-hitung NJOP-nya saja saat ini di atas 500 miliar. Wajar nggak kalau kabarnya dia bilang itu dapat hibah? Kalaupun beli, umur Abdul Halim saat itu masih 25 tahun, uang dari mana dia untuk membeli tanah itu? Saya malah menduga mungkin Abdul Halim sendiri tidak tahu nilainya segitu," kata Haris.

Untuk itu, Haris yang juga pendiri Kantor Hukum dan HAM Lokataru Foundation meyakini Abdul Halim hanya "boneka" yang digunakan pihak lain untuk menjalankan aksi merebut tanah.

“Makanya saya bilang, dia itu jadi boneka, jadi wayang saja. Kalau kata Metallica, ada lagi master of puppet-nya. Tuan si bonekanya ada. Abdul Halim dipakai ‘sang dalang’ untuk meraih simpati masyarakat. Dia diprofilkan sebagai orang tua miskin yang tanahnya direbut mafia tanah. Andalan mereka cuma nuduh Benny mafia tanah yang menzalimi Abdul Halim, termasuk dengan menggunakan buzzer, ” tegas Haris.

Dalam wawancara dengan media, pihak BPN menyebutkan status tanah yang masih dalam sengketa tersebut saat ini kini sudah berpindah tangan. Tercatat nama seorang pengusaha di bidang pelayaran sebagai pemilik baru lahan itu.

"Perubahan kepemilikan itu tercatat di kantor Pertanahan Jakarta Timur pada Juli 2O20," kata Inspektur Jenderal BPN, Sunraizal,

Sebelumnya, kubu Abdul Halim melalui kuasa hukumnya, Hendra, menantang Haris Azhar untuk menghadirkan kliennya dan berpikir secara logika. Hendra mengatakan kliennya, Abdul Halim adalah seorang kakek yang cuma memiliki satu bidang tanah.

Sedangkan Benny Tabalujan, kata Hendra, punya tanah di mana-mana.

“Abdul Halim, yang cuma punya satu bidang tanah, dimakan oleh Benny Tabalujan. Pakai logika saja," kata Hendra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awal Pekan, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

BMKG memprediksi pada awal pekan ini, Senin (18/10/2021), wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan pada pagi dan siang hari.

MEGAPOLITAN | 18 Oktober 2021

Wagub Riza Patria Minta Partisipasi Publik Cegah Terjadinya Kebakaran di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta partisipasi publik untuk mencegah kebakaran di Jakarta yang marak terjadi belakangan ini.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Pemkot Bekasi Tampung Aspirasi Warga Terkait Penanganan Banjir

Pemkot Bekasi menampung aspirasi warga RW 20 Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya yang mengeluhkan persoalan banjir.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Wow, Bogor Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Pada 2023 Indonesia bakal mempunyai jembatan gantung terpanjang di dunia dengan 530 meter di kaki Gunung Pangrango, Megamendung, Kabupaten Bogor.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Calon ASN Diminta Paham Nilai Dasar “Berakhlak”

Setiap calon ASN diharapkan dapat memahami nilai dasar “Berakhlak” atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan, Ini Penjelasan Wagub DKI

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan mengenai tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Besok, 36 SD Kota Bogor Gelar Uji Coba PTM

Sebanyak 36 sekolah dasar (SD) di Kota Bogor akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), mulai Senin (18/10/2021)

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Cuaca Ekstrem di Kota Bogor, Pohon Tumbang Hingga Menimpa Mobil

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor pada Minggu (17/10/2021), membuat sejumlah pohon tumbang hingga menimpa mobil.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Gerebek Sindikat Pinjol di Cengkareng, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Polres Metro Jakarta Pusat menetapkan enam orang tersangka dari 56 orang yang diamankankan dari penggerebekan pinjol ilegal di Cengkareng, Jakarta Barat.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Libur Akhir Pekan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Naik 40%

Kebun Raya Bogor masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021


TAG POPULER

# Kasus Covid-19


# Piala Thomas


# Kereta Cepat


# Merah Putih


# Formula E



TERKINI
Kalahkan Valencia, Barcelona Alihkan Fokus ke Liga Champions

Kalahkan Valencia, Barcelona Alihkan Fokus ke Liga Champions

BOLA | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings