Logo BeritaSatu

Dirut MRT: Pendapatan TOD Nantinya Berkontribusi 30%

Rabu, 23 Desember 2020 | 11:13 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / ALD

Jakarta, Beritasatu.com - PT MRT Jakarta memproyeksikan kontribusi pendapatan dari pengelolaan kawasan transit oriented development (TOD) akan bisa mencapai 30% dari total pendapatan perusahaan setiap tahun.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan, akan terus mengembangkan TOD atau kawasan terpadu berbasis transit. PT MRT Jakarta sudah menyiapkan lima proyek TOD perdana, yakni di kawasan Dukuh Atas, Istora Senayan, Blok M Asean, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

“Jadi beberapa TOD yang sudah kita kembangkan akan kita mulai efektifkan TOD ini,” jelas William dalam media visit PT MRT Jakarta dengan jajaran Redaksi BeritaSatu Media Holdings secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Menurut dia, bisnis TOD ini mempunyai potensi besar dalam menopang pendapatan PT MRT Jakarta ke depan. Dia menaksir, pendapatan TOD nantinya bisa berkontribusi sebesar 30% dari total pendapatan perusahaan, lalu 30% dari pendapatan di luar penumpang, 20% pendapatan penumpang, dan 20% lagi dari subsidi.

"Estimasi saya kita harap struktur TOD diharap nanti bisa 30% dari real income dari MRT Jakarta. Jadi nanti air right diberikan dan anak usaha kami bisa diberikan kewenangan untuk mengelola lahan-lahan dan fasilitas milik pemerintah. Karenanya nantinya, 30% struktur pendapatan datang dari TOD, sekitar 30% nonfarebox di luar TOD, 20% dari tiket, dan 20% lagi subsidi," papar William.

Namun, ujar William, saat ini pihaknya belum memperoleh pendapatan dari pengelolaan TOD karena proyek tersebut baru saja dimulai. Adapun anak usaha yang disiapkan untuk mengelola kawasan TOD itu, yakni PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) terbentuk pada Oktober 2020.

Selain itu, PT MRT Jakarta juga terus fokus untuk mengintegrasikan layanan transportasi di Jabodetabek bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Kedua perusahaan sudah membentuk anak usaha bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ). Anak perusahaan tersebut mengemban tugas melakukan revitaliasi sejumlah stasiun kereta rel listrik (KRL) di Jabodetabek kemudian nantinya mengelola stasiun-stasiun tersebut.

Untuk tahap pertama sudah ada empat stasiun yang selesai direvitalisasi, yakni Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Senen, Juanda. Saat ini sedang dilakukan revitalisasi di lima stasiun, yaitu Stasiun Gondangdia, Manggarai, Palmerah, Tebet, dan Stasiun Kota.

Terkait integrasi transportasi tersebut, kata William, pihaknya mengharapkan sinergi antara pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengambilan keputusan. “Pengintegrasian transportasi ini membutuhkan regulasi yang boleh dikatakan tunggal. Kita sangat harapkan sinergi pengambilan keputusan,” papar William.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 40 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings