Pemkot Tangerang Akan Tingkatkan Puskesmas Jadi Rumah Sakit Tipe D
Logo BeritaSatu

Pemkot Tangerang Akan Tingkatkan Puskesmas Jadi Rumah Sakit Tipe D

Kamis, 7 Januari 2021 | 14:10 WIB
Oleh : Chairul Fikri / BW

Tangerang, Beritasatu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan meningkatkan status puskesmas menjadi rumah sakit tipe D. Peningkatan status itu untuk mengatasi kurangnya ruangan dan tempat tidur akibat Covid-19.

Di Kota Tangerang mempunyai 33 rumah sakit yang melayani pengobatan bagi masyarakat yang butuh penanganan kesehatan.

“Namun, memang sebagian besar masih berstatus rumah sakit swasta. Oleh sebab itu, Pemkot Tangerang berencana meningkatkan puskesmas untuk dijadikan rumah sakit tipe D. Saat ini Pemkot Tangerang memiliki lima unit puskesmas rawat inap dengan total kapasitas tempat tidur pasien 75 unit. Puskesmas non-rawat inap sebanyak 33 unit," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, Kamis (7/1/2021).

Untuk sementara, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang memiliki kapasitas 112 tempat tidur. Rencananya, akan ditingkatkan menjadi 200 tempat tidur melalui peningkatan status puskesmas menjadi rumah sakit.

Peningkatan status akan dilakukan pada 2021. Harusnya, peningkatan itu sudah dilakukan sejak 2020. Namun, karena ada pandemi Covid-19, maka rencana itu tertunda.

“Oleh sebab itu, tahun ini kami upayakan segera lakukan peningkatan karena memang saat ini masih fokus menangani Covid-19 dahulu. Kan sekarang RSUD yang kita punya masih ada di wilayah tengah nih. Oleh karena itu, nanti peningkatannya di wilayah timur dan barat Kota Tangerang yang sejauh ini masih dikover RS swasta,” katanya.

Liza menyatakan, sebenarnya di Kota Tangerang secara kapasitas memiliki jumlah rumah sakit dan ketersediaan bed terbanyak dibanding beberapa wilayah di Provinsi Banten. Berdasarkan data, ada 38 puskesmas, 33 rumah sakit, dan puluhan kllinik kesehatan dengan jumlah 1.200 bed.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menegaskan akan meningkatkan status beberapa puskesmas di Kota Tangerang agar bisa menjadi rumah sakit.

Sebenarnya, saat ini puskesmas rawat inap di Kota Tangerang sudah bisa mewakili layanan dasar kesehatan warga, sebelum dirujuk ke RSUD Kota Tangerang di Jalan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang.

Namun, sistem pembiayaan BPJS Kesehatan tidak mengenal istilah puskesmas rawat inap. BPJS hanya mengenal sistem perawatan dan pengobatan di puskesmas dan rumah sakit. Hal itu membuat Pemkot Tangerang berupaya meningkatkan status menjadi rumah sakit tipe D.

"Kita mau optimalkan puskesmas rawat inap menjadi rumah sakit tipe D agar pelayanan kesehatan masyarakat lebih maksimal. Kita siapkan dulu kajiannya kan banyak harus menyiapkan instalasi gas, ME, kamar operasi, ICU,” katanya.

Pada rumah sakit umum kelas D sedikitnya tersedia dua pelayanan medik spesialis dasar, dengan fasilitas dan kemampuan pelayanan yang meliputi pelayanan medik umum, gawat darurat, medik spesialis dasar, keperawatan dan kebidanan, serta pelayanan penunjang klinik dan nonklinik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wagub DKI soal Vaksinasi: Jangan Khawatir, Kami Siap Bertanggung Jawab

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga DKI Jakarta tidak perlu khawatir dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

MEGAPOLITAN | 7 Januari 2021

Polda Metro Jaya Rotasi Sebagian Besar Kapolres

Kepada pejabat baru diharapkan mendukung dan menyukseskan kebijakan pemerintah agar memutus mata rantai Covid-19.

MEGAPOLITAN | 7 Januari 2021

Pusat Perketat PSBB Jawa-Bali, DKI: Perlu Integrasi Kebijakan Antara Daerah secara Optimal

Kebijakan PSBB ketat pemerintah pusat searah dan sejalan dengan kebijakan Pemprov DKI yang sedang memberlakukan PSBB transisi.

MEGAPOLITAN | 7 Januari 2021

PN Jakarta Selatan Gelar Sidang Praperadilan Rizieq Hari Keempat

Kuasa hukum Rizieq akan menghadirkan saksi tiga hingga empat orang, termasuk saksi ahli.

MEGAPOLITAN | 7 Januari 2021

Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Naik Jadi 4.069

Tercatat sejak Maret 2020, ada 42.935 pasien terdaftar di empat tower ini.

MEGAPOLITAN | 7 Januari 2021

Dinkes Tangerang Minta Pasien Covid-19 Manfaatkan Rumah Isolasi

Dinkes Kota Tangerang mengimbau kepada para pasien Covid-19 khususnya yang tanpa gejala untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan berupa Rumah Isolasi Covid-19.

MEGAPOLITAN | 6 Januari 2021

Perempuan Tewas Usai Loncat dari Lantai 4 Mal Taman Anggrek

Petugas Polsek Tanjung Duren Jakarta Barat memastikan perempuan tanpa identitas yang loncat dari lantai 4 Mal Taman Anggrek dalam kondisi tewas di TKP.

MEGAPOLITAN | 6 Januari 2021

Terbelit Ekonomi, Seorang Pria Nekat Curi Alquran di Masjid untuk Dijual Kembali

Dari hasil pemeriksaan terhadap AS, pelaku ternyata sudah empat kali melakukan aksinya di beberapa masjid di Kota Tangerang.

MEGAPOLITAN | 6 Januari 2021

Dinkes DKI Sebut Tempat Tidur ICU Akan Penuh pada Februari 2021

Dinkes DKI Jakarta memprediksikan tempat tidur ICU di DKI Jakarta bakal penuh pada awal Februari 2021.

MEGAPOLITAN | 6 Januari 2021

Ketersediaan Ruang ICU, Dinkes Depok Aktifkan Sisruter

Ketersediaan ruang ICU ini dapat dipantau melalui Sisruter namun hanya dapat dilakukan oleh pihak rumah sakit dan dinas kesehatan, tidak oleh masyarakat luas.

MEGAPOLITAN | 6 Januari 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS