Panglima: Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Terpetakan
Logo BeritaSatu

Panglima: Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ-182 Sudah Terpetakan

Minggu, 10 Januari 2021 | 16:33 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap titik lokasi black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu dan diharapkan dapat segera diangkat dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah berkat doa seluruh masyarakat Indonesia titik jatuhnya SJ-182 sudah kita temukan dan saat ini seluruh prajurit TNI di lokasi, bersama Basarnas mendukung pecahan dan potongan pesawat SJ-182. Bagian-bagian yang kecil bisa kita ambil, bagian yang besar kita datangkan kapal dengan alat crane," ujar Hadi Tjahjanto, Minggu (10/1/2021) sore di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ia menyebutkan pihaknya terus memantau keberadaan black box yang amat penting dalam mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

"TNI dan Polri terus berupaya mendapatkan black box yang posisinya diduga kuat berada di posisi tersebut. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan terus bisa dipantau dan sudah kita marking. Kita harap dalam waktu tidak lama black box tersebut bisa segera diangkat. Pesawat itu ada di kedalaman 23 meter, semoga segera bisa segera diangkat," tandas Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyebutkan pihaknya sudah menemukan sejumlah serpihan pesawat maupun bagian tubuh jenazah penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

"Berdasarkan informasi posisi, SAR gabungan dari TNI dan Polri, serta stakeholder terkait. Kita menemukan serpihan atau potongan dari Sriwijaya SJ-182. Dan juga menemukan potongan tubuh manusia yang dapat ditindaklanjuti DVI Polri dan KNKT. Transmit emergency hanya dari dua alat tersebut dan direction finder merapat ke KRI Reagal dan sudah on board untuk melakukan pencarian black box tersebut agar bisa segera ditemukan," ujar Bagus Puruhito.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menyebutkan pihaknya terus melakukan pemantauan dan menggunakan alat yang tepat untuk mendapatkan black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

"Saya menyampaikan progres, hari ini kita sudah mengetahui posisi black box, ada 3 alat portable ping finder untuk membantu para penyelam, sehingga semoga segera ditemukan black box. Kita juga mengindetifikasi part pesawat yang ditemukan dan sebaran serpihan pesawat tersebut," kata Soerjanto.

Sedangkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan dirinya optimis progres evakuasi black box, jenazah korban penumpang Sriwijaya Air, serta bagian serpihan pesawat dapat dilakukan dengan cepat.

"Bila di kecelakaan pesawat yang dahulu sampai 5 hari baru ada temuan, saat ini proses penemuan progres nya amat baik. Saya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya saudara-saudara kita. Jasa Raharja sekarang harus melakukan inventarisasi untuk memberikan hak-hak keluarga korban. Hari ini sudah dilakukan pertemuan, Sriwijaya juga turut serta dalam pertemuan tersebut dan menyiapkan penginapan untuk anggota keluarga dari luar kota," kata Budi Karya Sumadi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemkot Depok Akan Berlakukan Aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Hal tersebut diatur dan diterbitkan dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Wali Kota Depok Nomor 59/2020.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Kecelakaan Sriwijaya Air, Wagub DKI Minta Masyarakat Tidak Sebarkan Hoaks

Ahmad Riza Patria, meminta masyarakat khususnya warga DKI Jakarta untuk tidak menyebarkan informasi tidak benar soal jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

KAI Commuter Lanjutkan Pembatasan Jam Operasional pada Masa PPKM

Dengan jam operasional 04.00 WIB-22.00 WIB, KAI Commuter tetap melayani pelanggan dengan 964 perjalanan KRL per harinya menggunakan 91 rangkaian KRL.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Wagub DKI Tinjau Proses Pencarian Pesawat Sriwijaya Air

Dalam upaya pencarian pesawat Sriwijaya Air ini, Pemprov DKI Jakarta memberi dukungan penuh kepada seluruh jajaran yang bertugas.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Cegah Covid-19, Anies Lepas Tim Spraying Disinfektan Massal PMI Jakarta

Anies mengapresiasi PMI DKI Jakarta yang telah mengambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Kunjungi Kediaman Pilot Sriwijaya Air, Bupati Bogor Berikan Semangat

Ade Yasin datang sekitar pukul 08.30 WIB ke kediaman pilot Sriwijaya air SJ-182 Captain Afwan di Perumahan Bumi Cibinong Endah, Cibinong.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Polresta Bandara Berikan Pelayanan Terbaik untuk Keluarga Korban Sriwijaya

Petugas juga akan membantu para keluarga korban untuk mengurus dokumen di Rumah Sakit Pusat Polri, Kramatjati, Jakarta Timur.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Cari Kotak Hitam, KNKT Terjunkan Tim dengan Kapal Baruna Jaya IV

Kapal ini juga memiliki kemampuan membaca sinyal dua jenis kotak hitam pesawat, yaitu cockpit voice recorder dan flight data recorder.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Tim Selam Kopaska Temukan Bagian Tubuh Diduga Korban Sriwijaya Air

Satu tim berada di KRI Teluk Gilimanuk, satu tim di KRI Rigel-933 dan dua tim berangkat menggunakan dua sea rider.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021

Tim Gabungan Temukan Beberapa Bagian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Bagian-bagian pesawat tersebut ditemukan dari kedalaman sekitar 23 meter dari permukaan laut.

MEGAPOLITAN | 10 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS