Kota Depok Darurat Covid-19, Wali Kota: Kasusnya Terus Meningkat
Logo BeritaSatu

Kota Depok Darurat Covid-19, Wali Kota: Kasusnya Terus Meningkat

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:19 WIB
Oleh : Bhakti Hariani / FER

Depok, Beritasatu.com - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, rumah sakit di Kota Depok sudah penuh. Pasalnya, tingkat keterisian rumah sakit terbilang tinggi.

Idris menuturkan, saat ini berdasarkan data terbaru Pemkot Depok, data Bed Occupancy Ratio (BOR) ruang ICU di Depok sudah mencapai 92 persen. Sedangkan BOR untuk ruang isolasi telah terpakai 84 persen.

"Kasusnya terus meningkat. Kami mencari solusi untuk terus meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Depok. Bersama dengan rumah sakit kami bekerjasama dan telah terlaksana penambahan ruang ICU yang sudah dimulai sejak tanggal 5-20 Januari 2021 lalu. Saat ini untuk ICU memiliki tambahan 15 ruangan. Sebelumnya 59 sekarang 74. Ini di RS se-Kota Depok ya," ujar Idris di Depok, Jawa Barat, Jumat (22/1/2021).

Selain ruang ICU, Idris mengungkapkan, Pemkot Depok juga menambah ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Terdapat penambahan 55 tempat tidur, dari sebelumnya 727 tempat tidur menjadi 782 tempat tidur.

Selain itu, lanjutnya, Pemkot Depok juga menunjuk dua rumah sakit yakni Rumah Sakit Harapan yang didapuk sebagai RS Dedikasi Covid-19 di Depok dan RS Setya Bhakti sebagai RS khusus Covid-19 bagi neo maternal atau bayi baru lahir dan juga bagi ibu dan anak yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Alhamdulillah untuk di RS Harapan yang tadinya hanya ada tambahan lima ruang isolasi, kini bertambah 35 ruang isolasi. Untuk yang di RS Harapan hanya untuk yang gejala ringan dan tanpa gejala ya," kata Idris.

Pemkot Depok juga terus menjajaki kemungkinan untuk dapat memanfaatkan Wisma Atlet milik Kostrad yang berada di Kecamatan Cilodong untuk dapat digunakan sebagai tempat isolasi. "Ini karena milik Kostrad jadi kami coba komunikasi dengan KASAD dan nantinya ini juga khusus untuk pasien isolasi gejala ringan dan tanpa gejala," tutur Idris.

Terkait ide dari Pemprov DKI Jakarta agar penanganan pandemi Covid-19 diambil alih pemerintah pusat untuk wilayah Jabodetabek, Idris menyepakati hal tersebut. Bahkan, lanjut Idris, hal ini sudah pernah diajukan oleh Pemkot Depok kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

"Pada Mei 2020, kami sudah pernah rekomendasikan ini pada Kemendagri. Kami sudah berkirim surat kepada mereka tapi sampai sekarang belum ada responnya. Kami menyambut baik jika ingin ditangani dalam satu komando pemerintah pusat. Agar segalanya lebih terkoordinasi. Apalagi untuk daerah aglomerasi seperti di Jabodetabek ini," papar Idris.

Tentang banyaknya warga Depok yang dirawat di RS di Jakarta, Idris mengakui hal tersebut. Pasalnya, 40 persen lebih warga Depok adalah komuter yang sehari-harinya bekerja di Jakarta.

"Kami punya RSUI di Depok tapi ketika kami meminta agar RSUI ini difokuskan untuk merawat warga Depok saja, Kemenkes bilang tidak bisa karena RSUI ini milik nasional. RSUI ini juga banyak merawat warga dari luar Depok," tutup Idris.

Hingga Jumat (22/1/2021), terdapat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 360 kasus. Sehingga totalnya menjadi 23.729 kasus. Sedangkan kasus konfirmasi aktif sebanyak 4.691 kasus.

Kasus meninggal bertambah delapan orang menjadi 529 orang atau sebesar 2,23 persen. Sedangkan kasus sembuh bertambah 240 orang menjadi 18.509 orang atau sebesar 78 persen.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Awal Pekan, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

BMKG memprediksi pada awal pekan ini, Senin (18/10/2021), wilayah DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan hingga hujan ringan pada pagi dan siang hari.

MEGAPOLITAN | 18 Oktober 2021

Wagub Riza Patria Minta Partisipasi Publik Cegah Terjadinya Kebakaran di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta partisipasi publik untuk mencegah kebakaran di Jakarta yang marak terjadi belakangan ini.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Pemkot Bekasi Tampung Aspirasi Warga Terkait Penanganan Banjir

Pemkot Bekasi menampung aspirasi warga RW 20 Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya yang mengeluhkan persoalan banjir.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Wow, Bogor Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

Pada 2023 Indonesia bakal mempunyai jembatan gantung terpanjang di dunia dengan 530 meter di kaki Gunung Pangrango, Megamendung, Kabupaten Bogor.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Calon ASN Diminta Paham Nilai Dasar “Berakhlak”

Setiap calon ASN diharapkan dapat memahami nilai dasar “Berakhlak” atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan, Ini Penjelasan Wagub DKI

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan mengenai tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk menjadi nama salah satu jalan di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Besok, 36 SD Kota Bogor Gelar Uji Coba PTM

Sebanyak 36 sekolah dasar (SD) di Kota Bogor akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), mulai Senin (18/10/2021)

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Cuaca Ekstrem di Kota Bogor, Pohon Tumbang Hingga Menimpa Mobil

Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor pada Minggu (17/10/2021), membuat sejumlah pohon tumbang hingga menimpa mobil.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Gerebek Sindikat Pinjol di Cengkareng, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Polres Metro Jakarta Pusat menetapkan enam orang tersangka dari 56 orang yang diamankankan dari penggerebekan pinjol ilegal di Cengkareng, Jakarta Barat.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021

Libur Akhir Pekan, Pengunjung Kebun Raya Bogor Naik 40%

Kebun Raya Bogor masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik.

MEGAPOLITAN | 17 Oktober 2021


TAG POPULER

# Kasus Covid-19


# Piala Thomas


# Kereta Cepat


# Merah Putih


# Formula E



TERKINI
KOI Minta LADI Segera Selesaikan Urusan dengan WADA

KOI Minta LADI Segera Selesaikan Urusan dengan WADA

OLAHRAGA | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings