Pakar: Jabodetabek Dapat Alami Krisis Daging Sapi Berkepanjangan
Logo BeritaSatu

Pakar: Jabodetabek Dapat Alami Krisis Daging Sapi Berkepanjangan

Jumat, 22 Januari 2021 | 22:19 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Guru Besar Fakultas Peternakan IPB University Muladno Basar menilai bahwa wilayah Jabodetabek bisa mengalami krisis daging sapi berkepanjangan jika tidak disikapi dengan solusi jangka panjang dari pemerintah dan pelaku usaha.

Menurut Muladno, lonjakan harga daging sapi yang menyebabkan para pedagang di pasar tradisional melakukan aksi mogok hanya terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Bodetabek. Peningkatan harga daging sapi juga hanya terjadi pada wilayah Jabodetabek saja, bukan secara nasional.

Harga yang melonjak tinggi ini, kata Muladno, merupakan dampak dari ketergantungan Indonesia terhadap impor daging sapi dari negara lain, khususnya Australia.

"DKI dan Botabek bisa krisis daging sapi berkepanjangan karena impor sapi bakalan dari Australia mahal. Kemudian, impor sapi dari Brazil dan Meksiko juga mahal karena terlalu jauh dari segi jarak atau geografis," kata Muladno dalam diskusi yang digelar Pataka secara virtual, Jumat (22/1/2021).

Selain karena bergantung pada impor, Muladno menjelaskan bahwa produksi sapi bakalan di Indonesia tidak mencukupi. Sapi bakalan jantan di Indonesia lebih banyak disiapkan oleh peternak untuk Hari Raya Iduladha.

Jabodetabek sendiri merupakan wilayah konsumen daging ternak. Di sisi lain, ada delapan provinsi yang bisa memasok daging ke Jabodetabek dengan populasi sapi jantan di atas 750.000 per provinsi.

Delapan provinsi tersebut, yakni Jawa Timur dengan populasi tertinggi di atas 4 juta ekor, diikuti Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, NTB, NTT, Sumatra Utara, Lampung dan Bali.

Namun demikian, delapan provinsi ini juga tidak cukup memenuhi kebutuhan pangan hewan ternak ke Jabodetabek. Oleh karena itu, Indonesia memasoknya dari Australia dengan populasi sapi di atas 26 juta ton.

Salah satu provinsi di Australia, Darwin, juga memasok untuk kebutuhan daging ke Jakarta, karena jaraknya yang lebih dekat dibandingkan wilayah Sulawesi.

Dengan ketergantungan impor dari Australia, harga daging sapi di Jabodetabek akan terkatrol naik jika harga sapi bakalan di negara tersebut mengalami kenaikan.

Oleh karenanya, Muladno menilai kegiatan industri sapi ini sebaiknya dsserahkan pada pelaku usaha.

"Serahkan kegiatan industri sapi ini ke pebisnis secara total. Pemerintah hanya terbitkan regulasi yang kondusif bagi pebisnis," kata Muladno.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

26% Tenaga Kesehatan di Jakarta Selatan Telah Divaksin Covid-19

DKI Jakarta telah menyiapkan enam rumah sakit khusus untuk menangani orang yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

49 Penumpang Sriwijaya Air Berhasil Teridentifikasi

49 penumpang Sriwijaya Air SJ-182 berhasil diidentifikasi termasuk dua orang yang tidak masuk dalam daftar manifes karena menggunakan identitas orang lain.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

RS Rujukan Covid-19 di Tangerang Selatan Penuh

Menurut Benyamin, seluruh ruang ICU di beberapa RS rujukan Covid-19 yang ada di Tangerang Selatan sudah 100 persen penuh.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

11 Hari PPKM, Pemkot Tangerang Jaring 1.515 Pelanggar Protokol Kesehatan

Masyarakat diharapkan semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat angka kasus positif Covid-19 di Kota Tangerang terus meningkat.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

TPU Covid-19 di DKI Hampir Penuh, Wagub Minta Warga Tak Khawatir

Menurut Wagub DKI, pihaknya mengupayakan menambah lahan untuk TPU khusus jenazah pasien Covid-19.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

Wagub DKI Tegaskan Kapasitas RS Rujukan Covid-19 Terus Ditambah

Sebanyak 37 persen pasien yang dirawat di RS rujukan Covid-19 berasal dari luar Jakarta.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

Penyaluran Bansos Tunai di Kota Tangsel Capai 85 Persen

Pemkot Tangsel bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam penyaluran bantuan sosial tunai.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

Kota Depok Darurat Covid-19, Wali Kota: Kasusnya Terus Meningkat

Berdasarkan data terbaru Pemkot Depok, bed occupancy ratio (BOR) ruang ICU sudah mencapai 92 persen.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

Ormas FBR dan Kelompok Kei Bentrok di Bekasi

Keributan antara FBR dan kelompok Kei terjadi di Cafe Saurma, Jalan KH Noer Ali Kalimalang, Jakasampurna, Bekasi Barat pada Kamis (21/1/2021) dini hari.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

RS Rujukan Covid-19 Penuh, Pasien “Terpaksa” ke RS Swasta

RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid yang dijadikan sebagai RS rujukan di Kota Bekasi, tak sanggup lagi menerima pasien Covid-19 dengan penyakit penyerta (komorbid).

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS