Hasil Uji Swab Dikeluhkan Lama, Wali Kota Tangsel: Alat Tes PCR Rusak
Logo BeritaSatu

Hasil Uji Swab Dikeluhkan Lama, Wali Kota Tangsel: Alat Tes PCR Rusak

Sabtu, 23 Januari 2021 | 18:51 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Tangerang Selatan, Beritasatu.com - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, menjawab keluhan warga yang mengungkapkan bahwa hasil uji swab di wilayahnya lama keluar. Menurutnya, itu terjadi lantaran alat polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus SARS CoV-2 yang dimiliki Laboratorium Kesehatan Daerah Tangsel mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, Pemkot Tangerang Selatan kini tengah menunggu bantuan dari Pemerintah Pusat.

"Sejauh ini kita masih menunggu bantuan Mobile Laboratory Biosafety Level (BSL)-2 dari pemerintah pusat untuk mendeteksi kasus Covid-19. Insyallah awal Februari 2021 besok datang dan bisa kembali digunakan untuk melakukan pemeriksaan," ungkap Airin Rachmi Diany dalam keterangan pernyataan tertulisnya, Sabtu (23/1/2021).

Ditambahkan Airin, untuk sementara proses pemeriksaan Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan dialihkan seluruhnya ke laboratorium di luar daerah.

"Untuk sementara kami kirim ke laboratorium lain yang kerja sama. Seperti BTKLPP Kemenkes, sama Lab UI, Labkesda Provinsi Banten. Dan kita juga kerja sama dengan sejumlah laboratorium di RS swasta yang ada di sekitar Tangsel dan Tangerang Raya," tambahnya.

Airin memastikan bila nantinya alat tes PCR bantuan tersebut datang, maka proses pemeriksaan sampel akan bisa cepat selesai.

"Kalau alatnya sudah datang, hasilnya bisa didapatkan dalam waktu delapan jam. Kapasitasnya sekitar enam ratus tes per hari," tandasnya.

Sebelumnya, pihak UPT Laboratorium Kesehatan Daerah Tangsel menghentikan sementara pemeriksaan sampel atau spesimen terkait Covid-19 untuk sementara sejak tanggal 20 Januari 2021 lalu. Hal tersebut berdasarkan surat edaran pemberitahuan nomor 800/088/Labkesda/2021 yang menyatakan bahwa penghentian sementara pemeriksaan spesimen Covid-19 lantaran alat PCR SARS CoV-2 di Labkesda rusak dan kini dalam proses perbaikan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemkot Tangsel Segera Operasikan RS Pakulonan

Menurut Airin, Pemkot Tangsel telah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk mengatasi keterbatasan ruang perawatan pasien Covid-19.

MEGAPOLITAN | 23 Januari 2021

Airin Tegaskan PPKM Masih Diperlukan

Airin mendukung perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran Covid-19.

MEGAPOLITAN | 23 Januari 2021

Kota dan Kabupaten Tangerang Telah Terima Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengaku sudah menerima 22.279 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Kementerian Kesehatan dan Pemprov Banten.

MEGAPOLITAN | 23 Januari 2021

Bertemu Uskup Agung Jakarta, Menag Diskusi Penguatan Moderasi Beragama

Menteri Agama., Yaqut Cholil Qoumas, membahas penguatan moderasi agama, saat berkunjung ke Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmod

MEGAPOLITAN | 23 Januari 2021

Bank DKI Gandeng Jakarta Tourism Forum Salurkan Donasi Gempa Sulbar

Bank DKI menggandeng Jakarta Tourism Forum (JTF) untuk menyalurkan donasi kemanusiaan senilai Rp 100 juta untuk korban gempa Sulbar.

MEGAPOLITAN | 23 Januari 2021

5.000 Tenaga Kesehatan di Jakarta Pusat Telah Divaksinasi Covid-19

6 persen dari sasaran penerima tahap pertama di Jakarta Pusat telah disuntikan vaksin Covid-19.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

PPKM Diperpanjang, Ini Permintaan DKI untuk Pusat

DKI meminta pemerintah pusat meningkatkan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19 di daerah-daerah sekitar Jakarta.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

Pakar: Jabodetabek Dapat Alami Krisis Daging Sapi Berkepanjangan

Jabodetabek bisa mengalami krisis daging sapi berkepanjangan jika tidak disikapi dengan solusi jangka panjang dari pemerintah dan pelaku usaha.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

26% Tenaga Kesehatan di Jakarta Selatan Telah Divaksin Covid-19

DKI Jakarta telah menyiapkan enam rumah sakit khusus untuk menangani orang yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021

49 Penumpang Sriwijaya Air Berhasil Teridentifikasi

49 penumpang Sriwijaya Air SJ-182 berhasil diidentifikasi termasuk dua orang yang tidak masuk dalam daftar manifes karena menggunakan identitas orang lain.

MEGAPOLITAN | 22 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS