Pengembang Grand Kota Bintang Diminta Kembalikan Fungsi Kali Cakung
Logo BeritaSatu

Pengembang Grand Kota Bintang Diminta Kembalikan Fungsi Kali Cakung

Rabu, 27 Januari 2021 | 15:29 WIB
Oleh : Mikael Niman / FER

Bekasi, Beritasatu.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN), Sofyan Djalil dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono meninjau Kali Cakung yang melintas di Central Business District (CBD) Grand Kota Bintang Bekasi, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Di lokasi ini, terjadi pelanggaran pemanfaatan ruang yakni pengembang memanfaatkan lahan bantaran Kali Cakung (biasa disebut kali alam) yang melintas di sekitar CBD Grand Kota Bintang, sehingga badan kali mengalami pengurangan area tampungan air dan debit air jauh berkurang. Dampaknya, saat musim hujan air kali meluap dan membanjiri kolong jembatan Tol JORR hingga ketinggian 1 meter, seperti yang terjadi belum lama ini.

"Saya dan Menteri PUPR ke sini untuk mengatasi banjir. Ini adalah program mengatasi banjir di Jabodetabek. Terjadi penyempitan sungai karena developer membangun tidak sesuai dengan standar, badan sungai tidak boleh berkurang sama sekali," ujar Sofyan Djalil, Rabu (27/1/2021).

Selain terjadi penyempitan badan sungai, kata dia, juga pengembang melakukan pengalihan aliran Kali Cakung. "Intinya, ini harus kita kembalikan kepada fungsinya. Fungsi sungai harus dikembalikan sebagai badan air sehingga nanti gara-gara properti ini (Grand Kota Bintang) terjadi banjir di sebelah sana (kolong Tol JORR Jalan KH Noer Ali Kalimalang),” ungkapnya.

Dulunya, tegas Sofyan Djalil, air dapat mengalir 1.000 liter per detik nanti akan dikembalikan ke fungsi semula. Secara teknis, pemulihannya seperti apa, kata Sofyan, nanti akan ditindaklanjuti oleh Kempupera bersama dengan pengembang Grand Kota Bintang Bekasi.

"Pertemuan ini secara restorasi justice, tidak mempersoalkan pelanggaran ini yang penting kita kembalikan fungsi sungainya. Akan dibongkar nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Basuki Hadimuljono menambahkan, banjir yang terjadi kolong Tol JORR yang kerap terjadi saat musim hujan, salah satu penyebabnya adalah penyempitan badan Kali Cakung yang dilakukan sengaja oleh pengembang.

"Aslinya, badan sungai ini 12 meter lebarnya. Itu bisa dihitung berapa debit airnya maksimum. Begitu masuk ke sini (Grand Kota Bintang), menjadi 6 meter. Kita mempunya mekanisme restorasi justice, investasi di sini sudah besar, kita cari jalan keluarnya dengan tetap mempertahankan fungsi sungai, sebagai drainase-nya,” kata Basuki.

Menurut Basuki, Kempupera akan mendesain bersama pengembang Grand Kota Bintang Bekasi untuk mengembalikan fungsi Kali Cakung tersebut tanpa membawa ke ranah hukum.

"Konsep restorasi justice artinya mengembalikan kondisi yang keliru itu kepada fungsi sebelumnya. Oleh sebab itu, kita tidak menggunakan pidana selama mereka kolaboratif, mengembalikan fungsi sungai seperti yang ada sebelumnya,” imbuh Basuki.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wagub DKI Jakarta Pastikan Banjir di Ibukota Terkendali

Wagub Riza Patria menjelaskan pembuatan kolam olakan bertujuan sebagai lokasi penampungan air dari jalan yang kemudian diteruskan ke sungai dan bermuara ke laut

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Pekan Depan, 1.500 Petak Makam di TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah Covid-19

TPU Rorotan memiliki lahan untuk pemakaman seluas 25 hektare dan 8.000 meter persegi diantaranya siap dipakai untuk pemakaman jenazah Covid-19.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

RSDC Wisma Atlet Kekurangan Tenaga Medis ICU & HCU

RSDC Wisma Atlet mengalami kekurangan tenaga medis yang menangani pasien di High Care Unit (HCU) dan Intensive Care Unit (ICU).

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

3.785 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran

Jumlah ini berkurang 293 orang dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 4.078 pasien.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Tim DVI Terus Berupaya Identifikasi 7 Penumpang Sriwijaya Air

Hingga Selasa (26/1/2021) malam, dari 62 penumpang, sudah 55 yang telah teridentifikasi.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Pemkot Depok Jajaki Apartemen untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Selain itu juga ada hotel swasta, tetapi hotel itu belum memberikan respons.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Program ETLE Perlu Didukung Basis Data Kendaraan yang Akurat

Ke depan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas secara langsung di jalan akan dihapuskan, dan Polri akan mengintensifkan penegakan hukum dengan sistem ETLE.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Pintu Air Pasar Ikan Siaga 2

Kenaikan permukaan air terjadi bertahap seiring dengan hujan yang mengguyur wilayah Jakarta Rabu dini hari.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Wagub DKI Yakin Kapasitas RS Covid-19 di Jakarta Tidak Kolaps

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yakin Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta tidak akan kolaps di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang terus mening

MEGAPOLITAN | 26 Januari 2021

PPKM Kota Bekasi Diperpanjang 30 Hari

Pemkot Bekasi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga satu bulan ke depan.

MEGAPOLITAN | 26 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS