Jabodetabek Butuh Aplikasi Sistem Rujukan untuk Mengetahui Keterisian Ruang Isolasi
Logo BeritaSatu

Jabodetabek Butuh Aplikasi Sistem Rujukan untuk Mengetahui Keterisian Ruang Isolasi

Kamis, 28 Januari 2021 | 10:46 WIB
Oleh : Vento Saudale / BW

Bogor, Beritasatu.com - Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, perlu ada aplikasi rujukan untuk mengetahui keterisian ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Jadi kemarin itu ada usulan dari Provinsi DKI Jakarta, katanya pemerintah pusat diminta bahasanya mengambil alih. Namun, saya kira poinnya begini, harus ada koordinasi yang lebih intens lagi untuk mengatasi kelangkaan keterisian tempat tidur,” ungkap Bima Arya, Kamis (28/1/2021).

Kata dia, salah satunya aplikasi sistem rujukan. Jadi warga bisa mengetahui ruang isolasi atau ICU untuk pasien Covid-19 yang kosong di mana. Datanya pun harus selalu di-update.

“Saya itu sering ditelepon warga Jakarta, kawan-kawan atau saudara. Mereka bilang Jakarta penuh (ruang isolasi/ICU), Bogor bagaimana,” tuturnya.

Menurut Bima, di Kota Bogor, sudah membangun sistem rujukan itu. Namun, harus ditingkatkan lagi sehingga warga bisa meng-update secara realtime.

“Saya pikir kalau di Jabodetabek ada sistem itu kan bagus bisa menolong warga. Namun, tantangannya memang bagaimana supaya data itu update. Kalau kosong ya kosong, kalau isi ya terisi. Semuanya harus diperbarui oleh fasilitas kesehatan,” jelas Bima.

Pemkot Bogor, kata Bima, terus berikhtiar untuk menekan bed occupancy ratio (BOR) yang angkanya sempat melebihi 80 persen.

“Kita sudah mengoperasikan RS Lapangan, lalu meminta seluruh rumah sakit rujukan menambah ruang isolasi dan ICU. Namun, kita tidak berhenti di sini, kita juga masih mempersiapkan tempat isolasi untuk OTG. Ada hotel yang sekarang dalam proses percepatan untuk bisa digunakan sebagai tempat isolasi OTG,” katanya.

“Kalau dua minggu lalu angkanya di atas 80 persen. Per hari ini BOR kita ada di angka sekitar 70 persen. Memang masih di atas ambang batas, tetapi saya melihat ada progres di sini. Rutin kami koordinasi dengan pimpinan RS untuk memastikan usaha-usaha mereka untuk menambah ruang isolasi dan ICU tadi,” terangnya

Lebih jauh Bima Arya memprediksi, hingga akhir 2021 nanti Kota Bogor akan mencatatkan 11.000 kasus positif akumulasi. Sehingga, diperlukan langkah-langkah untuk mengantisipasi skenario terburuk terjadi.

“Kami sudah punya angka-angkanya berdasarkan rekomendasi dari epidemiolog. Kami punya tim yang mengalkulasi. Kalau misalnya tingkat efektivitas dari vaksin 80 persen, artinya jumlah target yang divaksin itu terpenuhi di Kota Bogor, kemudian angkanya baik, itu kemungkinan besar diakhri tahun akan ada 11.000 kasus positif akumulasi di Kota Bogor. 20 persen dari itu memerlukan perawatan di ICU,” katanya.

“Ini sudah kita hitung dari sekarang, nambah di RS mana saja. Jadi setiap RS itu kita cek maksimal nambah berapa sampai Desember. Kalau RS sudah mentok kapasitasnya, baru kita buat di mana lagi untuk menambah ICU tadi,” tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

3.643 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di Wisma Atlet Kemayoran

Tercatat, sejak Maret 2020 silam, ada 54.139 pasien terdaftar di empat tower (4-7) RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

MEGAPOLITAN | 28 Januari 2021

Polisi Bekuk 2 Pembegal Pesepeda di Latumenten

Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, membekuk dua bandit yang beraksi membegal atau merampas handphone pesepeda.

MEGAPOLITAN | 28 Januari 2021

Pemprov DKI Siapkan 17.900 Petak Makam Khusus Covid-19

Ariza mengungkapkan, 17.900 petak makam tersebut akan disiapkan di beberapa lahan TPU baru.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Pemerintah Pastikan Investasi Grand Kota Bintang Tidak Terganggu

Sofyan Djalil menegaskan, pemerintah sangat mendorong kemudahan investasi.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Menpupera Minta Pengembang Tidak Sembarang Manfaatkan Badan Sungai

Sebelum ultimatum Grand Kota Bintang Bekasi, pemerintah telah membongkar wisata air Dwi Sari Water park di Sungai Cibeet.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

30 Januari, Berlaku Tarif Baru di Tol Bogor Ring Road

Tarif baru akan mulai diberlakukan di Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) mulai 30 Januari 2021 pukul 00.00 WIB.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Vaksinasi Tenaga Kesehatan di Kabupaten Bekasi Dimulai Besok

Pemkab Bekasi sudah menerima 12.000 dosis vaksin Sinovac. Selanjutnya, vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dilakukan mulai besok, Kamis (28/1/2021).

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

21 Pemilik Usaha di Depok Langgar Aturan Jam Operasional

Seluruh pemilik usaha yang melanggar dikenakan sanksi berupa teguran, lisan, dan denda.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Besok, Vaksinasi Covid-19 Kedua Siap Dilaksanakan di Depok

Selain para pejabat dan unsur Forkompinda, vaksinasi dosis kedua ini juga diberikan pada para tenaga kesehatan.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Tiga Hari Diguyur Hujan Deras, Pemkot Tangerang Siaga Banjir

BPBD Kota Tangerang terus memantau debit air di beberapa sungai dan kali serta berkoordinasi dengan Dinas PU untuk mengecek peralatan dan penanggulangan banjir.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS