Akhir Januari, Progres Jakarta International Stadium Capai 45,25%
Logo BeritaSatu

Akhir Januari, Progres Jakarta International Stadium Capai 45,25%

Kamis, 28 Januari 2021 | 13:09 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai progres 45,258% pada akhir Januari 2021 dengan pengerjaan konstruksi girder ramp sisi barat mulai terpasang.

Corporate Communications Manager PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Melisa Sjach, mengatakan pemasangan girder akan rampung dalam tiga hari ke depan.

Para pekerja tengah melanjutkan pemasangan girder ke-14 dari 17 unit girder yang ditargetkan dipasang untuk ramp barat JIS. Ramp barat JIS ini nantinya akan menghubungkan stadion dengan Taman Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa.

"Proyek Jakarta International Stadium masuk minggu ke-73 dan progresnya sudah mencapai 45,258% dari target 44,423%. Artinya proyek JIS masih mencetak deviasi positif hingga minggu terakhir bulan Januari ini," ujar Melisa Sjach, Kamis (28/1/2021).

Tiap satu girder memiliki berat 120 kg dan panjang 53,8 meter. Itu sebabnya, pemasangan dan pengangkatan girder ramp barat JIS dibantu dengan menggunakan crawler crane.

Namun, karena posisi ramp barat JIS melintang di atas jalan, maka dilaksanakan rekayasa lalu lintas di Jalan Sunter Permai Raya. Pengerjaan pemasangan girder juga dilakukan hanya pada malam hari agar tidak menimbulkan kepadatan lalu lintas.

“Kita lakukan pengerjaan (pemasangan girder ramp barat) pada malam hari supaya tidak terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Sunter Permai Raya,” tambah Melisa Sjach

Menurut Melisa, JIS didesain memiliki ramp sebagai pintu masuk utama bagi suporter dan concourse di lantai 3 yang menjadi sirkulasi bagi penonton dari Stadion JIS.

Adapun ramp tersebut, didesain dengan lebar 30 m dengan panjang masing-masing kurang lebih 200 m untuk sisi barat dan 160 m untuk sisi timur. Dengan kelandaian tersebut, penyandang disabilitas juga dapat mengakses ramp sebagai gate masuk.

Ramp tersebut didesain untuk dilalui kendaraan pemadam kebakaran ketika ada kondisi darurat. Bahkan, rencananya ada gate untuk masing-masing ramp. “Di ujung ramp barat dan di ujung ramp timur dengan masing-masing menggunakan full height turnstile,” tutur Melisa.

Ramp barat dalam pelaksanaannya juga menggunakan metode hummer. Artinya tiang pancang dipukul untuk dapat mencapai kedalaman tertentu. Kedalaman tiang pancang juga kurang lebih 24 meter.

Namun, dalam pelaksanaannya terdapat sedikit perbedaan dengan ramp timur. Alasannya posisi ramp barat dengan area stadion terdapat jalan raya, maka dipakai sistem girder dalam pelaksanaannya.

Apalagi, bentangan yang cukup jauh dan supaya tidak menghambat arus lalu lintas nantinya. Itu sebabnya, box girder didesain dengan panjang 50 meter, hal ini menjadikan konstruksi ramp barat seperti jembatan.

Seperti yang sudah kita ketahui, pada Jakarta International Stadium ini akan terdapat ramp barat dan ramp timur. Nantinya ramp barat akan menghubungkan stadion dengan taman BMW.

Sehingga para penonton dari stadion menuju taman BMW atau sebaliknya bisa memanfaatkan fasilitas ini tanpa perlu melewati Jalan Sunter Permai Raya. Rencananya, di sekitar ramp barat JIS dan dekat taman BMW ini dibangun juga stasiun LRT Jakarta.

“Pekerjaan concourse saat ini juga pada proses pekerjaan. Sistem pekerjaan concourse pun juga dengan metode cast in situ atau cor ditempat. Dengan ketinggian kurang lebih 8 meter dari lantai dasar pekerjaan concourse ini dilakukan dengan menggunakan pompa beton,” tandas Melisa Sjach.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jabodetabek Butuh Aplikasi Sistem Rujukan untuk Mengetahui Keterisian Ruang Isolasi

Namun, harus ditingkatkan lagi sehingga warga bisa meng-update secara realtime.

MEGAPOLITAN | 28 Januari 2021

3.643 Pasien Covid-19 Jalani Perawatan di Wisma Atlet Kemayoran

Tercatat, sejak Maret 2020 silam, ada 54.139 pasien terdaftar di empat tower (4-7) RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

MEGAPOLITAN | 28 Januari 2021

Polisi Bekuk 2 Pembegal Pesepeda di Latumenten

Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat, membekuk dua bandit yang beraksi membegal atau merampas handphone pesepeda.

MEGAPOLITAN | 28 Januari 2021

Pemprov DKI Siapkan 17.900 Petak Makam Khusus Covid-19

Ariza mengungkapkan, 17.900 petak makam tersebut akan disiapkan di beberapa lahan TPU baru.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Pemerintah Pastikan Investasi Grand Kota Bintang Tidak Terganggu

Sofyan Djalil menegaskan, pemerintah sangat mendorong kemudahan investasi.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Menpupera Minta Pengembang Tidak Sembarang Manfaatkan Badan Sungai

Sebelum ultimatum Grand Kota Bintang Bekasi, pemerintah telah membongkar wisata air Dwi Sari Water park di Sungai Cibeet.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

30 Januari, Berlaku Tarif Baru di Tol Bogor Ring Road

Tarif baru akan mulai diberlakukan di Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) mulai 30 Januari 2021 pukul 00.00 WIB.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Vaksinasi Tenaga Kesehatan di Kabupaten Bekasi Dimulai Besok

Pemkab Bekasi sudah menerima 12.000 dosis vaksin Sinovac. Selanjutnya, vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dilakukan mulai besok, Kamis (28/1/2021).

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

21 Pemilik Usaha di Depok Langgar Aturan Jam Operasional

Seluruh pemilik usaha yang melanggar dikenakan sanksi berupa teguran, lisan, dan denda.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021

Besok, Vaksinasi Covid-19 Kedua Siap Dilaksanakan di Depok

Selain para pejabat dan unsur Forkompinda, vaksinasi dosis kedua ini juga diberikan pada para tenaga kesehatan.

MEGAPOLITAN | 27 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS