Pekan Depan, Kawasan Rendah Emisi di Kota Tua Resmi Diterapkan
Logo BeritaSatu

Pekan Depan, Kawasan Rendah Emisi di Kota Tua Resmi Diterapkan

Jumat, 5 Februari 2021 | 08:42 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menerapkan kebijakan low emission zone (LEZ)/kawasan rendah emisi di kawasan wisata Kota Tua, Senin (8/2/2021) pekan depan. Pada tahap kedua ini, penerapan kebijakan LEZ akan dilakukan selama 24 jam.

"Area penerapan kawasan rendah emisi masih sama seperti sebelumnya, yaitu Jl Pintu Besar Utara-Jl Kalibesar Barat sisi selatan-Jl Kunir sisi selatan-Jl Kemukus-Jl Ketumbar-Jalan Lada. Kendaraan pribadi, angkutan barang, dan angkutan umum non-TJ tidak diperkenankan melalui ruas jalan LEZ, dengan pengecualian yang telah diatur," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Syafrin mengatakan, pada tahap ketiga ketika Jl Lada sisi selatan telah mulai dibangun menjadi pedestrian plaza, maka arus lalu lintas dialihkan melalui Jl Lada sisi selatan Bank Mandiri. Serta tahap lanjutan, Jl Pintu Besar Utara–Jl Kalibesar Barat sisi selatan–Jl Kunir sisi selatan–Jl Kemukus–Jl Ketumbar–Jl Lada sisi utara–Jl Lada selatan Bank Mandiri–Jl Pintu Besar Selatan.

Untuk diketahui, pengecualian diberikan kepada kendaraan yang telah lulus uji emisi dengan stiker bagi kendaraan tertentu yang operasionalnya tidak dapat digantikan dengan kendaraan lain. Sementara, untuk kegiatan loading dan unloading logistik dipusatkan di Jl Kalibesar Timur sisi selatan (tanpa batasan waktu).

Sebelumnya, uji coba penerapan kebijakan LEZ tersebut telah dilakukan pada 18 Desember 2020 pukul 09.00, hingga 23 Desember 2020. Kebijakan LEZ diberlakukan di kawasan Kota Tua karena kawasan ini merupakan lokasi objek revitalisasi kawasan besar dengan demand pariwisata tinggi.

Konsep penataan yang baik akan semakin mendorong masyarakat semakin tertarik untuk mengunjungi kawasan Kota Tua. Selain itu, dengan tingginya aktivitas masyarakat di dalam kawasan Kota Tua, maka jaminan penyediaan kualitas udara yang baik menjadi mandat yang perlu dilaksanakan pemerintah. Kualitas udara yang baik juga ikut melindungi kondisi bangunan cagar budaya yang banyak terdapat di kawasan wisata Kota Tua.

Kebijakan ini merupakan kegiatan pembuka dan akan paralel dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan penataan kawasan Stasiun Jakarta Kota serta pembangunan jalur dan stasiun MRT Jakarta yang akan makin mempermudah akses masyarakat dari dan menuju kawasan Kota Tua.

"Kepada para pegawai yang berkantor di kawasan wisata Kota Tua dan masyarakat yang akan mengunjungi kawasan wisata Kota Tua dapat memanfaatkan layanan angkutan umum yang disediakan, seperti Commuter Line turun di Stasiun Jakarta Kota, bus Transjakarta beserta feeder, atau kendaraan tidak bermotor seperti sepeda," imbuh Syafrin.

Untuk pengguna kendaraan bermotor pribadi dapat memanfaatkan fasilitas parkir yang ada, yaitu area parkir Taman Kota Intan dan pelataran parkir Glodok. Area parkir disediakan terbatas karena diharapkan masyarakat dapat beralih menggunakan angkutan umum yang telah disediakan.

"Turut diimbau kepada para pengguna kendaraan pribadi agar tidak melalui ruas jalan penerapan kebijakan LEZ di kawasan wisata Kota Tua tersebut, dan menyesuaikan pengalihan arus lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," pungkas Syafrin.

Secara lebih perinci, kegiatan penataan yang akan dilakukan di Kota Tua sebagai berikut:
1) Penataan fasilitas pedestrian oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta
2) Penataan pedagang kaki lima oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah DKI Jakarta
3) Penataan kawasan Stasiun Jakarta Kota oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta
4) Pembangunan jalur MRT CP 203 dan Stasiun MRT Kota oleh PT MRT Jakarta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi: Jeff Smith Pakai LSD 4 Lembar Sehari

Artis Sinetron Jeff Smith ditangkap karena kasus penggunaan narkoba jenis LSD atau acid.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan Jebol, DPRD Minta Kontraktor Ditindak Tegas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya harus lebih memperhatikan kualitas pengerjaan sumur resapan dan menindak tegas kontraktor yang lalai.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Jababeka Raih Penghargaan dari Kemenperin

Kawasan Industri Jababeka di Cikarang meraih penghargaan Smart Industrial Estate di ajang Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI) 4.0 Award di Kemenperin.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan di Lebak Bulus Jebol, Mobil Terperosok

Sumur resapan yang jebol memicu kecelakaan yakni mobil terperosok di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Artis Jeff Smith Gunakan Narkoba Jenis Baru

Dia ditangkap karena penyalahgunaan narkoba jenis baru, lysergic acid diethylamide (LSD).

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Bertambah Kembali, Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat mengalami kenaikan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sepekan Terakhir, Kota Bogor Nol Kasus Covid-19

Dalam satu pekan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor mencatat nol kasus dan tinggal 17 orang pasien dirawat.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Hari Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Kamis (9/12/2021), sebagian wilayah Jakarta berpotensi diguyur hujan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

KNKT: Kecelakaan Transjakarta, Tak Ada Unsur Sabotase

KNKT Soerjanto Tjahjono menilai, sejauh ini tidak ada unsur sabotase oleh pihak tertentu dalam kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Mahasiswa Bantu TBM Bukdur Bercerita Input Koleksi Buku

Mahasiswa Universitas Yarsi membantu  Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita untuk menginput koleksi buku.

MEGAPOLITAN | 8 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Australia Usulkan Bank Sentral Mata Uang Digital

Australia Usulkan Bank Sentral Mata Uang Digital

DUNIA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings