Logo BeritaSatu

Kasus Kafe RM, Wagub Ariza: Kafe Nakal Akan Diberi Sanksi Lebih Berat

Jumat, 26 Februari 2021 | 19:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi yang lebih berat kepada kafe-kafe ‘nakal’ di Jakarta yang mensiasati ketentuan-ketentuan dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Menurut Ariza, kafe-kafe ‘nakal’ tidak bisa diberikan sanksi-sanksi yang biasa.

Salah satu contohnya, kata Ariza, kafe RM, di Cengkareng, Jakarta Barat, tempat terjadinya penembakan mati 3 orang oleh Bripda CS pada Kamis (25/2/2021) dini hari. Kafe RM telah menyiasati aturan PPKM mikro di mana kafe seharusnya sudah tutup pada Pukul 21.00 WIB. Namun, kafe RM baru ditutup pada Pukul 04.00 WIB.

“Kami mengakui ada kafe yang mencoba mensisasti (aturan PPKM mikro), yang nakal-nakal begini harus diberi sanksi. Kalau yang sudah memyisaisti, sanksinya harus lebih berat, enggak biasa-biasa lagi sanksinya,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Ariza tidak memberikan penjelasan lebih detail terkait maksud dari sanksi yang lebih berat. Namun, dia merujukan pada sanksi-sanksi yang sudah diatur dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

Dalam Pergub tersebut diatur sanksi yang diberikan secara bertahap mulai dari teguran tertulis, denda, pembubaran kegiatan, penutupan sementara, pembekuan sementara izin usaha dan pencabutan izin.

“Kan ada aturannya, mulai dari sanksi teguran sampai pencabutan izin, sanksinya ada tahapannya,” tandas Ariza.

Ariza kemudian menjelaskan cara kafe-kafe mengelabui aturan PPKM mikro. Tepat Pukul 21.00 WIB, kata dia, kafe-kafe tersebut ditutup ketika aparat melakukan razia. Namun, ketika jam 23.00 atau Pukul 00.00 WIB, mereka mulai bukan kembali kafe-nya dengan akses-akses masuk tidak seperti biasanya.

“Nanti kita beri sanksi yang lebih berat lagi, mensiasati berati punya niat yang tidak baik. Kami sudah perintahkan jajaran untuk melakuan pengecekan,” ungkap dia.

Ariza juga meminta partisipasi masyarakat untuk melaporkan kepada dirinya atau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Walikota, Satpol PP DKI Jakarta, polisi dan TNI jika menemukan ada kafe-kafe atau tempat usaha lain yang melanggar aturan PPKM mikro.

“Tentu kami memiliki keterbatasan aparat, untuk itu kami mohon dukungan dari masyarakat siapapun termausk teman-teman media, tinggal di-WA, di-SMS, mau langsung ke Pak Gubernur, Wagub, ke polisi, Walikota, Satpol PP, siapa saja bisa, ke publik juga boleh difoto, nanti kita akan tindak,” pungkas Ariza.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi memastikan pemerintah menanggung biaya perawatan korban luka tragedi Kanjuruhan pascakerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Epidemiolog: Jangan Terlena

Epidemiolog Prof dr Asri C Adisasmita mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dengan situasi di mana pandemi Covid-19 segera berakhir.  

NEWS | 5 Oktober 2022

Pelanggaran HAM Diduga Telah Terjadi di Tragedi Kanjuruhan

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) pos Malang menilai telah terjadi pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Jelang Sidang Indra Kenz, Korban: Kami Menuntut Ganti Rugi

Menjelang sidang pembacaan tuntutan terhadap Indra Kenz di PN Kota Tangerang sore ini, perwakilan korban menuntut adanya ganti rugi  

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Akan Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan dan Tinjau Stadion

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menjenguk korban tragedi Kanjuruhan di RSUD dr Saiful Anwar Kota Malang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Tangkap Seorang Perakit Bom Terkait Ledakan di Riau

Polda Riau menangkap seorang pria berinisial, MN yang diduga perakit bom terkait ledakan bom di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

NEWS | 5 Oktober 2022

Sesepuh Aremania Anto Baret: Kita Kawal Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Tokoh sekaligus sesepuh Aremania , Anto Baret mendesak tim investigasi maupun pihak penegak hukum agar bersikap transparan dalam kasus tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Saksikan Defile Alutsista di Depan Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, menyaksikan defile pasukan dan pawai alutsista.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ferdy Sambo Pasrah dan Sebut Putri Candrawathi Tak Terlibat

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mengaku pasrah dan menyerahkan nasibnya kepada majelis hakim

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Minta TNI Waspada Perubahan Geopolitik Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para prajurit TNI selalu siap dalam menghadapi tantangan dan perubahan geopolitik global.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Pastikan Pemerintah Tanggung Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings