JPKM Tuntaskan Bedah Rumah untuk Warga Serpong
Logo BeritaSatu

JPKM Tuntaskan Bedah Rumah untuk Warga Serpong

Sabtu, 27 Februari 2021 | 17:12 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Serpong, Beritasatu.com - Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) berhasil menuntaskan program bedah rumah. Hal itu ditandai secara simbolis dengan menyerahkan kunci rumah untuk Bapak Midan dan Ibu Tinah, warga Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (27/2/2021).

Ketua JPKM Irwen Azhari mengatakan, program bedah rumah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan JPKM pada tahun 2021. Pada tahun 2020 lalu, JPKM melakukan kegiatan sosialisasi cara meningkatkan imunitas tubuh di Depok, Jawa Barat.

"Kali ini, JPKM bergerak untuk melakukan bedah rumah milik Bapak Midan dan Ibu Tinah. Mereka yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni, tanpa sirkulasi, ventilasi, dan sanitasi baik. Kini, dalam waktu tiga pekan, JPKM telah membangun ulang sebuah rumah dengan ukuran bangunan 33 meter persegi di atas tanah seluas 53 meter persegi," kata Irwen di Serpong.

Desain rumah, kata Irwen, dibantu oleh PT Intiland Development Tbk. Desain dibuat memperhatikan aspek psikologis penghuni rumah. Rumah yang dibangun berdasarkan arahan PT Intiland Development Tbk itu memiliki dua kamar tidur, ruang keluarga, satu kamar mandi, dapur, ruang service, ruang tamu dan teras.

Theresia Rustandi, sekretaris perusahaan PT Intiland Development Tbk, mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa bersinergi dengan JPKM dalam program bedah rumah.

"Ini sebuah inisiatif dan aksi nyata yang bagus sekali dan semoga makin banyak yang berkolaborasi dalam program ini sehingga makin banyak pula masyarakat yang bisa merasakan manfaatnya," kata Theresia.

Program ini, kata Theresia, selaras dengan program Intiland Teduh yang telah dijalankan selama ini.

"Ini merupakan gagasan dan ide mulia yang tujuannya membantu masyarakat kurang mampu memiliki rumah yang layak dan sehat sehingga kualitas hidupnya meningkat," tutur Theresia.

Pola Hidup Sehat
Sementara itu, Zahmilia Akbar, corporate secretary PT Phapros Tbk, mengatakan, pola hidup sehat saat ini merupakan hal penting yang harus diterapkan selama pandemi Covid-19.

"Saat ini, masyarakat banyak melakukan aktivitas dari rumah, baik bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ataupun menghabiskan waktu libur dengan di rumah saja. Rumah menjadi tempat paling penting, dan harus memenuhi syarat sehat, antara lain ventilasi yang baik, sirkulasi udara yang baik dan sanitasi yg memadai," kata Zahmilia seusai acara serah terima kunci rumah.

JPKM, kata Zahmilia, bahu-membahu bersama Phapros dan beberapa korporasi melalui kegiatan charity melakukan aksi sosial berupa bedah rumah dari keluarga Bapak Midan, termasuk memberikan bantuan berupa multivitamin, hand sanitizer dan kelengkapan protokol kesehatan lainnya.

Sekretaris Perusahaan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Denny S Adji menyatakan dukungannya terhadap pola hidup sehat yang dimulai dengan keberadaan rumah sehat. Pada masa pandemi Covid-19, rumah sehat makin dibutuhkan, karena sebagian aktivitas dilakukan dari rumah.

Dalam kesempatan itu, Lurah (Plt) Kelurahan Serpong, Moh Soleh mendukung kegiatan bedah rumah yang dilakukan JPKM di Kelurahan Serpong.

"Terima kasih kepada JPKM dan semua pihak yang telah membantu terwujudnya bedah rumah Bapak Midan, warga Serpong. Semua ini bisa terwujud berkat dukungan pihak Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT," jelas Moh Soleh.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Diduga Sakit, ASN Ditemukan Tewas di Kamar Indekos

Setelah masuk ke kamar diketahui korban sudah kondisi meninggal dunia terlentang di kasur.

MEGAPOLITAN | 27 Februari 2021

Ingat, Hari Ini Hanya Pelat Ganjil yang Bisa Melintas di Kota Bogor

Kebijakan Ganjil Genap Bogor selain berhasil menurunkan mobilitas warga, juga cukup berdampak pada penurunan jumlah kasus harian Covid-19 di Kota Bogor.

MEGAPOLITAN | 27 Februari 2021

Cuaca Jakarta Sabtu Ini Diprakirakan Cerah Berawan

Malam hari, Jakarta juga diprediksi tak diguyur hujan atau semua cerah berawan dan berawan.

MEGAPOLITAN | 27 Februari 2021

JIS Dilengkapi Atap Buka-Tutup, Bisa Gelar Konser Musik

JIS dilengkapi atap buka tutup atau retractable roof yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi.

MEGAPOLITAN | 27 Februari 2021

Mantan Penasihat KPK Mundur dari Kepala Bapenda, Ini Kata Wagub DKI

Wagub DKI Ahmad Riza Patria memberikan komentar terhadap kabar pengunduran diri kepala Bapenda DKI Jakarta Mohammad Tsani Annafari.

MEGAPOLITAN | 27 Februari 2021

Jadi Pengungsi Korban Banjir, Empat Warga Kabupaten Tangerang Positif Covid-19

Di lokasi pengungsian banyak warga yang ternyata tak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

MEGAPOLITAN | 26 Februari 2021

Pegawai Pusat Perbelanjaan di Tangerang Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten, tengah menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk tahap ke-2.

MEGAPOLITAN | 26 Februari 2021

Bawa Celurit dan Parang, 18 Pelajar Hendak Tawuran Diamankan di Bogor

Polisi mengamankan barang bukti celurit dan parang dari 18 pelajar SMK yang diduga hendak tawuran di Jalan RE Martadinata, Kota Bogor.

MEGAPOLITAN | 26 Februari 2021

Gagalkan Peredaran Ganja dalam Drum, Polisi Tangkap 2 Tersangka

Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, menggagalkan penyelundupan narkotika jenis ganja yang disimpan dalam drum, di wilayah Depok, Jawa Barat.

MEGAPOLITAN | 26 Februari 2021

Wakil Wali Kota Bekasi Instruksikan Tangani Saluran Tersumbat di Kavling Mekar Jaya

Wakil Wali Kota Bekasi menginstruksikan DBMSDA membersihkan sampah yang menyumbat saluran air di Kavling Mekar Jaya, Jalan Pangeran Jayakarta, Medansatria.

MEGAPOLITAN | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS