Sidang Kebakaran Kejagung Hadirkan Saksi JPU
Logo BeritaSatu

Sidang Kebakaran Kejagung Hadirkan Saksi JPU

Senin, 1 Maret 2021 | 09:27 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadwalkan sidang perkara kebakaran Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan agenda meminta keterangan saksi dari jaksa penuntut umum (JPU), Senin (1/3/2021).

"Jadwal di SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pukul 10.00, agenda sidang hari ini masih meminta keterangan saksi dari JPU," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno.

Sidang kebakaran gedung utama Kejagung telah bergulir sejak Senin (1/2/2021) dengan agenda pembacaan dakwaan. Sidang selanjutnya pemeriksaan terdakwa dan saksi fakta.

Pada sidang sebelumnya, Senin (22/2), JPU menghadirkan dua orang saksi ahli untuk dimintai keterangannya soal kebakaran gedung utama Kejagung.

Fakta
Dalam sidang tersebut terungkap fakta berdasarkan keterangan saksi ahli dari Puslabfor Mabes Polri, ditemukan fraksi solar dan tinner di setiap lantai gedung Kejagung yang terbakar.

"Dari penyelidikan kita dapatkan kandungan kebakaran terfraksi solar, artinya di lokasi ada keberadaan solar dan tinner," kata Nurkholis, saksi ahli dari Laboratorium Forensik, Mabes Polri, dalam sidang Kebakajaran Kejagung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selain Nurkholis dari Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, JPU menghadirkan saksi ahli kedua, Yulianto Sulistyo Nugroho, guru besar Teknik Keselamatan Kebakaran, Universitas Indonesia.

Dalam kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung, telah ditetapkan 11 tersangka. Lima tersangka adalah buruh bangunan yang berinisial S, H, T, K, dan IS, kemudian mandor bangunan berinisial UAM.

Tersangka RS sebagai Direktur PT APM yang memproduksi pembersih cairan top cleaner. Tersangka NH sebagai Kasubbag Sarpras dan pejabat pembuat komitmen Kejaksaan Agung.

Bendera
Selanjutnya, tersangka MD yang perannya sebagai peminjam bendera perusahaan PT APM. Berikutnya, tersangka JM selaku konsultan pengadaan alumunium composite panel (ACP) 2019 merangkap direktur pabrik penyedia ACP merek Seven.

Terakhir, tersangka IS sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) Kejagung pada 2019.

Dari enam tersangka kelompok pekerja, kemudian dibagi dalam tiga berkas perkara. Berkas pertama untuk tersangka T, H, K, dan S. Berkas kedua tersangka IS dan berkas ketiga mandor UAM.

Dari hasil penyidikan polisi menyimpulkan tidak menemukan unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran Gedung Kejagung yang menyebabkan kerugian Rp 1,12 triliun itu.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenai Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hari Ini, PN Jaksel Agendakan Pembacaan Permohonan Praperadilan Rizieq

PN Jaksel berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk melakukan pengamanan.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

MRT Jakarta Sesuaikan Keberangkatan Kereta Selama PPKM Mikro

Segala bentuk penyesuaian jadwal operasional yang berlaku merupakan bentuk dukungan MRT Jakarta atas upaya pemerintah dalam menanggulangi tersebarnya Covid-19.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Hari Ini Vaksinasi Tahap 2 Kota Bogor, Prioritas Pertama Pelayan Publik

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, khusus untuk lansia masih diprioritaskan di ibu kota provinsi.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Vaksinasi Tahap 2, Wali Kota hingga Wartawan Kota Bogor Siap Disuntik

Lokasi vaksinasi di Gedung Puri Begawan, SMPN 5, RS Salak, Denkesyah, Aula Polresta Bogor Kota, RS Bhayangkara, Technopark dan Technonet IPB, ICC Botani.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

BMKG Prakirakan Senin 1 Maret Jakarta Sebagian Besar Cerah Berawan

Siang hingga sore, mayoritas wilayah diprediksi cerah berawan, kecuali sebagian Jakarta Timur dan Selatan.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Viral, Nisan Bermasker

Ada juga yang membalas dengan kata-kata sedih.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

Pemprov DKI Akan Lakukan Penataan Trotoar Kawasan Kebayoran Baru

Kawasan Kebayoran Baru merupakan destinasi tempat tinggal, bisnis, pusat perbelanjaan, dan wisata dengan potensi pengembangan wisata kuliner.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

Ganjil Genap Kota Bogor Hari Terakhir 6.300 Kendaraan Diputar Balik

Hari terakhir kebijakan ganjil genap Kota Bogor, sebanyak 6.300 kendaraan terjaring dan diminta putar balik.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

Kawasan Kebayoran Baru Dijadikan TOD, Pemprov DKI Akan Lakukan Penataan Trotoar

Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan pihaknya akan melakukan penataan trotoar di Kawasan Kebayoran Baru.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

BPPT Bakal Evaluasi Operasi Rekayasa Cuaca di Jabodetabek

BPPT akan mengevaluasi pelaksanaan operasi rekayasa cuaca untuk mitigasi dampak cuaca ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS