Titer Antibodi Tinggi, Bima Arya Dapat Saran Ini dari Menkes
Logo BeritaSatu

Titer Antibodi Tinggi, Bima Arya Dapat Saran Ini dari Menkes

Senin, 1 Maret 2021 | 11:08 WIB
Oleh : Vento Saudale / BW

Bogor, Beritasatu.com - Sebagai penyintas, Wali Kota Bogor Bima Arya dijadwalkan menerima vaksin, hari ini. Namun, vaksinasi itu ditunda, lantaran titer antibodi Bima 197, di atas ambang 130. Ia disarankan Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk tidak menjalani vaksinasi Covid-19 terlebih dahulu.

Hal itu diceritakan Bima Arya saat membuka vaksinasi tahap kedua di Puri Begawan, Kota Bogor, Senin (1/3/2021). Dalam kesempatan itu dirinya ingin mengedukasi kepada para penyintas.

Berdasarkan ketentuan, penyintas diperbolehkan menerima vaksin setelah tiga bulan dan secara medis bagi yang pernah positif Covid-19 diperkenankan vaksinasi.

"Namun saya ingin memberikan contoh, kemarin saya dicek darah secara keseluruhan dan dicek khusus antibodinya. Di situ dilihat bahwa antibodi saya masih sangat tinggi. Jadi titernya itu 197. Syarat untuk memberikan donor plasma, itu minimal 130," kata Bima.

Bima heran karena bulan ini tepat setahun menjadi alumni Covid-19, tetapi titer antibodinya masih tinggi. Dia menduga, tanpa diketahui Bima pernah reinfeksi. Sehingga sempat turun dan reinfeksi kemudian naik lagi.

"Karena itu berdasarkan saran dari beberapa dokter spesialis, dan kemarin malam saya juga komunikasi dengan pak Menkes bagaimana kalo titernya masih tinggi. Disarankan agar ditunda dulu vaksinnya," kata Bima menirukan saran Menkes Budi Gunadi.

Bima menyebut, tiga bulan ke depan, dia akan kembali memeriksa kadar antibodinya dan bila antibodinya turun, bisa diberikan vaksin Covid-19.

"Fungsi vaksin itu memberikan antibodi. Saat ini antibodi saya masih bagus di atas rata-rata, sehingga mubazir bila diberikan vaksin. Tidak ada efek apa-apa," tambah Bima.

Tahap Kedua
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan vaksinasi Covid-19 tahap kedua mulai Senin (1/3/2021) hingga April 2021 dengan menyasar profesi pelayan publik.

Mulai dari penyintas Wali Kota Bogor Bima Arya, pedagang pasar, pengemudi ojek, guru hingga wartawan dijadwalkan akan disuntik vaksin Covid-19 produksi Bio Farma secara bertahap.

Ada beberapa lokasi vaksinasi, yakni di Gedung Puri Begawan, SMPN 5, RS Salak, Denkesyah, Aula Polresta Bogor Kota, RS Bhayangkara, Technopark, dan Technonet IPB, ICC Botani.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menuturkan, kelompok yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua adalah mereka yang merupakan pelayan publik, mulai dari ASN, pejabat publik, pedagang hingga wartawan.

Untuk tenaga pelaksana melibatkan tim dari Dinkes, rumah sakit, dan puskesmas dengan menargetkan sasaran 1.500 orang per hari, sehingga diharapkan dalam kurun waktu satu bulan bisa rampung.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Lansia di Mampang Prapatan Jalani Vaksinasi Covid-19

Tercatat sekitar 180 warga lansia terdaftar untuk mengikuti vaksinasi yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Sidang Kebakaran Kejagung Hadirkan Saksi JPU

Ditemukan fraksi solar dan tinner di setiap lantai gedung Kejagung yang terbakar.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Hari Ini, PN Jaksel Agendakan Pembacaan Permohonan Praperadilan Rizieq

PN Jaksel berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk melakukan pengamanan.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

MRT Jakarta Sesuaikan Keberangkatan Kereta Selama PPKM Mikro

Segala bentuk penyesuaian jadwal operasional yang berlaku merupakan bentuk dukungan MRT Jakarta atas upaya pemerintah dalam menanggulangi tersebarnya Covid-19.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Hari Ini Vaksinasi Tahap 2 Kota Bogor, Prioritas Pertama Pelayan Publik

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan, khusus untuk lansia masih diprioritaskan di ibu kota provinsi.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Vaksinasi Tahap 2, Wali Kota hingga Wartawan Kota Bogor Siap Disuntik

Lokasi vaksinasi di Gedung Puri Begawan, SMPN 5, RS Salak, Denkesyah, Aula Polresta Bogor Kota, RS Bhayangkara, Technopark dan Technonet IPB, ICC Botani.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

BMKG Prakirakan Senin 1 Maret Jakarta Sebagian Besar Cerah Berawan

Siang hingga sore, mayoritas wilayah diprediksi cerah berawan, kecuali sebagian Jakarta Timur dan Selatan.

MEGAPOLITAN | 1 Maret 2021

Viral, Nisan Bermasker

Ada juga yang membalas dengan kata-kata sedih.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

Pemprov DKI Akan Lakukan Penataan Trotoar Kawasan Kebayoran Baru

Kawasan Kebayoran Baru merupakan destinasi tempat tinggal, bisnis, pusat perbelanjaan, dan wisata dengan potensi pengembangan wisata kuliner.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021

Ganjil Genap Kota Bogor Hari Terakhir 6.300 Kendaraan Diputar Balik

Hari terakhir kebijakan ganjil genap Kota Bogor, sebanyak 6.300 kendaraan terjaring dan diminta putar balik.

MEGAPOLITAN | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS