Kisah Pasien Covid-19 Pertama di Bogor: Bima Arya Batasi Media Sosial
Logo BeritaSatu

Kisah Pasien Covid-19 Pertama di Bogor: Bima Arya Batasi Media Sosial

Selasa, 2 Maret 2021 | 20:35 WIB
Oleh : Vento Saudale / IDS

Bogor, Beritasatu.com – Saat terdiagnosa positif terinfeksi Covid-19 pada 20 Maret 2020, Bima Arya memilih untuk melakukan pembatasan di media sosial.

Walikota Bogor ini menilai, media sosial seakan menjadi ruang ICU terbesar yang justru akan meluruhkan semangatnya untuk sembuh dari virus yang kini menjadi pandemi di dunia ini.

Dalam bukunya, Positif!, Bima bercerita bagaimana ia harus berjuang sembuh. Bukan 14 hari tetapi selama 17 hari ia diisolasi di rumah sakit yang dia resmikan setahun sebelumnya.

Bima divonis sebagai orang dalam pemantauan setelah pulang dari kunjungan kerja ke di Turki dan Azerbaijan. Dua negara itu masuk zona merah lantaran adanya beberapa kasus paparan Covid-19 .

Suasana haru dan emosional pun turut dibagikan Bima Arya ketika ia dinyatakan positif oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menjalani tes swab tiga hari sebelumnya.

“Saya angkat dan oleh ajudan disambungkan ke Pak Gubernur. Tak lama kemudian terdengar suara Pak Gubernur. Ya Allah...walaupun sudah menyiapkan diri, tetap saja kalimat Kang Emil tadi seperti petir menyambar di sore hari tadi. Saya positif Covid-19,” tulisnya dalam buku tersebut.

Bagian selanjutnya adalah bagian paling berat. Ia harus menyampaikan kabar ini ke istrinya, Yane dan anak-anaknya. Istrinya hanya menatap dengan wajah sedih yang dikuat-kuatkan. Tidak ada kata-kata yang terucap.

Bima bercerita tentang kiat menyembuhkan dirinya. Bima juga membeberkan gejala yang ia alami pada masa awal terdiagnosa positif Covid-19.

Batuk, tidak nyaman pada tenggorokan, lemas, hingga kehilangan nafsu makan menjadi gejala yang dialami Bima kala itu. Namun, setelah beberapa hari menjalani perawatan, kondisi tubuhnya berangsur pulih.

Menurut Bima, berdasarkan hasil tes darah dan tes cepat, kondisi tubuhnya sudah stabil. Pun demikian, Bima mengaku masih perlu meyakinkan hasil tes kesehatannya melalui tes swab sebelum akhirnya diizinkan untuk kembali beraktivitas dan aman bagi semua.

“Wabah Covid-19 ini kita diberi tiga ujian, ujian keimanan yang pertama. Semua ada hikmahnya, ini ujian bagi kita agar kita bisa semakin mendekatkan diri, seraya memohon agar Tuhan memberi kekuatan untuk menghadapi cobaan ini,” kata Bima.

Ujian kedua yang dimaksud Bima adalah ujian kesehatan. Bima mengaku senang, saat ini semua orang berikhtiar dengan menerapkan pola hidup sehat. Ia berharap, pola hidup sehat seperti makan makanan yang sehat, berjemur, dan gaya hidup sehat lainnya bisa diterapkan seterusnya.

Ujian ketiga, menurut Bima adalah ujian kemanusiaan bagi semua orang. Bima menilai, kebersamaan menjadi hal yang sangat menentukan. Bima pun berharap segala perbedaan bisa dikesampingkan untuk urusan kemanusiaan.

Satu tahun menjadi alumni Covid-19, Bima Arya rupanya masih memiliki antibodi yang cukup bagus. Angka titer antibodi Bima Arya adalah 197,9.

Angka tersebut didapat setelah Bima Arya melakukan tes kuantitatif serologi yang berfungsi sebagai baseline kuantitatif antibodi terhadap SARS COV-2 untuk mengevaluasi respons imun individu terhadap virus SARS-CoV-2.

Tes itu memungkinkan dokter menilai perubahan relatif respons imun individu terhadap Covid-19 baik pada penyintas Covid-19 maupun pada individu penerima vaksin dari waktu ke waktu.

“Hasil pemeriksaan antibodi saya titernya masih tinggi, di angka 197,9. Saya diberikan saran oleh dokter-dokter spesialis, juga kemarin telepon Menkes Pak Budi Gunadi, menyarankan saya untuk ditunda dulu vaksinnya karena titernya masih tinggi,” ungkap Bima Arya di sela memantau pelaksanaan vaksinasi.

Tak mau slot vaksinnya mubazir, Bima Arya kemudian memberikan "jatah" tersebut kepada yang lebih memerlukan. Kemudian, ia menghadiahi vaksin tersebut kepada sukarelawan ikonik Kota Bogor, Mahfud (49).



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kendalikan Penyebaran Covid-19, Polres Jaksel Luncurkan Polisi RW

Sebanyak 579 personel baik bintara hingga perwira disiapkan untuk diploting di 579 RW di wilayah Jaksel.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Pemkot Tangerang Tak Akan Beri Sanksi bagi Penolak Vaksin Covid-19

Pemkot Tangerang terus berupaya memberikan edukasi bahwa vaksin yang diberikan aman.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

ASN Kota Bekasi Mulai Divaksin Covid-19

Tidak semua pegawai Humas Pemkot Bekasi mendapatkan vaksinasi sebab dilakukan persyaratan kesehatan terlebih dahulu.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Sebelum Operasi DVI Ditutup, 1 Penumpang Sriwijaya SJ-182 Berhasil Diidentifikasi

Jenazah Razanah teridentifikasi dengan metode DNA dan medis menggunakan DNA pembanding dari anak kandungnya.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Perpres Miras Dicabut, PAN Dukung Anies Jual Saham DKI di Perusahaan Bir Tahun Ini

PAN mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berencana melepas saham kepemilikan pada PT Delta Djakarta.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Jual Curian di Medsos, Maling Motor Antik Dibekuk

Anggota Reskrim Polsek Bekasi Timur menemukan keberadaan tersangka di kediaman orang tuanya berikut barang bukti satu unit sepeda motor antik milik korban.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Pemprov DKI Belum Bahas Rencana Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Menurut Wagub, sekolah tatap muka tergantung perkembangan data Covid-19 di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Ganjil Genap di Bogor Ditiadakan, Polisi Tetap Patroli

Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, polisi akan tetap patroli, serta tetap menerapkan Polisi RW.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Kasus Covid-19 Menurun Akibat Vaksinasi, Dinkes DKI: Butuh Kajian Saksama

Penurunan kasus Covid-19 tidak serta merta dianggap sebagai dampak program vaksinasi Covid-19.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021

Dinkes DKI Sebut Vaksin dan Kolaborasi Bisa Kendalikan Covid-19

Sehingga pengendalian Covid-19 tidak hanya menjadi tugas Pemprov DKI, tetapi juga partisipasi masyarakat.

MEGAPOLITAN | 2 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS