Korban Banjir Tuntut Ganti Rugi, Wagub DKI: Kita Carikan Solusi Terbaik
Logo BeritaSatu

Korban Banjir Tuntut Ganti Rugi, Wagub DKI: Kita Carikan Solusi Terbaik

Sabtu, 6 Maret 2021 | 09:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / IDS

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan mencarikan solusi yang terbaik terhadap tututan warga korban banjir DKI Jakarta pada 20 Februari 2021 lalu terkait ganti rugi. Tuntutan ganti rugi tersebut, kata Ariza, adalah hak korban bannjir dan Pemprov DKI Jakarta akan mempelajarinya.

“Menuntut ganti rugi itu hak warga, nanti kami pelajari, kami diskusikan, dan kami cari solusi terbaik,” ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/3/2021) malam.

Meskipun demikian, Ariza mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga mempunyai hak dan kewenangan untuk membela diri atas tuntutan tersebut. Pemprov DKI, kata dia, mempunyai hak untuk mempertanggungjawabkan apa yang sudah dikerjakan Pemprov DKI dalam rangka mengendalikan banjir Jakarta.

“Prinsipnya kami Pemprov DKI Jakarta selalu bekerja sesuai dengan RPJMD, sesuai dengan rencana kerja, sesuai dengan regulasi, ketentuan yang ada, disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang kami miliki,” jelas dia.

Ariza juga membantah tudingan babwa Pemprov DKI Jakarta tidak serius dalam menangani banjir Jakarta. Setiap tahun, kata Ariza, Pemprov DKI Jakarta selalu mengerjakan program-program untuk mengantisipasi dan mengendalikan banjir dengan alokasi anggaran yang cukup besar.

“Yang penting konsistensi, komitmen, kesungguhan kami dalam mengendalikan banjir. Terlihat dari apa? Dari program, dari rencana, dari besarnya anggaran yang kita kucurkan tiap tahun. Teman-teman harus teliti dan jeli. Alhamdulillah banjir tahun ini dapat mereda di bawah 6 jam, banjir besar nggak sampai 24 jam. Kita bisa atasi,” pungkas Ariza.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Advokasi Solidaritas Untuk Korban Banjir, Sugeng Teguh Santoso, mendatangi Balai Kota DKI Jakarta, pada Jumat (5/3/2021) untuk mengajukan keberatan atas penanganan banjir 2021 yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Ia menuntut ganti rugi akibat banjir yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Karena tidak bisa menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akhirnya Sugeng menyampaikan keberatan dalam bentuk surat. Sugeng mewakili 7 orang korban banjir pada Februari 2021 yang berdomisili di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Menurut Sugeng, warga mengalami kerugian materil lantaran penanganan banjir tidaklah optimal. Dia meminta Pemprov DKI merespons dalam tenggat waktu 10 hari dan jika tidak direspons, maka pihaknya akan menggugat ke PTUN.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemprov DKI Alokasikan Rp 2 T sampai Rp 3 T Tiap Tahun untuk Banjir Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kurang lebih 20% dari belanja modal tiap tahun dialokasikan untuk penanganan banjir di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 6 Maret 2021

Pemprov DKI Lakukan Pemutakhiran Data Penerima Bansos Tunai

Pemutakhiran data penerima bansos tunai tersebut dilakukan berdasarkan usulan penghapusan dan pengusulan baru dari RT/RW melalui Forum Musyawarah Kelurahan.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Warga Manfaatkan Lahan Fasum Jadi Kebun Anggur

Warga Perumahan Grand Prima Bintara memanfaatkan lahan fasilitas umum (fasum) menjadi kebun anggur.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Pinjaman PEN Ditolak, 4 Proyek Strategis Kota Bogor Teracam Ditunda

Pinjaman dana PEN Rp480 miliar yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk empat proyek strategis ke pemerintah pusat ditolak.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Kasus Covid-19 di Kota Bogor Tambah 134, Sembuh 143

Dengan demikian akumulasi total kasus positif Covid-19 di Kota Bogor sejak awal pandemi hingga saat ini mencapai 12.463 orang.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Pembangunan Tol Becakayu Dikebut, Dishub Kota Bekasi Rekayasa Lalu Lintas

Dishub Kota Bekasi rekayasa lalu lintas di lokasi pemasangan bentang jembatan (erection girder) pembangunan overpass Tol Bekasi Cawang.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Polisi Cari Teman Perempuan Robby Abbas

Polisi juga sedang mendalami siapa pemasok atau pengedar narkotika yang digunakan Robby Abbas.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

DPRD Masih Belum Jawab 4 Surat Pemprov DKI soal Pelepasan Saham Perusahaan Bir

Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI sudah mengirimkan empat surat kepada DPRD DKI.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Ditangkap Tanpa Barang Bukti, Robby Abbas Akan Direhabilitasi

Polisi tidak menemukan barang bukti ketika menangkap Robby Abbas seorang diri di dalam kamar hotel.

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021

Banyak Masalah Jadi Alasan Eks Muncikari Robby Abbas Pakai Narkotika

Robby Abbas ditangkap polisi di salah satu hotel, di kawasan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (4/3/2021).

MEGAPOLITAN | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS