Logo BeritaSatu

ASN Kota Bekasi Dilarang Mudik

Rabu, 14 April 2021 | 10:07 WIB
Oleh : BW

Bekasi, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengeluarkan larangan mudik Lebaran bagi aparatur sipil negara (ASN).

Hal itu sejalan dengan surat edaran Menpan dan RB Nomor 8/2021 terkait pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi pegawai ASN pada masa pandemi.

"Surat edaran ini ditujukan kepada kepala perangkat daerah serta seluruh aparatur yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Rabu (14/4/2021).

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 800/3006/BKPPD.PKA mengenai pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah baik mudik maupun cuti bagi ASN di lingkungan Pemkot Bekasi dalam masa pandemi Covid-19.

Pembatasan
Rahmat menjelaskan, pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi aparatur ini berlaku selama periode musim mudik Lebaran, yakni 6-17 Mei 2021.

Rahmat juga meminta segenap kepala perangkat daerah untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna menjamin terlaksananya kebijakan ini.

Ada hukuman yang akan diberikan jika melanggar, yaitu hukuman disiplin. Aparatur yang melanggar kebijakan larangan mudik ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri.

Kemudian PP Nomor 49 Tahun 2018 mengenai manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, serta Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 42 terkait tata cara pembinaan tenaga kontrak kerja di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

"Seluruh kepala perangkat daerah wajib melaporkan pelaksanaan kebijakan ini kepada BKPPD paling lambat 19 Mei 2021 dengan format pelaporan sebagaimana tercantum dalam lampiran dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari surat edaran ini," katanya.

Pengecualian
Rahmat menyatakan kebijakan larangan mudik ini dikecualikan bagi aparatur yang melaksanakan tugas kedinasan dengan menyertakan surat tugas ditandatangani minimal pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) atau kepala perangkat daerah.

Kemudian aparatur dalam kondisi terpaksa melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan mengantongi izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan perangkat daerahnya.

"Mereka yang masuk katagori kecuali ini diwajibkan memperhatikan peta zonasi risiko penyebaran Covid-19, kebijakan pembatasan di daerah asal dan tujuan perjalanan, serta menerapkan prokes ketat sesuai ketetapan Kemkes, Kemhub, dan Satgas Covid-19," katanya.

Pemkot Bekasi juga melarang aparatur mengajukan cuti selama periode mudik Lebaran. Pemberian cuti, kata dia, sebagaimana Keputusan Presiden mengenai cuti bersama bagi aparatur sehingga kepala perangkat daerah tidak diperbolehkan memberikan izin cuti.

"Cuti hanya dapat diberikan bagi aparatur yang melahirkan, sakit, serta cuti karena alasan penting bagi aparatur. Pemberian cuti dilakukan secara akuntabel sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam peraturan yang berlaku," kata Rahmat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Joki Tes CPNS, Pelaku Kerjakan Soal Peserta dari Hotel

Sidang joki tes CPNS 2021 di Lampung kembali bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (26/9/2022). 

NEWS | 26 September 2022

Ini Pesan Wamenag untuk Persatuan Umat Buddha Indonesia

Wamenag berharap Permabudhi terus menjalankan perannya yang sangat vital sebagai pelayan umat Buddha sekaligus mitra pemerintah.

NEWS | 26 September 2022

Kritik DPR Dinilai Ampuh Dudukkan Panglima TNI Bersama Kasad

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman akhirnya tampak duduk bersama.

NEWS | 26 September 2022

Riset: 94,9% Masyarakat Perkotaan Tidak Pernah Periksa Gigi

Berdasarkan riset kesehatan dasar pada tahun 2018 sebanyak 94,9% masyarakat perkotaan tidak pernah memeriksakan gigi selama setahun terakhir.

NEWS | 26 September 2022

Sahabat Polisi Indonesia Lantik Duta Sosial dan Budaya

Sahabat Polisi Indonesia melantik sejumlah pengurus di bidang sosial dan budaya di masing-masing daerah di Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

KPK Bakal Dalami Keterlibatan Korporasi Waskita Karya Terkait Korupsi IPDN

KPK bakal mendalami dan mempelajari lebih lanjut dugaan keterlibatan direksi dan korporasi PT Waskita Karya (Persero) dalam kasus IPDN.

NEWS | 26 September 2022

Kasad Beri Hormat kepada Panglima TNI, DPR: Biasa dan Lumrah

Salam hormat yang diberikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan hal biasa dan lumrah.

NEWS | 26 September 2022

Badan Pengawas MA Periksa Atasan Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (Bawas MA) memeriksa atasan Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

NEWS | 26 September 2022

Sidang Etik Brigjen Hendra, Polri: Tunggu Jadwal Propam

Sidang etik terhadap Brigjen Hendra Kurniawan masih menunggu jadwal dari Divisi Propam Polri.

NEWS | 26 September 2022

Puan: Segera Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Siswa Madrasah

Ketua DPR Puan Maharani menyoroti laporan adanya ratusan ribu siswa madrasah dari KPM PKH yang belum menerima haknya.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

NEWS | 2 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings