Logo BeritaSatu

PLN UIP JBB Sukses Energize Relokasi SKTT 150 kV Ketapang-Mangga Besar

Rabu, 5 Mei 2021 | 18:22 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Komitmen PLN untuk terus mewujudkan pembangunan infrastruktur kelistrikan terbaik untuk Indonesia, terus dilakukan.

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB), salah satu unit PLN yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat, sukses melaksanakan pemberian tegangan (energize) Relokasi Underground Cable (UGC) 150 kV Ketapang–Mangga Besar, Selasa (4/5/2021), melalui unit pelaksana di bawahnya yaitu Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 3.

“Proyek ini dikerjakan untuk mendukung pembangunan MRT fase 2 yang akan segera direalisasikan oleh pemerintah,” ujar General Manager PLN UIP JBB, Ratnasari Sjamsuddin melalui rilis, Rabu (5/5/2021).

Ratnasari melanjutkan, beberapa utilitas infrastruktur kelistrikan di jalur tersebut, terlewati oleh rute MRT fase 2. “Sehingga demi kelancaran proyek MRT, kami harus segera melakukan relokasi,” ujarnya.

Ditambah lagi, jalur kelistrikan bawah tanah ini memiliki peran penting dalam meningkatkan pasokan listrik ring 1 Jakarta, yaitu kawasan pusat pemerintahan. Mengingat perannya yang sangat besar, maka relokasi dilakukan dengan penuh tanggung jawab sehingga pelaksanaannya tidak mengganggu stabilitas pasokan listrik.

“Pekerjaan relokasi SKTT 150 kV Ketapang-Mangga Besar ini dilakukan dengan sistem Horizontal Directional Drilling (HDD), jadi tidak dilakukan open cut terlalu besar,” papar Ratnasari.

“Kemudian dilakukan penarikan pipa High-density polyethylene (HDPE), baru selanjutnya dilakukan Penarikan kabel Cross-Linked Polyethylene (XLPE) baru. Jadi yang dioperasikan setelah relokasi adalah kabel XLPE yang baru,” imbuhnya. Paska pelaksanaan pemberian tegangan, dijadwalkan akan dilakukan pembebanan pada Rabu (5/5/2021).

“Rencananya akan kita lakukan malam ini,” tegas Ratnasari. Pembebanan sendiri merupakan proses pemberian beban listrik pada UGC, yaitu dengan memanfaatkan UGC sebagai penyaluran listrik untuk kemudian dapat dimanfaatkan secara langsung oleh konsumen.

Ratnasari menambahkan, seluruh proses pembangunan infrastruktur kelistrikan telah dilakukan sesuai prosedur dan koordinasi dengan instansi terkait terus dilakukan. “Kita juga upayakan agar koordinasi dengan pemerintah berjalan dengan baik. Jadi ketika ada proyek pemerintah yang diperlukan kerja sama dari pemilik kabel utilitas bawah tanah, kita tindak lanjuti dengan segera,” kata Ratnasari.

Penyelesaian proyek ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama para pekerja bekerja di site. Dalam pelaksanaan seluruh proyek, UIP JBB dan seluruh UPP memang selalu mengutamakan zero accident yang harus dipatuhi secara ketat tanpa terkecuali. “PLN selalu siap memberikan pasokan listrik terbaik untuk Indonesia, pandemi bukan alasan bagi kami untuk terus bergerak,” tandas Ratnasari.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

Anies Baswedan dicalonkan sebagai presiden pada Pemilu 2024. Namun, Wagub DKI Riza Patria hanya akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Oktober 2022

Capaian Vaksinasi Rendah, Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM, baik di Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali, salah satu alasannya karena vaksinasi Covid-19 masih rendah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat Militer: Oknum Prajurit TNI “Tendangan Kungfu” Harus Disanksi Tegas

Khairul Fahmi meminta agar oknum prajurit TNI yang melakukan kekerasan “tendangan kungfu” diberi sanksi tegas.

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan langkah pencapresan Anies Baswedan tidak terkait dengan isu dugaan kasus korupsi Formula E Jakarta di KPK.

NEWS | 4 Oktober 2022

Besok, Ferdy Sambo Dkk Dilimpahkan ke Kejari Jaksel

Polri akan melimpahkan Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 4 Oktober 2022

Stok Habis, Vaksinasi Covid-19 Kota Bogor Dihentikan Sementara

Seluruh sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihentikan sementara, karena stok vaksin tak tersedia.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Buka Peluang Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk mengungkapkan hasil yang diperoleh dalam proses penyelidikan kasus Formula E Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hari Ini, Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Brigadir J

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J dan obstruction of justice ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan, hari ini.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Bakal Bahas Kelanjutan Penanganan Kasus Surya Darmadi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membahas soal kelanjutan penanganan kasus dugaan suap bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tak Segan Bantarkan Penahanan Lukas Enembe jika Betul Sakit

KPK menegaskan tak segan untuk membantarkan penahanan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe jika yang bersangkutan terbukti menderita sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings