Logo BeritaSatu

Mudik, Terminal Poris Tangerang Sosialisasi Penggunaan GeNose

Rabu, 5 Mei 2021 | 20:37 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Tangerang, Beritasatu.com - Dinas Perhubungan (dishub) Kota Tangerang bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan sosialisasi penggunaan alat tes Covid-19 dengan menggunakan GeNose di Terminal Poris, Tangerang. Dengan sosialisasi ini, pengguna transportasi darat yang mudik dengan menggunakan bus bisa mengetahui terpapar atau tidak Covid-19.

“Jadi dalam upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam perjalanan, kami dari pengelola Terminal Poris sudah mempersiapkan alat tes Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose. Di mana sosialisasinya sendiri berlangsung dari tanggal 1-5 Mei 2021 ini, dan saat ini masih gratis,” kata Kepala Terminal Poris Alwien Athena Alwie saat berbincang dengan wartawan, Rabu (5/5/2021).

Selama masa sosialisasi ini, Alwien menyatakan mempersiapkan 1.000 spesimen GeNose, pemeriksaannya akan berlangsung secara random.

“Kita melakukan tes secara random kepada 273 orang yang berangkat pulang kampung dengan menggunakan bus. Untuk ke depan, rencananya akan kita berlakukan secara keseluruhan bagi penumpang yang berangkat dengan menggunakan moda transportasi bus. Jadi kalau ada yang belum mempunya tes swab antigen atau PCR, bisa menggunakan GeNose sebagai syarat perjalanan,” tutur Alwien.

Berdasarkan pantauan tim Beritasatu.com, sejumlah penumpang bus yang akan berangkat hari ini atau satu jelang masa pelarangan mudik, telah melakukan tes Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose. Para pemudik berharap hasil GeNose tersebut bisa dijadikan bekal jika ada pemeriksaan Covid-19 di perjalanan.

“Ya bagus juga sih ada ini (pemeriksaan dengan alat GeNose). Karena dengan ini kita sebelum pulang kampung tahu kita bebas Covid-19 atau enggak. Lagi juga ini bisa jadi bekal kita kalau nanti di jalan atau sampai di kampung halaman kita bebas Covid-19,” kata Yamin yang akan berangkat mudik ke Grobogan, Jawa Tengah dengan menggunakan bus.

Meski begitu, Yamin menyayangkan sosialisasi pemeriksaan dengan menggunakan GeNose di Terminal Poris Tangerang tidak diinformasikan kepada seluruh penumpang. Sebab, tidak semua penumpang bus yang melakukan pemeriksaan Covid-19 seperti dilakukannya.

“Pastinya khawatir juga kalau kita tes dengan GeNose, tapi di sisi lain ada yang enggak tes, kan kita enggak tahu yang berangkat dengan bus kena Covid-19 atau enggak. Kita berharap ada sosialisasi yang jelas (pemeriksaan Covid-19) seperti kalau kita berangkat menggunakan pesawat,” ucap Yamin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bus Masuk Jurang Angkut Tamu Pernikahan di India, 25 Tewas

Sedikitnya 25 orang tewas setelah sebuah bus masuk jurang dalam yang membawa tamu pernikahan di India.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ada Eks DPR, KPK Periksa 16 Saksi di Kasus Garuda Indonesia

KPK total telah memeriksa 16 saksi dalam mengusut kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia

NEWS | 5 Oktober 2022

Hillary Lasut Pastikan Tidak Akan Cabut Laporan terhadap Komika Mamat Alkatiri

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Brigitta Hillary Lasut memastikan tidak akan mencabut laporan polisi terhadap komika Mamat Alkatiri.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemerintah Antisipasi Perubahan Kebijakan Energi Global

Pemerintah Antisipasi Perubahan Kebijakan Energi Global

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings