Wali Kota Tangerang Bingung dengan Peraturan Mudik yang Berubah-ubah
Logo BeritaSatu

Wali Kota Tangerang Bingung dengan Peraturan Mudik yang Berubah-ubah

Jumat, 7 Mei 2021 | 13:06 WIB
Oleh : Chairul Fikri / IDS

Tangerang, Beritasatu.com - Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengaku bingung dengan kembali berubahnya peraturan tentang peniadaan dan pelarangan mudik yang tercantum dalam SE Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa persnya kemarin kembali mengeluarkan aturan pelarangan mudik dalam wilayah aglomerasi alias mudik lokal. Hal itu yang kini lantas membuat Arief sebagai kepala daerah di Kota Tangerang dan mempertanyakan kembali aturan tersebut.

Sebab dalam aturan sebelumnya, masyarakat yang tinggal di wilayah aglomerasi atau pemusatan kawasan tertentu bebas melakukan aktivitasnya selama Lebaran.

"Ini yang kita lagi bingung (pelarangan mudik diwilayah aglomerasi). Karena kemarin waktu rapat sama Mendagri, semua aktivitas hanya diperbolehkan di wilayah aglomerasi. Terus sekarang tiba-tiba seperti ini. Kita masih mempertanyakan apakah itu sifatnya pernyataan? Kita sekarang menunggu edarannya aja," ungkap Arief, Jumat (7/5/2021).

Arief juga meminta pemerintah pusat juga harus tegas dan jelas menyebutkan peraturan yang dikeluarkan agar Kepala Daerah sebagai pemimpin wilayah tidak bingung dan salah mengambil langkah dalam upaya pencegahan pengurangan aktivitas masyarakat selama periode Lebaran tahun ini.

"Kami sih minta pemerintah pusat tegas dan jelas. Artinya ada ketegasan dan kejelasan (terhadap aturannya dalam Juklak dan Juknis). Jadi enggak rancu. Kami yang di lapangan bingung jadinya," lanjutnya.

Meski yakin aturan yang dibuat pemerintah untuk kebaikan bersama, namun dirinya mengaku masih akan melihat dahulu apakah aturan baru ini bisa dijalankan maksimal lantaran keterbatasan personel di daerah. Terlebih banyak warga Kota Tangerang yang berinteraksi dengan warga daerah lain yang berdekatan seperti Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Jakarta.

"Sebagai contoh, pasar induk adanya di Kota Tangerang. Nanti orang tangsel suplai bahan pangan dari mana? Misalnya ya. Kalau pedagang di sini, terus pedagang barang ada, pembeli enggak datang, di sana makan apa? Harusnya itu juga yang dipikirkan pemerintah. Tapi yang pasti kita tunggu aturan jelasnya seperti apa," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Warga 98 RW di Jakpus Mulai Terima Vaksin Astrazeneca

Layanan vaksinasi Covid-19 ini telah berjalan sejak Rabu (5/5/2021) dengan jumlah warga yang menerima sebanyak 200 orang.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Hari Pertama Penyekatan, 14 Travel Gelap Ditilang Polrestro Bekasi

“Hari pertama, kami mengamankan 14 travel dan dilakukan tindakan penilangan,” kata Kasat Lantas Polrestro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

PSI Minta Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Umum di Jakarta Dipercepat

Targetnya warga di RW kumuh, mau tidak mau sosialisasi langsung ke lapangan, mengetuk pintu satu persatu.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Hari Kedua Larangan Mudik, Puluhan Kendaraan Diputar Balik di Pintu Tol Bekasi Timur

Penyekatan hari kedua larangan mudik dilaksanakan personel Polrestro Bekasi Kota.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Ditinggal Mudik, Gudang Plastik Hangus Terbakar di Cakung

Lapak yang ditinggal mudik pemiliknya, dicurigai terjadi korsleting listrik dari dalam gudang. Warga melihat api tiba-tiba sudah membesar.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Hari Pertama Larangan Mudik, Polisi Putar Balik 1.258 Kendaraan

Polisi telah menggelar Operasi Ketupat Jaya, yang di dalamnya terdapat kebijakan larangan mudik, mulai pukul 00.00 WIB, Kamis (6/5/2021).

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Hari Ini, Sebagian Kota Jakarta Diguyur Hujan Ringan

Sebagian wilayah Jakarta akan diguyur hujan ringan.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Pengacara Rizieq Ajukan Penangguhan Penahanan, Pengadilan Belum Terima

“Sudah kita ajukan. Kelanjutannya lagi menunggu, majelis akan bermusyawarah,” kata pengacara Rizieq Syihab, Azis Yanuar.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Senin, Rizieq Syihab Jalani Sidang Tuntutan Perkara Kerumunan di Petamburan

Rizieq Syihab dan lima terdakwa lain juga bakal menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin (10/5/2021).

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Apresiasi Nakes Covid-19, Garudafood Donasikan Produk Chocolatos

Garudafood melalui Chocolatos Peduli mendonasikan lebih dari 2.600 paket yang terdiri dari 13.000 produk Chocolatos serta makanan siap saji kepada nakes.

MEGAPOLITAN | 6 Mei 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS