Logo BeritaSatu

Pesan Anies untuk Mahasiwa Penerima KJMU: Bawa Misi Perubahan

Minggu, 9 Mei 2021 | 22:56 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan kepada mahasiswa penerima Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) agar tidak hanya fokus meraih cita-cita, tetapi juga harus membawa misi perubahan. Anies berharap dengan fasilitas kuliah yang diberikan melalui KJMU, para mahasiswa bisa benar-benar kelak dapat berkontribusi dan berperan besar dalam lingkup nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan Anies dalam sambutannya pada saat meluncurkan Naramuda Jakarta secara hybrid di ruang Pola, Balai Kota Jakarta, Minggu (9/5/2021). Naramuda merupakan sebutan bagi mahasiswa penerima KJMU. Naramuda bermakna anak muda yang memberikan manfaat kepada semua. Diharapkan nama tersebut dapat menjadi refleksi yang dipegang oleh para mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan.

“Kami berharap ada kesadaran bahwa Anda diberikan fasilitas untuk kuliah dengan dititipi harapan. Jadi jangan mengejar cita-cita tapi Anda harus punya misi dan Anda telah terpilih menjalankan serta menunaikan misi itu. Apa misi itu? Anda diharapkan menjadi pembawa perubahan di kota ini di Indonesia, Saya berharap adik-adik semua persiapkan serius untuk menunaikan misi itu” ujar Anies.

Anies juga memberikan saran agar para mahasiswa penerima manfaat dapat berprestasi dan memiliki kegiatan, baik di dalam maupun di luar kelas, sekaligus memperluas jejaring agar nantinya dapat membantu dalam proses penyelesaian misi tersebut.

“Kembangkan ketangguhan dan kepemimpinan Anda. Jadilah mahasiswa yang sibuk dan multitasking, karena tidak ada single role, kita semua nantinya multiple role, berlatihlah multiple role mulai sekarang. Sekaligus bangun jejaring pertemanan untuk masa depan,” kata Anies.

Apabila misi tersebut ditunaikan dengan baik, maka Anies berharap para Naramuda Jakarta nantinya dapat membantu memberikan beasiswa kepada para pihak yang membutuhkan.

“Anda bisa dikatakan dibiayai oleh iuran warga Jakarta. Hari ini Anda menerima beasiswa berupa KJMU. Insyaallah di masa depan Anda yang akan memberi beasiswa kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena kita menyadari bahwa pendidikan merupakan eskalator sosial ekonomi seseorang yang ingin meningkatkan kesejahteraannya,” ucap Anies.

Seperti diketahui, sebelumnya penerima KJMU hanya bagi mahasiswa tidak mampu secara ekonomi yang berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Kementerian Agama. Saat ini, sasaran penerima diperluas hingga menjangkau mahasiswa tidak mampu secara ekonomi yang berkuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) dengan ketentuan akreditasi institusi A di DKI. Kemudian, program studi juga terakreditasi A.

Adapun jumlah penerima KJMU mulai 2016 sampai 2020 terus meningkat. Pada 2016 terdapat 594 mahasiswa di 46 PTN, 2017 terdapat 2.191 mahasiswa di 68 PTN, 2018 meningkat menjadi 4.542 mahasiswa di 85 PTN, 2019 ada 8.790 mahasiswa di 90 PTN, dan pada 2020 mencapai 10.264 mahasiswa di 99 PTN dan 10 PTS. Selanjutnya pada 2021 terdapat 10.445 mahasiswa di 103 PTN dan 10 PTS.

Perlu diketahui, program KJMU yang telah berjalan sejak 2016 menjaring generasi muda unggul dan berpotensi di DKI untuk dikembangkan melalui dua jenis kegiatan yang wajib dilaksanakan para penerima manfaat. Misalnya program pengabdian masyarakat mandiri dan kegiatan pelatihan kepemimpinan, seminar, dan/atau kegiatan lain yang dapat menunjang peningkatan kompetensi. Dengan adanya program wajib tersebut, diharapkan para Naramuda Jakarta dapat berkontribusi nyata kepada masyarakat, mengasah leadership skills, kemampuan komunikasi, dan analytical thinking.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah Tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Pastikan Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya akan mendalami penggunaan gas air terkait tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 125 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Blusukan Bareng Gibran Rakabuming, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR Puan Maharani di Solo, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSM Makassar Ikut Berdukacita

Manajemen PSM Makassar menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan meninggalnya ratusan suporter.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alvin Bahar Kuasai Serie 5, Tiga Pembalap Honda Racing Indonesia Berpeluang Juara Nasional

Alvin Bahar Kuasai Serie 5, Tiga Pembalap Honda Racing Indonesia Berpeluang Juara Nasional

SPORT | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings