Pemuda di Jakarta Meninggal Usai Divaksin, Anies: Perlu Jadi Perhatian Serius
Logo BeritaSatu

Pemuda di Jakarta Meninggal Usai Divaksin, Anies: Perlu Jadi Perhatian Serius

Senin, 10 Mei 2021 | 20:28 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons meninggalnya seorang pemuda berusia 22 tahun asal Buaran, Jakarta Timur, Trio Fauqi Firdaus, sehari setelah divaksin Astrazeneca. Menurut Anies, hal ini harus menjadi perhatian serius, khususnya Kementerian Kesehatan (Kemkes) di tengah upaya bersama membangun kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19.

“Kejadian ini perlu menjadi perhatian amat serius karena kita sedang membangun kepercayaan masyarakat untuk mau melakukan vaksinasi,” ujar Anies di Balai Kota DKI, Senin (10/5/2021).

Anies mengaku sudah berkoordinasi dan melaporkan kejadian ini dengan Menteri Kesehatan (menkes) Budi Gunadi Sadikin. Anies juga sudah menyampaikan bahwa di beberapa negara Eropa dilakukan pembatasan usai bagi penerima vaksin Astrazeneca.

“Bahwa vaksin Astrazeneca itu diberikan, diutamakan pada mereka yang berusia di atas 40 tahun bahkan ada yang di atas 60 tahun,” ungkap dia.

Anies pun mengusulkan kepada menkes untuk membuat ketentuan tambahan dalam melakukan screening untuk mencegah risiko kematian sebagai efek samping dari vaksin. Pasalnya, berdasarkan laporan yang ada, salah satu efek dari vaksin Astrazeneca ini adalah pembekuan darah.

“Kami sampaikan usulan untuk dibuatkan tambahan ketentuan di dalam screening untuk bisa mencegah terjadinya risiko fatalitas sebagai efek samping dari vaksin. Karena kita ketahui laporannya ada risiko pembekuan, kalau dilakukan vaksinasi pada orang-orang yang berusia relatif muda. Ini sudah disampaikan lalu dari Kemkes akan membahas nanti, kita tunggu arah kebijakannya,” ucap Anies.

Diketahui, Trio meninggal dunia pada Kamis (6/5/2021). Pada Rabu (5/5/2021), Trio menerima suntikan vaksin Astrazeneca di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Setelah divaksin, Trio mengalami deman, mual hingga pusing. Saat ini, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) masih mendalami penyebab kematian Trio.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Anies Baswedan: Tempat Wisata Hanya Menerima Warga Ber-KTP Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga non-Jakarta tidak bisa mengunjung tempat-tempat wisata di Ibu Kota selama libur Lebaran.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Polisi Bakal Ubah Kampung Ambon Jadi Kampung Tangguh

Polda Metro Jaya bakal mengubah Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat, yang identik sebagai sarang narkoba menjadi Kampung Tangguh Jaya.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Dirjen Dukcapil Ajak Masyarakat Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Zudan Arif Fakrulloh mengajak masyarakat dan berbagai instansi untuk lebih berhati-hati menjaga kerahasiaan data pribadi.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Jabodetabek dan Cianjur Sepakat Larang Silaturahmi dan Ziarah Kubur

Wilayah Jabodetabek dan Cianjur sepakat untuk melarang adanya ritual silaturahmi dan berziarah ke makam lintas kota dan kabupaten.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Bandar Besar Kampung Ambon Diburu, Polisi: Sampai Lubang Tikus Kami Kejar

Pada saat penggeledahan di rumah Zemba di Kampung Ambon, polisi mendapatkan lima senjata api, terdiri dari dua senjata api rakitan dan tiga airsoft guns.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

313 Kendaraan Diminta Putar Balik oleh Petugas Gabungan Kota Tangerang

Petugas gabungan dari kepolisian, TNI, satpol PP dan Dinas Perhubungan (dishub) Kota Tangerang telah memutar balik 313 kendaraan.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Anies Baswedan: Kegiatan Ziarah Kubur Ditiadakan dari 12-16 Mei 2021

Anies Baswedan mengatakan tempat pemakaman umum (TPU) di Jakarta dan daerah penyangga sekitarnya akan ditutup mulai 12-16 Mei 2021.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Pemkot Tangsel Izinkan Warganya Takbiran, tetapi Tidak Berkeliling

Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mengizinkan warganya menggelar takbiran untuk menyambut perayaan Hari Raya Idufitri 1442 H.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Gerebek Kampung Ambon, Polisi Tetapkan 7 Tersangka Narkoba

Polda Metro Jaya mengamankan 49 orang dalam penggerebekan di Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. Tujuh di antaranya ditetapkan sebagai tersangka narkoba.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021

Rizieq Syihab: Acara di Megamendung Terlaksana dengan Lancar

Terdakwa Rizieq Syihab mengatakan, agenda di peletakan batu pertama pembangunan masjid di Pondok Pesantren Markaz Syariah, Megamendung, berlangsung lancar.

MEGAPOLITAN | 10 Mei 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS