Logo BeritaSatu

Tol Cibitung-Cilincing Seksi I Siap Dioperasikan

Selasa, 11 Mei 2021 | 10:07 WIB
Oleh : Imam Muzakir / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi I siap dioperasikan setelah Lebaran. Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tolways (CTP), Thorry Hendrarto, mengatakan, dari keseluruhan jalan tol yang menghabiskan Rp 12 triliun tersebut, yang paling siap untuk segera dioperasikan adalah seksi I Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,65 kilometer.

“Saat ini progres konstruksi sudah 99 % atau tinggal melengkapi rambu-rambu saja. Ditargetkan setelah Lebaran atau maksimal akhir Mei 2021 sudah operasional,” ungkap Thorry, saat kunjungan lapangan, belum lama ini.

Menurutnya, seksi I sudah dilakukan uji laik fungsi tahap pertama oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Polri. Pekerjaan mayoritas sudah selesai dan tinggal pemasangan marka atau rambu-rambu jalan.

Untuk seksi II Telaga Asih-Tambelang sepanjang 10,1 kilometer saat ini progres pembebasan lahan telah mencapai 99,7 %. Ditargetkan keseluruhan bisa selesai dan operasional pada akhir September 2021.

Lalu untuk seksi III Tambelang-Tarumajaya sepanjang 14,35 kilometer pembebas lahan telah mencapai 98,5 %. Jadi secara jadwal, operasional tol seksi III ini bisa dilakukan akhir September 2021.

Pembebasan Lahan
Untuk seksi IV Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,2 kilometer diakui menjadi seksi yang paling lama dilakukan pembebasan lahan. Pasalnya kondisi wilayah yang padat penduduk sehingga memerlukan perhatian ekstra. Saat ini pembebasan lahan baru mencapai 58,6 %. Diharapkan dengan bantuan pemerintah untuk tanah, pada akhir November 2021 bisa operasional.

“Kita targetkan keseluruhan tahun ini semua selesai dengan catatan seksi IV lahan beres semua. Kalau pembebasan lahan baru bisa November 2021 berarti tidak bisa sebab konstruksi butuh waktu 3-4 bulan,” jelasnya.

Kepala Biro Komunikasi Publik, Krisno Yuwono mengatakan, kehadiran Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan jaringan jalan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi) akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Selain itu juga memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing,” terangnya.

Proyek jalan tol ini secara keseluruhan menghabiskan dana investasi sebesar Rp 12,9 triliun. Pembiayaan jalan tol ini berasal dari pemegang saham sebesar 30% dan dari kreditur sebesar 70 %.

Adapun struktur kepemilikan saham dari tol yang menjadi jaringan tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) II dimiliki oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia (45%) yang merupakan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) dan PT Waskita Toll Road (55%) yang merupakan anak usaha Waskita Karya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Divisi Propam Akan Dirombak, Polri: Perlu Proses dan Kajian

Perombakan struktural secara terbatas terhadap Divisi Propam Polri membutuhkan proses, analisis, serta pengkajian terlebih dahulu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Tim Pencari Fakta Targetkan Rampung dalam 3 Pekan

Mahfud MD menyampaikan, tim pencari fakta menargetkan pengusutan tragedi Kanjuruhan rampung dalam tiga pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Terima Amanah Nasdem, Anies Baswedan: Saya Siap Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya menerima amanah dari Partai Nasdem untuk dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Deklarasi Anies Baswedan Capres, Paloh Pimpin Hening Cipta Tragedi Kanjuruhan

Deklarasi Anies Baswedan capres dari Partai Nasdem, diawali dengan hening cipta atas tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang dipimpin Mahfud MD untuk mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres Nasdem

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kakorlantas Singgung Pungli yang Dialami Komika Soleh Solihun

Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi menyinggung mengenai pungutan liar (pungli) yang dialami komika Soleh Solihun.

NEWS | 3 Oktober 2022

Operasi Zebra Jaya 2022 digelar Serentak di 33 Polda

Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2022 serentak di 33 Polda di seluruh Indonesia

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus Brigadir J, AKP Rifaizal Samual Jalani Sidang Etik Hari Ini

Mantan Kanit 1 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual menjalani sidang etik pada hari ini imbas dari kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings