Logo BeritaSatu

Pandemi Covid-19, Pemkot Tangerang Larang Masyarakat Berziarah Kubur ke TPU

Selasa, 11 Mei 2021 | 17:45 WIB
Oleh : Chairul Fikri / LES

Tangerang, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang resmi mengeluarkan larangan pelaksanaan ziarah ke beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU) di masa lebaran tahun 2021. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan di TPU saat mereka melakukan ziarah kubur yang berpotensi meningkatkan jumlah kasus Covid-19 di Kota Tangerang.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat dihubungi media, Selasa (11/5/2021).

"Kemarin kita telah menggelar Rakor dengan kepala daerah se-wilayah Jabodetabek. Di mana kita sepakat untuk menutup sementara TPU yang ada di Kota Tangerang dan membatasi aktivitas ziarah kubur di masa lebaran yang berpotensi sebagai media penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang. Maka dari itu, saya telah tugaskan ke Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang untuk mengawasi TPU selama lebaran agar tidak terjadi kerumunan dengan melibatkan pihak Kelurahan, RW dan RT yang di lingkungannya ada Tempat Pemakaman Umum. Kalau TPU nya unya Pemkot ya kita kunci aja TPU-nya," ungkap Arief.

Ditambahkan Arief, pihaknya telah menyiapkan langkah khusus untuk mengantisipasi lonjakan penduduk pascaliburan lebaran mendatang.

"Kita telah siapkan langkah khusus untuk terus melakukan pengawasan dan monitoring hingga tingkat RT/RW mengantisipasi lonjakan, dan saya perintahkan warga yang baru mudik menyiapkan bukti telah melakukan swab antigen. Kalau enggak bawa ya kita suruh balik ke daerahnya lagi. Karena kita enggak mau nanti malah meningkatkan jumlah kasus di Kota Tangerang," lanjutnya.

Berbeda dengan Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyatakan tak melarang warganya untuk melakukan ziarah disaat pelaksanaan lebaran ini. Namun demikian, mereka mengimbau kepada warga masyarakat yang akan berziarah untuk tetap mematuhi peraturan protokoler kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

"Masalah larangan ziarah kubur, kalau di Tangerang Selatan itu enggak. Dalam kebijakan kami tidak ada. namun demikian kami telah menghimbau kepada pengelola TPU yang ada di wilayah Tangerang Selatan untuk tetap membatasi dan menerapkan protokol kesehatan. Kita juga meminta masyarakat untuk tetap patuh pada protokoler kesehatan saat melakukan ziarah kubur," terang Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan.

Pemerintah Kabupaten Tangerang juga tak mengeluarkan larangan pelaksanaan ziarah kubur saat lebaran bagi warga yang ada di Kabupaten Tangerang. Namun demikian Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar tetap berupaya melakukan pengawasan dan penjagaan di beberapa TPU untuk mengatasi kerumunan di masa masa pandemi.

"Jadi saat ini kita tidak memungkinkan lagi untuk mengeluarkan pelarangan pelarangan untuk masyarakat di waktu yang sudah mepet seperti sekarang. Yang sebetulnya saya sudah mengingatkan dan mewanti wanti sejak sebelum puasa, untuk buat aturan yang kita bisa lakukan dan sosialisasikan jauh lebih luas kepada masyarakat agar nantinya paham. tapi kalau waktu mempet seperti ini apa yang bisa kami lakukan. dan nanti mungkin kita lakukan di tempat tempat kerawanan kerumunan kita akan bagikan masker hand sanitizer dan terus mengingatkan protokol kesehatan, jadi intinya saat ini kita hanya membatasi saja untuk kegiatan ziarah dan tempat wisata di saat libur Lebaran nanti," jelas Zaki.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah Tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Pastikan Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya akan mendalami penggunaan gas air terkait tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 125 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Blusukan Bareng Gibran Rakabuming, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR Puan Maharani di Solo, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSM Makassar Ikut Berdukacita

Manajemen PSM Makassar menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan meninggalnya ratusan suporter.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BIN O2C Juara Livoli Divisi Satu 2022

BIN O2C Juara Livoli Divisi Satu 2022

SPORT | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings