Logo BeritaSatu

Anies: Kasus Covid-19 di Jakarta Berpotensi Melonjak Setelah Arus Balik Lebaran

Jumat, 14 Mei 2021 | 13:22 WIB
Oleh : Yustinus Paat / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan, kasus Covid-19 berpotensi kembali melonjak setelah arus balik Lebaran 2021. Pergerakan orang keluar masuk DKI Jakarta, kata dia, bisa membuat penularan Covid-19 semakin meluas.

“Kita semua menyadari bahwa tiap kali ada pergerakan penduduk yang cukup besar maka di pekan-pekan sesudahnya potensi terjadinya kenaikan kasus Covid-19 selalu ada,” ujar Anies usai rapat koordinasi bersama Forkopimda di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Karena itu, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta bersama Forkopimda proaktif mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta setelah arus balik Lebaran. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, tutur Anies, liburan panjang membuat pergerakan orang tinggi sehingga dua pekan sesudahnya bisa terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Jadi kita tidak menunggu, tetapi justru proaktif memastikan bahwa semuanya bisa terkendali,” tandas Anies.

Antisipasi yang dilakukan Anies dan jajaran Forkopimda adalah melakukan pengetatan mobilisasi warga yang memasuki Ibu Kota untuk mencegah terjadinya laju kasus aktif Covid-19 selepas libur Idulfitri.

"Pertama, akan dilakukan dua langkah pengetatan pemantauan pergerakan penduduk yang masuk Jakarta. Yakni, melakukan screening di tiap pintu masuk menuju Jakarta bahkan Jabodetabek. Lalu, untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan screening random bagi mereka yang masuk,” tutur Anies.

Anies juga menjelaskan bahwa setiap kendaraan umum, pesawat, kapal laut, serta kereta api memang sudah dilakukan random screening antigen sebelum berangkat. Dengan begitu, tindakan pencegahan bisa dilaksanakan secara efektif jika ada mobilisasi warga yang masuk kawasan Jakarta dan berpotensi membawa Covid-19 (orang tanpa gejala).

Setelah itu, pengendalian berlangsung di kawasan lingkungan warga untuk mendata warga yang telah memasuki kediaman masing-masing. Terkait hal ini, Anies menjabarkan, setiap Gugus Tugas Covid-19 di tingkat RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Babinkamtibmas, dan Babinsa dapat berkolaborasi melakukan pendataan atas warga yang masuk ke wilayah terkait.

"Jadi, mereka akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan, pengecekan kondisinya, serta dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat, tidak bergejala, dan akan dilakukan tes rapid antigen. Intinya, ini dua lapis untuk screening, satu sebelum masuk, yang kedua ketika sudah sampai di tempat tinggal. Nanti kita akan ada aplikasi khusus yang digunakan oleh para ketua RT/RW untuk mereka melakukan pelaporan dua kali sehari atas kondisi di wilayahnya," jelas Anies.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei Indikator: Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Teratas

"Dari simulasi 10 nama, trennya tidak berubah banyak. Top three masih dipegang Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan,” kata Burhanuddin Muhtadi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Badai Ian bertambah, Biden Akan Kunjungi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengunjungi Florida saat korban tewas akibat Badai Ian naik menjadi 44 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengamat Berharap Piala Dunia U-23 di Indonesia Tidak Dibatalkan FIFA

Pengamat Berharap Piala Dunia U-23 di Indonesia Tidak Dibatalkan FIFA

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings