Logo BeritaSatu

Wagub DKI: Balik Jakarta Jangan Bawa Kerabat dari Kampung

Senin, 17 Mei 2021 | 11:42 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warga yang pulang mudik Lebaran tidak membawa orang berKTP non-DKI ke Jakarta, baik itu keluarga maupun kerabatnya.

Selain karena Jakarta sudah padat, pandemi Covid-19 juga masih melanda Jakarta.

“Jadi, kami juga mohon maaf bagi yang kembali ke Jakarta untuk tidak membawa seperti tahun-tahun selama ini, dari dulu tiap habis Lebaran itu yang pulang kampung membawa temannya, saudaranya ke Jakarta,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/5/2021).

Riza mengimbau agar mereka tetap berada di kampung dan bekerja di daerahnya masing-masing. Menurut dia, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di daerah masing-masing.

“Mari kita bekerja di daerah masing-masing, masih banyak pekerjaan yang bisa kita kerjakan bersama-sama, bersinergi dengan semua,” tandas Riza.

Riza mengingatkan, situasi Jakarta belum aman dari Covid-19. Bahkan sudah ada varian baru dari Covid-19 baik yang berasal dari Afrika Selatan, Inggris, dan India.

“Kita bekerja di tempat kita masing-masing, tidak semua harus bekerja di Jakarta, apalagi di masa pandemi ini apalagi ada varian baru dari Afrika Selatan, dari Inggris, dari India. Jadi mari kita lebih berhati-hati. Jadi mohon kesadaran masyarakat untuk menghadirkan protokol kesehatan sebagai sebuah kebutuhan,” pungkas Riza.

Melarang
Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin mengaku tidak bisa melarang warga ber-KTP non-DKI Jakarta masuk wilayah Jakarta pada arus balik kali ini. Yang bisa dilakukan Pemprov DKI adalah mengarahkan warga non-Jakarta tersebut.

Berdasarkan data yang masuk dalam aplikasi Data Warga hingga Minggu (16/5/2021) pagi, tercatat sebanyak 237 warga ber-KTP non-DKI Jakarta masuk ke wilayah Jakarta.

“Tidak bisa (melarang), paling kita mengarahkan,” ujar Budi saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (16/7/2021).

Yang dimaksud Budi dengan mengarahkan adalah memastikan tujuan mereka datang ke Jakarta. Pasalnya, banyak tujuan di balik orang merantau ke Jakarta, mulai dari sekolah, kuliah hingga mencari pekerjaan. Pemprov DKI, kata Budi, juga tidak memiliki kebijakan khusus untuk membendung arus urbanisasi pasca-Lebaran 2021.

“Tidak ada (kebijakan khusus), tetapi harus jamin mereka dalam kondisi yang sehat, tidak membuat masyarakat lain sekitarnya menjadi ketakutan. Kalau mereka tidak sehat, bisa menimbulkan kekhawatiran masyarakat lain juga kan,” tandas Budi.

Karena itu, kata Budi, pendataan warga ber-KTP non-DKI Jakarta juga mewajibkan bukti swab antigen atau tes PCR. Jika mereka belum melakukan tes Covid-19, maka nanti pihak RT dan kelurahan setempat akan berkoordinasi dengan puskesmas untuk melakukan tes PCR.

“Jika hasil positif, maka akan dilihat kondisinya, jika bergejala ringan atau tanpa gejala maka dilakukan isolasi di Wisma Atlet. Jika bergejala berat, maka akan dirujuk ke rumah sakit Covid-19,” terang dia.

Meskipun demikian, Budi mengatakan Pemprov DKI tetap mengimbau agar warga ber-KTP non-DKI Jakarta, jika tidak ada kepentingan atau keperluan jelas, sebaiknya tidak datang ke Jakarta terlebih dulu. Menurut dia, lebih baik berkarya atau bekerja di daerah masing-masing.

“Karena kondisi pandemi saat ini, kita menjaga kondisi daerah kita, agar Covid-19 ini terkendali,” pungkas Budi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings