Logo BeritaSatu

Antisipasi Pemudik, 30.000 Alat Tes Antigen Disebar di Kota Bogor

Selasa, 18 Mei 2021 | 09:36 WIB
Oleh : Vento Saudale / IDS

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan 30.000 alat tes antigen guna mengantisipasi pemudik Lebaran. Hal itu menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewaspadai terjadinya ancaman gelombang kedua Covid-19 pascalibur Lebaran.

Kadinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno menyampaikan, untuk mewaspadai peningkatan arus pascamudik sampai dengan 29 Mei 2021, khususnya bagi para pendatang dan pemudik yang kembali lagi, RT dan RW serta PPKM skala mikro harus diperketat lagi.

"Warga yang 'hilang atau tidak ada' dipastikan akan langsung melakukan tes antigen. Koordinasi sudah kita lakukan dengan RT RW Siaga, puskesmas standby. Kemudian sebanyak 30.000 alat tes antigen sudah disebar ke semua wilayah," kata Retno, Selasa (18/5/2021).

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi pimpinan unsur Forkopimda Kota Bogor mengikuti rakor secara virtual di Paseban Suradipati, Balai Kota Bogor, Senin (17/5/2021).

Dalam kesempatan itu, Presiden menegaskan, pascalebaran semua daerah harus hati-hati dan betul-betul waspada karena ada potensi penambahan jumlah baru kasus Covid-19 meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

Berdasarkan data, terdapat 1,5 juta orang yang tetap mudik dalam rentang 6 hingga 17 Mei 2021. Penambahan kasus aktif, diharapkan Jokowi tidak sebesar seperti tahun-tahun lalu.

Konsistensi dan ketahanan harus dimiliki semua pihak mengingat pandemi Covid-19 tidak mungkin selesai dalam waktu satu atau dua bulan.

“Hati-hati gelombang kedua, ketiga. Di negara tetangga kita sudah mulai melonjak drastis. Malaysia sudah lockdown sampai Juni, Singapura lockdown sejak Mei dan semakin ketat. Kita harus melihat tetangga-tetangga kita,” tegas Jokowi.
Kepada kepala daerah dan unsur Forkopimda seluruh Indonesia, kepala negara juga meminta agar hafal dengan kondisi, angka dan data di daerahnya masing-masing agar tahu langkah apa yang harus dilakukan.

Apalagi berdasarkan grafis dan kurva, mobilitas masyarakat di tempat-tempat wisata pascalebaran mengalami peningkatan yang tinggi sekali, 38% hingga 100,8%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kantor Polisi Iran Diserang Separatis, 19 Orang Tewas

Separatis bersenjata menyerang kantor polisi Iran di Zahedan, Iran tenggara dan menewaskan 19 orang, termasuk beberapa anggota IRGC.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Teratas

"Dari simulasi 10 nama, trennya tidak berubah banyak. Top three masih dipegang Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies Baswedan,” kata Burhanuddin Muhtadi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Soroti Tragedi Kanjuruhan, AHY: Tak Ada Sepak Bola Seharga Nyawa Manusia

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadi tragedi Kanjuruhan Sabtu (1/10/2022) malam.

NEWS | 2 Oktober 2022

Bansos dan Infrastruktur Jadikan Kepuasan Publik terhadap Jokowi Naik

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami kenaikan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA Bahkan Gagal Paham

Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku terkejut sekaligus gagal paham atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pendukung sepak bola.

NEWS | 2 Oktober 2022

Menko PMK Sebut Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan 130 Orang

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 130 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Zulkifli Hasan: Usut Tuntas Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendesak pengusutan secara tuntas tragedi Kanjuruhan, usai laga Arema FC vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Survei Indikator: Kokoh di Puncak, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tidak Terkejar

Survei terbaru Indikator Politik menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kokoh di puncak elektabilitas calon presiden (capres).

NEWS | 2 Oktober 2022

DPR Sesalkan PT LIB Abaikan Rekomendasi Polisi soal Jadwal Arema vs Persebaya

Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mengabaikan rekomendasi polisi untuk mengubah jadwal pertandingan Arema vs Persebaya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Legawa Laga Persib vs Persija Ditunda

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil legawa pertandingan Persib melawan Persija ditunda imbas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kantor Polisi Iran Diserang Separatis, 19 Orang Tewas

Kantor Polisi Iran Diserang Separatis, 19 Orang Tewas

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings