Konstruksi Tol Cinere-Jagorawi dan Kukusan-Cinere Mulai Dibangun
Logo BeritaSatu

Konstruksi Tol Cinere-Jagorawi dan Kukusan-Cinere Mulai Dibangun

Jumat, 28 Mei 2021 | 16:51 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / YUD

Depok, Beritasatu.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) mulai membangun konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan-Cinere sepanjang 5,44 km untuk meningkatkan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Pembangunan jalan tol tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menpupera Basuki Hadimuljonobersama Direktur Utama PT. Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin dan Wali kota Depok Mohammad Idris di Area Gerbang Tol Kukusan, Jumat (28/5/2021).

“Kita sudah merasakan dampak positif pembangunan jalan tol. Misalnya, di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa sekarang ini berkembang kawasan-kawasan industri baru seperti di Brebes, Batang, dan Ngawi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tulisnya, Jumat (28/5).

Bukanya hanya itu, di setiap exit Tol Trans Sumatera antara Bakauheni dan Palembang, saat ini juga terdapat beberapa kegiatan ekonomi yang semakin berkembang. Bahkan, data menunjukkan tagihan PLN mengalami kenaikan, yang artinya ada kegiatan ekonomi yang meningkat.

Lebih lanjut, Menteri Basuki menuturkan bahwa Tol Cijago Seksi 1 telah beroperasi pada 2012 silam. Sedangkan Seksi 2 beroperasi pada 2019. Terhitung sudah hampir 10 tahun. Hal ini bukan berarti Kementerian PUPR lambat, akan tetapi, tantangan pembangunan di perkotaan lebih banyak dan besar terutama dari sisi pembebasan tanah.

"Kalau masalah pembebasan tanah cepat, pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat," tegas Menteri Basuki.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Translingkar Kita Jaya Hilman Muchsin menerangkan bahwa Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,7 km yang terdiri dari 3 (tiga) Seksi. Seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Jalan Raya Bogor sepanjang 3,7 km telah beroperasi Januari 2012. Sedangkan Seksi 2 menghubungkan Jalan Raya Bogor - Kukusan sepanjang 5,5 kilometer beroperasi September 2019 lalu.

Kemudian Seksi 3 Kukusan - Cinere sepanjang 5,44 km (Ruas Cinere – Limo) ditargetkan akan beroperasi pada Februari 2022 dan Ruas Kukusan - Limo ditargetkan beroperasi pada Juni 2022. Hingga saat ini, progres pembebasan lahan sudah mencapai 70,16 %. Adapun biaya investasinya sebesar Rp 3,2 triliun dan biaya konstruksi Rp 1,2 triliun.

Mengacu pada data Kementerian PUPR, Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang terdiri atas ruas Cengkareng-Kunciran sepanjang 15,2 km, Kunciran - Serpong sepanjang 11,2 Km, Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km, Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km, Cibitung-Cilincing sepanjang 33,9 km, dan Akses Tanjung Priok sepanjang 12,1 km.

Penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 di satu sisi akan meningkatkan konektivitas Tol JORR II, di sisi lain juga akan berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga, dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain.

Lebih jauh Hilman mengungkapkan, pembangunan konstruksi jalan tol ditargetkan selesai dalam jangka waktu 1,5 tahun. Dengan demikian, konstruksi ditargetkan selesai pada akhir 2022 supaya dapat beroperasi pada awal 2023.

Melalui Pelelangan Terbatas, LMA-PPRE KSO juga akhirnya ditetapkan sebagai kontraktor pelaksana pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 dan PT Multi Phi Beta sebagai konsultan pengawas.

Pada bagian lain, Walikota Depok Mohammad Idris megatakan, dibangunnya Tol Cijago Seksi 3 akan sangat membantu pergerakan mobilitas warga karena 60 % warga depok bekerja di luar Depok, 40 % di Jakarta, dan selebihnya bekerja di Bekasi dan Bogor. Sehingga hadirnya tol ini, warga Depok tentu menyambut baik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Meski Trauma Diancam Samurai, Kurir SiCepat Tetap Bekerja Seperti Biasa

Namun begitu, R masih terus bekerja sebagai kurir di perusahaan jasa ekspedisi SiCepat Ekspres seperti biasa.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Polisi Bekuk Komplotan Perampok Tembak Korban di Pademangan

Polisi membekuk lima perampok bersenjata api yang menembak korbannya dan menggasak uang Rp 25.000.000.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Polisi Selidiki Penjual dalam Kasus Kurir SiCepat yang Diancam Samurai

Tak hanya menjadikan NDS sebagai pelakunya, polisi kini juga mulai bergerak menyelidiki penjual (seller) barang yang diantar kurir SiCepat itu.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Peduli Kesejahteraan Masyarakat, PLN UIP JBB Salurkan Bantuan TJSL

Bantuan TJSL disalurkan PLN UIP JBB kepada kelompok masyarakat di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Kasus Covid-19 Meningkat, Disdik Kota Bekasi Tak Tambah Jumlah Sekolah PTM

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan terjadi kenaikan kasus Covid-19 di wilayahnya pascalibur Lebaran lalu.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Helikopter Sempat Berputar Sebelum Jatuh di Rawa Jemblug Cibubur

Dua awak helikopter, pelatih (pilot) dan siswanya selamat dalam insiden itu, kemudian dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Dapat Nilai E dari Kemkes, Wagub Riza: Kami Serius Tangani Covid-19

Keseriusan ini, kata Riza, telah menunjukkan hasil yang membuat tidak ada peningkatan signifikan pada angka kasus Covid-19 setelah liburan lebaran.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Helikopter Latih Jatuh di Rawa Jemblug Cibubur, Penumpang Selamat

Petugas saat ini masih mengevakuasi helikopter dari dalam rawa.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Hilang Kendali, Pesawat Latih Jatuh di Danau Buperta Depok

Pesawat tersebut lepas landas di pangkalan di Buperta dan melakukan latih terbang sebanyak 4 kali.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021

Tahun Ini, Pemprov DKI Targetkan Selesai Vaksinasi 8,8 Juta Warga

Selain mempunyai kapasitas yang memadai, juga dibantu dengan program vaksin gotong royong yang diinisiasi Kadin dan Kementerian BUMN.

MEGAPOLITAN | 28 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS