PLTU Lontar Extension Unit #4 Berhasil Lakukan Boiler First Firing
Logo BeritaSatu

PLTU Lontar Extension Unit #4 Berhasil Lakukan Boiler First Firing

Rabu, 2 Juni 2021 | 17:57 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) kembali sukses meraih pencapaian penting dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Proyek PLTU Lontar Extension Unit #4 yang pekerjaannya dibawahi Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 1 (UPP JBB1), resmi melakukan boiler first firing pada Selasa (1/6/2021), ditandai dengan menyalanya burner boiler, asap di chimney dan steam discharge di silencer-nya. Ini menunjukkan keseriusan PLN untuk terus menyediakan pasokan listrik terbaik untuk negeri.

Boiler first firing ini merupakan kegiatan percobaan pembakaran pertama burner pada boiler PLTU menggunakan bahan bakar minyak high speed diesel (HSD), di mana aktivitas pembakaran akan digunakan untuk menghasilkan uap di boiler.

Selanjutnya, tahapan awal ini akan digunakan untuk membersihkan saluran pipa uap atau steam blow, sampai kualitas uap bersih sebelum akhirnya masuk ke turbin.

“Tak hanya itu, tahapan boiler first firing ini juga merupakan langkah awal untuk menopang tahapan-tahapan krusial dalam komisioning sistem PLTU berikutnya, yaitu coal firing dan synchronization,” ujar General Manager PLN UIP JBB, Ratnasari Sjamsuddin melalui keterangan tertulis, Rabu (2/6/2021).

Ratna meneruskan, saat ini progress penyelesaian PLTU Lontar Extension sudah mencapai 97.18%. “Direncanakan, kami bisa melaksanakan commercial operation date (COD) pada akhir tahun 2021 ini,” tambah Ratnasari Sjamsuddin.

Berada di Desa Lontar, Kabupaten Tangerang, proyek pembangkit ini diproyeksikan untuk dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi DKI Jakarta dan Banten.

“Pembangkit ini akan menjadi salah satu pembangkit yang mendukung energi murah untuk didistribusikan ke masyarakat luas,” lanjut Ratnasari Sjamsuddin.

Penambahan unit pada PLTU Lontar Extension sendiri, merupakan salah satu upaya untuk memberikan tambahan pasokan suplai listrik terbaik ke masyarakat.

“Khususnya di wilayah Banten, kebutuhan listrik masyarakat dan industri meningkat pesat. Sehingga harus ada penyedia energi yang memadai, berikut saluran transmisi yang bertugas mengantarkan ke seluruh pelanggan,” kata Ratnasari Sjamsuddin.

Direncanakan, PLTU Lontar Unit #4 akan menyokong kelistrikan untuk wilayah Kabupaten Tangerang. Selain itu, pembangkit ini juga dapat menyuplai listrik melalui infrastruktur kelistrikan eksisting untuk wilayah Tangerang Baru dan Cikupa.

“PLTU Lontar secara keseluruhan bertugas memperkuat keandalan listrik Banten dan Jakarta, demi memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendukung agar roda kehidupan serta perekonomian masyarakat terus bergerak,” tandas Ratnasari Sjamsuddin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Akhmad Lafranta Siregar Terpilih Pimpin Kadin Jakarta Selatan

Akhmad Lafranta Siregar menegaskan kesiapannya mengemban tugas barunya menjadi ketua Kadin Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 24 September 2021

Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Hari Ini

Jakarta Barat dan Jakarta Timur bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedangkan hujan sedang terjadi di Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 24 September 2021

Kontrak Bantargebang Segera Berakhir, DPRD Minta Pemprov DKI Serius Kelola Sampah

Kontrak Bantargebang sebagai TPST segera berakhir pada di Oktober 2021. DPRD DKI pun meminta Pemprov DKI serius menangani pengelolaan sampah.

MEGAPOLITAN | 24 September 2021

Pemprov DKI Surati Kemendikbudristek Minta Data 25 Klaster Covid-19 di Sekolah

Riza mengatakan hingga saat ini pihaknya masih meyakini proses PTM di sekolah-sekolah di Jakarta dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Ciliwung, Pemprov DKI Ingatkan Warga Soal Makelar Tanah

Yusmada mengatakan pihaknya tengah berupaya maksimal agar pembebasan lahan di sungai Ciliwung dan sungai lainnya bisa selesai tahun 2021.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Dituduh Ancam Pakai Pistol, Ini Jawaban Wanita Anggota DPRD Kota Tangerang

Anggota DPRD Kota Tangerang Epa Emilia menanggapi berita pengeroyokan dan pengancaman terhadap seorang pria bernama Jopi Amir.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Dibayangi Klaster Covid-19, Disdik DKI Tetap Tambah 890 Sekolah Ikut PTM

Disdik DKI Jakarta menegaskan klaster Covid-19 di sekolah tidak akan memengaruhi rencana pihaknya menambahkan 890 sekolah mengikuti PTM terbatas.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Indonesia Pasti Bisa Resmikan Desa Kekebalan Komunal Banjarsari

Desa Banjarsari menjadi desa pertama yang tingkat vaksinasinya mencapai 100% di wilayah Kabupaten Bekasi.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Dinas Tata Ruang Kota Bekasi Segel Bangunan Tak Miliki IMB

Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi menyegel SPBU dan tower BTS, karena tidak memiliki IMB.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021

Kendalikan Banjir Jakarta, Anies Kembali Targetkan 2 Hal Penting Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan dua hal penting dalam upaya pengendalian banjir di Jakarta pada tahun ini.

MEGAPOLITAN | 23 September 2021


TAG POPULER

# PON Papua


# Tukul Arwana


# Toko Obat Ilegal


# Piala Sudirman


# Suap Pejabat Pajak



TERKINI
IHSG Dibuka Menguat Pagi Ini

IHSG Dibuka Menguat Pagi Ini

EKONOMI | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings