Logo BeritaSatu

Klaster Covid-19 di Sejumlah RT Jakarta Setelah Lebaran, Ini Daftarnya

Minggu, 6 Juni 2021 | 08:07 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah arus mudik dan libur Lebaran 2021, muncul sejumlah klaster penyebaran Covid-19 di tingkat rukun tetangga (RT) di Jakarta.

Klaster tersebut muncul dalam bentuk klaster keluarga, tahlilan, silahturahmi Lebaran hingga klaster arus balik.

Berikut daftarnya:
1. Klaster keluarga RT 11 Kayu Putih, Jakarta Timur
Sebanyak 22 warga positif Covid-19 di RT 11, RW 09 di Kelurahan Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Jumlah ini merupakan akumulasi dari hasil tes swab PCR secara bertahap terhadap kurang lebih 75 warga di RT tersebut dari 24 Mei hingga 4 Juni 2021.

Lurah Kayu Putih Artika Ristiana mengatakan 22 kasus positif Covid-19 di RT 11 merupakan klaster keluarga. Artika mengatakan ada warga yang awalnya menunjukkan gejala Covid-19, tetapi tidak mau berobat dan melakukan pemeriksaan Covid-19. Setelah tetangganya dites usap dan positif Covid-19, baru yang bersangkutan melakukan tes usap dan hasilnya positif Covid-19.

“Namun, sebelum diswab, dia sudah ke mana-mana sehingga kita lakukan tracing dan tes swab PCR bertahap sehingga ditemukan 22 orang positif Covid-19 hingga Jumat kemarin,” ujar Artika saat dihubungi Beritasatu.com, Sabtu (5/6/2021).

Artika mengatakan, 22 warga ini terdiri dari 9 keluarga dan sebagian besar sudah diantar ke RSD Wiswa Atlet Kemayoran, sebanyak 14 orang, tiga orang dirujuk ke rumah sakit dan lima lainnya menjalankan isolasi di rumahnya masing-masing. RT 11 pun telah menerapkan micro lockdown sejak Jumat, 4 Juni hingga 14 hari ke depan.

Menurut Artika terbuka kemungkinan jumlahnya bertambah karena pihaknya terus melakukan tracing dan tes usap PCR terhadap warga RT 11 tersebut.

2. Klaster tahlilan di RT 01, Semper Barat, Jakarta Utara.
Sebanyak 21 warga di RT 01 RW 04 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, juga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Awalnya, satu warga yang positif Covid-19 meninggal dunia, lalu warga yang lain di RT 01 tersebut melayat atau tahlilan pada malamnya, setelah yang meninggal dimakamkan di TPU Rorotan.

“Nah di situ awalnya, kan banyak orang yang ikut tahlilan dan ada yang positif juga sehingga setelah dilakukan tes massal, akhirnya 21 orang positif Covid-19,” ujar Ketua RW 04 Mohammad Roji, Jumat (4/6/2021).

Dari jumlah tersebut, 16 orang diantar ke RSD Wisma Atlet, Kemayoran, empat orang dirujuk ke rumah sakit dan satu orang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Sejak 31 Mei lalu, RT 01 ini telah menerapkan micro lockdown untuk mencegah penularan yang lebih luas lagi serta lokasinya telah disemprot oleh disinfektan.

3. Klaster keluarga RT 08, Bambu Apus, Jakarta Timur
Sebanyak 20 warga di RT 08 RW 03 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes usap PCR pada 31 Mei 2021 lalu. Ke-20 warga ini merupakan keluarga besar dan setelah diketahui positif Covid-19, semua dievakuasi ke RSD Wisma Atlet, Kemayoran.

“Belum ada micro lockdown karena ini tujuk KK dalam satu rumah. Ini keluarga besar sehingga karena satu rumah, kita masih evaluasi terus,” ujar Camat Cipayung Fajar Eko Nugroho pada Selasa (1/6/2021).

Eko mengatakan, kejadian awalnya diketahui ketika ada anggota keluarga yang bergejala, tetapi belum dilakukan pemeriksaan medis. Setelah diperiksa dan dites usap, ternyata yang bersangkutan positif Covid-19 dan anggota keluarga lain pun juga terpapar Covid-19.

4. Klaster silahturahmi Lebaran RT 03, Cilangkap, Jakarta Timur
Kasus positif Covid-19 terbanyak terjadi adalah klaster penyebaran Covid-19 di acara silahturahmi lebaran pada 13-14 Mei 2021 lalu di RT 03, RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Dari acara silahturahmi lebaran ini, terdapat 104 warga di RT 03 yang dinyatakan positif Covid-19.

Ketua RW 03 Rosiadi menceritakan awalnya ada warga yang mengeluh kurang sehat dan memiliki gejala yang mirip Covid-19. Yang bersangkutan, kata Rosiadi, tinggal bersama keluarganya dalam satu rumah yang memiliki tiga pintu. Total anggota keluarga dalam rumah tersebut sebanyak 11 orang.

Pada saat Lebaran, keluarga tersebut sempat bersalaman satu sama lain dan bersilahturahmi ke tetangga-tetangga sekitar.

“Setelah diperiksa, tes swab, ternyata yang kurang sehat tadi ternyata positif Covid-19, akhirnya keluarganya juga diperiksa dan hasil positif semua,” ujar Rosiadi kepada Beritasatu.com, Sabtu (22/5/2021).

Pihaknya, kata Rosiadi, akhirnya melakukan tes swab PCR secara masal dan bertahap mulai dari 16 Mei hingga 21 Mei 2021 dengan total orang yang dites usap sebanyak 686 warga RT 03 dan hasilnya 104 orang dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, yang dirujuk ke rumah sakit sebanyak 20 orang, kemudian yang ke Wisma Atlet sebanyak 67 orang dan isolasi mandiri (di rumah masing-masing) 17 orang.

Hingga saat ini, sudah puluhan orang yang terpapar Covid-19 di RT 03 Cilangkap, dinyatakan telah sembuh. Meskipun demikian, RT tersebut masuk di-lockdown agar mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas lagi.

5. Klaster keluarga RT 06, Ciracas, Jakarta Timur
Penularan Covid-19 melalui keluarga juga terjadi di RT 06 RW 03 Ciracas, Jakarta Timur. Klaster keluarga ini akhirnya menyebabkan 36 warga dinyatakan positif Covid-19 dan RT 06 sudah diputuskan terapkan micro lockdown selama 14 hari, sejak 18 Mei lalu.

Lurah Ciracas, Rikia Marwan Salahudin mengatakan, klaster tersebut bukan klaster silahturahmi lebaran atau klaster arus mudik, tetapi klaster keluarga yang sebenarnya kasus awalnya sudah terjadi satu minggu lebih sebelum Lebaran 2021.

“Awalnya ada yang sakit, lalu diantar oleh sejumlah keluarga ke rumah sakit, itu terjadi sebelum leberan dan ternyata yang sakit ini, positif Covid-19 setelah dites swab PCR,” ujar Rikia, Jumat (21/5/2021).

Kemudian, kata Rikia, dilakukan tracing dan tes usap PCR secara massal sehingga diketahui terdapat 36 warga yang terpapar Covid-19. Namun, hingga saat ini, lockdown sudah dicabut karena semua warga RT 06 yang terpapar Covid-19 telah dinyatakan sembuh per 3 Juni 2021.

6. Klaster arus balik mudik RT 04, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan
Klaster Covid-19 lain terjadi di RT 04, RW 02, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Yang terjadi di RT 04 adalah 13 warga dinyatakan positif Covid-19 yang terdiri dari empat orang yang merupakan orang yang pulang mudik dan sembilan orang merupakan warga RT 04.

Lurah Srengseng Sawah, Adi Suryo mengatakan empat orang yang positif Covid-19 merupakan bagian dari tujuh orang yang dilakukan tes usap setelah pulang mudik Lebaran 2021. Tiga yang lainnya dinyatakan negatif.

“Sementara Sembilan yang lainnya adalah warga yang dites usap setelah Idulfitri 2021, tetapi bukan klaster silahturahmi karena waktu itu diimbau untuk tidak silahturahmi secara fisik. Mereka saudaraan semua, saling ketemu, ternyata ada yang positif,” ujar Adi, Kamis (27/5/2021).

Dari 13 warga ini, kata Adi sebagian besar merupakan pasien Covid-19 tanpa gejala sehingga menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Dia juga membantah jika yang dilockdawn satu RT. “Jadi, yang dilockdown itu hanya satu gang, yakni Gang Haji Usman di RT 04 tersebut,” tandas Adi.

Jika merujuk pada data situ corona.jakarta.go.id, hingga per 27 Mei 2021 lalu, RT 04, RW 02, Srengseng Sawah sudah masuk dalam kategori zona kuning dengan jumlah kasus aktif Covid-19 sebanyak tujuh kasus yang tersebar di dua rumah.

Klaster Covid-19 di Sejumlah RT Jakarta Setelah Lebaran, Ini Daftarnya



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran Shadow Team Bersumber dari Kemendikbudristek

Anggaran shadow team atau tim bayangan Menteri Nadiem Makarim bersumber dari anggaran Kemendikbudristek.

NEWS | 29 September 2022

Febri Diansyah Bela Sambo-Putri, ICW: Langkah yang Gegabah

ICW menyoroti langkah eks Jubir KPK Febri Diansyah yang bergabung dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 29 September 2022

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings