Logo BeritaSatu

DPRD DKI Segera Kaji Usulan Perubahan Empat Perda BUMD

Kamis, 10 Juni 2021 | 22:09 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi mengatakan pihaknya akan segera membahas empat draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diusulkan Pemprov DKI. Ke-empat draf tersebut telah diterima DPRD pada forum paripurna hari ini, Selasa, 9 Juni yang lalu.

Keempat Raperda tersebut adalah Perubahan Perda Nomor 10 Tahun 2018 Terbatas tentang Perseroan Jakarta Propertindo (Perseroan Daerah); Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2004 tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Wisata Niaga Jaya DKI Jakarta dan Yayasan Wisma Jaya Raya menjadi Perseroan Terbatas Jakarta Tourisindo dan Penyertaan Modal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Perseroan Terbatas Jakarta Tourisindo; Perubahan Peraturan Daerah Perda Air Minum DKI Jakarta (PAM JAYA); dan Perubahan Perda Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PAL) DKI Jakarta.

“Empat draf yang sudah kami terima akan menjadi bahan untuk dikaji oleh fraksi-fraksi, yang nanti akan menjadi pemandangan umum,” kata Suhaimi di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Suhaimi menilai penting usulan dari perubahan empat Perda tersebut mengingat kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan oleh masing-masing BUMD yang perlu diperkuat disesuaikan dengan perubahan payung hukum daerah.

“Semua sama penting, artinya Tourisindo harus kita backup dengan modal yang kuat, Propertindo diberikan tugas untuk bangun lapangan, PAL dan PAM kaitannya dengan layanan masyarakat agar lebih optimal dan maksimal,” terangnya.

Dalam pemandangan umum, lanjut Suhaimi, nantinya setiap fraksi partai politik akan menuangkan seluruh ide gagasan yang diperlukan guna menyempurnakan substansi atau pokok bahasan yang akan dibahas. Pembahasan tersebut juga akan menjadi bahan masukan bagi eksekutif sebelum dikaji lebih lanjut oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Kita bisa simpulkan ketika ada pandangan umum fraksi-fraksi, mana yang setuju dan mana yang tidak setuju, mudah-mudahan semua fraksi bisa menyetujuinya dan akan mendukung percepatan penguatan BUMD-BUMD yang ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, penyampaian pidato Gubernur yang dibacakan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan latar belakang masing-masing perubahan Perda BUMD DKI.

Seperti BUMD PT. Jakarta Propertindo (Perseroda) mengusulkan Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp 5,95 triliun untuk pengembangan kawasan olahraga terpadu di mana, anggaran tersebut terdiri dari 5 bidang tanah yang keseluruhannya mencapai 231.452 m2 sehingga diperlukan peningkatan modal dasar.

Kemudian, BUMD PT Jakarta Tourisindo mengusulkan peningkatan modal dasar dari Rp750 miliar menjadi Rp2,933 triliun dalam rangka pengembangan bisnis dalam industri pariwisata secara lebih luas. Mengingat, layanan BUMD yang bergerak di bidang perhotelan itu masih mencakup pada 7 (tujuh) unit hotel.

Selanjutnya, BUMD PAM Jaya juga mengusulkan peningkatan modal dasar dari Rp2 triliun menjadi Rp23,878 triliun yang nantinya akan digunakan untuk memperluas cakupan layanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Jakarta.

Terakhir, BUMD PAL Jaya mengusulkan perubahan pada aspek kegiatan usaha dan aspek modal dasar guna memberikan jasa pelayanan dengan pengelolaan air limbah termasuk penyaluran, pengumpulan, pemeliharaan dan pengolahannya. Sehingga, diusulkan perubahan nomenklatur PAL Jaya menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Helikopter Jatuh Baru Menikah

Kepergian Briptu Mochamad Lasminto, kopilot helikopter yang jatuh di Bangka Belitung, menyisahkan kesedihan mendalam bagi kedua orang tuanya.

NEWS | 30 November 2022

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

EKONOMI | 35 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE