Logo BeritaSatu

Jokowi Perintahkan Mal, Pusat Perdagangan, Hingga Kafe Tutup Jam 20.00

Senin, 21 Juni 2021 | 14:04 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com –Untuk mencegah semakin melonjaknya angka kasus positif Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan dilakukan penyesuaian dan penguatan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Penyesuaian PPKM mikro akan dilakukan mulai besok, 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Kegiatan restoran, warung makan, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima, lapak jalanan baik yang berdiri sendiri maupun di pasar dan pusat perbelanjaan atau mal, diatur 25% untuk dine in atau makan di tempat. Sementara 75% untuk take away atau dibawa pulang. Operasional juga diatur hingga pukul 20.00 WIB dan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kegiatan di pusat perbelanjaan, mal atau pasar dan pusat perdagangan, jam operasional maksimal sampai jam 20.00 WIB. Dan pembatasan pengunjung paling banyak 25% dari kapasitas,” ungkap Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto seusai mengikuti ratas penanganan Covid-19 yang dipimpin Presiden Jokowi secara daring, Senin (21/6/2021).

Penguatan PPKM mikro ini akan dituangkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Penyesuaian yang dilakukan di antaranya, untuk perkantoran baik di kementerian/lembaga, BUMN, BUMD dan tempat kerja lainnya, yang berada di zona merah, harus menerapkan bekerja dari rumah (work from home/WFH) sebanyak 75%. Sedangkan di zona nonmerah, diberlakukan 50-50% WFH dan bekerja di kantor (work from office/WFO) dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Pengaturan waktu kerja secara bergiliran. Jadi WFH-nya kalau bisa bergiliran, agar tidak ada yang melakukan perjalanan atau mobilitas ke daerah lain. Dan ini tentunya akan diatur lebih lanjut baik oleh K/L maupun pemerintah daerah (pemda),” ujar Airlangga Hartarto.

Terkait kegiatan belajar mengajar, penyesuaian yang dilakukan adalah melakukan kembali secara daring untuk zona merah. Zona lainnya mengikuti aturan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang sudah ada. “Dari aturan yang sudah ada,zona merah itu sudah dilakukan secara daring mengikuti PPKM,” terang Airlangga Hartarto.

Lalu untuk kegiatan sektor esensial, baik itu industri pelayanan dasar, utilitas publik, proyek vital nasional dan tempat kebutuhan pokok masyarakat mulai dari supermarket dan apotek dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas dan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Sementara kegiatan konstruksi, tempat konstruksi dan lokasi proyek dapat terus beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan.

Di tempat ibadah di zona merah, Airlangga menegaskan ditiadakan untuk sementara sampai zona tersebut dinyatakan aman. Tempat ibadah di zona non-merah diberlakukan sesuai dengan peraturan Kementerian Agama dan protokol kesehatan yang ketat.

“Terkait kegiatan keagamaan Iduladha, akan dikeluarkan SE tersendiri yang mengatur seluruh kegiatan, termasuk penyembelihan hewan kurban maupun pembagiannya. Menteri Agama akan mengeluarkan surat edaran khusus untuk itu,” tutur Airlangga Hartarto.

Sedangkan kegiatan di area publik fasilitas umum, taman umum, tempat wisata, tempat publik lainnya serta kegiatan seni budaya, sosial kemasyarakatan, kegiatan rapat, seminar pertemuan di zona merah ditutup sementara sampai dinyatakan aman. Kemudian di zona lainnya diizinkan dibuka paling banyak 25% dari kapasitas dan ada pengaturan dari pemda setempat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Catatan untuk kegiatan hajatan atau kegiatan kemasyarakatan, paling banyak 25% dari kapasitas ruangan dan tidak ada hidangan makanan di tempat. Artinya makan harus dibawa pulang,” papar Airlangga Hartarto.

Untuk transportasi umum, lanjut Airlangga, diberlakukan peraturan kapasitas dan jam operasional oleh pemda dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

SPORT | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings