Logo BeritaSatu

Palyja Bangun Instalasi Pengolahan Lumpur

Selasa, 22 Juni 2021 | 23:11 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah barat Jakarta, membangun instalasi pengolahan lumpur atau sludge treatment plant (STP) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pejompongan. Pembangunan STP itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021.

Sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, yaitu Environment Restoration atau Restorasi Lingkungan, Palyja berkomitmen memenuhi peraturan lingkungan hidup, seperti Pergub DKI No 69 Tahun 2013 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Kegiatan dan atau Usaha.

“Salah satu limbah yang dihasilkan oleh IPA Pejompongan adalah lumpur. Melalui STP IPA Pejompongan, olahan limbah atau buangan dari sistem pengolahan air, ketika dibuang ke badan air tidak akan mencemari lingkungan,” kata Corporate Communications & Social Responsibilities Division Head Palyja, Lydia Astriningworo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Menurut Pergub DKI No 69 tahun 2013, buangan lumpur yang boleh dibuang ke badan sungai harus memenuhi syarat yaitu dengan TSSmultiplate screw press.

STP IPA Pejompongan dibangun pada 2020 dan mulai beroperasi sejak Februari 2021. Lumpur yang diolah bersumber dari lumpur buangan accelator yang nilai konsentrasinya sebesar 0,5-3% dengan debit lumpur inlet multiplate screw press sebesar 3-5 lps. Kapasitas dry solid yang dihasilkan 144-600 DS/jam dengan kadar solid content yaitu 35%-50%.

STP dioperasikan oleh tiga orang tenaga alih daya yang sudah mendapatkan pelatihan.

Bahan kimia yang digunakan pada proses STP dalah polymer kationik. Dosis polymer yang digunakan sekitar 70-140 ppm. Pengoperasian STP sudah didasarkan pada instruksi kerja yang sudah tersedia dan dengan melengkapi formulir kendali harian operasional yang sudah efektif digunakan.

Hasil akhir dari STP adalah dry cake yang selanjutnya diangkut menggunakan pihak ketiga. Adapun air sisa (supernatan dari STP) yang sudah memenuhi standar baku mutu dikembalikan ke proses awal produksi.

Production & Transmission Division Head Palyja, Satata Hadi Widada mengatakan, sebagai bentuk komitmen terhadap kelestarian lingkungan sebagaimana tertuang dalam Visi Misi dan Tata Nilai Palyja menjadi perusahaan yang memberikan manfaat kepada publik dan lingkungan, maka pengoperasian STP ini merupakan jawaban konkret Palyja.

Program ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Palyja di bidang pelestarian lingkungan dan merupakan bagian dari empat fokus kegiatan corporate social responsibilities (CSR) Palyja, yakni pelestarian lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan, bantuan kemanusiaan dan air untuk semua.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tim Pengacara Ferdy Sambo Janjikan Pembelaan yang Fair

Tim pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi janji bakal memberikan pembelaan yang fair (adil) sesuai prinsip peradilan, kepada kliennya

NEWS | 28 September 2022

Latihan Militer, AS Akan Kerahkan HIMARS ke Latvia

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan sistem roket HIMARS untuk latihan militer ke Latvia, negara tetangga Rusia.

NEWS | 28 September 2022

KPK Cecar Zumi Zola soal Uang ke Anggota DPRD Jambi

KPK memeriksa eks Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai saksi, Selasa (27/9/2022) dugaan suap pada pembahasan RAPBD Jambi

NEWS | 28 September 2022

KPK Ungkap 3 Hal yang Dapat Buat Penyidikan Lukas Enembe Dihentikan

KPK memaparkan tiga hal yang dapat membuat penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe dihentikan.

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Minta Penyaluran Bantuan Subsidi Upah Terus Dipercepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) terus dipercepat, sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

NEWS | 28 September 2022

Sudah Berlarut-larut, ICW Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

ICW terus mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan upaya jemput paksa terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 28 September 2022

Ibu Negara Iriana Jokowi dan OASE KIM Kunjungi NTT

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) bertolak menuju NTT.

NEWS | 28 September 2022

Bawaslu Cek Laporan Dugaan Pelanggaran Tabloid KBA Newspaper

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja menyatakan pihaknya akan mengecek laporan dugaan pelanggaran tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 28 September 2022

KPK Telusuri Sewa Private Jet Lukas Enembe dan Keluarga

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri penyewaan private jet atau pesawat pribadi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dan keluarga.

NEWS | 28 September 2022

Dukung BPJS Kesehatan, Good Doctor Antar Obat ke Pasien

(Good Doctor) siap mendukung BPJS Kesehatan dengan menyediakan layanan pengiriman untuk distribusi obat dalam uji coba telemedicine JKN

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PT Cipta Aset Hentikan Sementara Penambangan Aset Kripto

PT Cipta Aset Hentikan Sementara Penambangan Aset Kripto

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings