Logo BeritaSatu

Pemprov DKI Pastikan Semua Vaksin Ampuh Cegah Varian Baru Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 | 07:06 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menegaskan semua vaksin Covid-19 saat ini ampuh untuk mencegah penularan varian baru Covid-19. Karena itu, Dwi mengajak warga yang berada di Jakarta untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Dengan vaksinasi dan taat protokol kesehatan secara ketat, dapat meminimalisasi potensi tertular virus ini. Perlu diketahui juga, semua merk vaksin saat ini ampuh untuk mencegah varian mutasi virus baru,” ujar Dwi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Dwi juga menegaskan semua vaksin Covid-19 aman, bermanfaat, dan berkualitas. Karena itu, dia minta warga tidak perlu ragu akan keamanan dan kualitas vaksin karena telah terbukti mencegah orang sakit termasuk mencegah kematian.

“Vaksinasi terbukti tidak hanya mencegah sakit, tetapi juga mencegah kematian. Jadi, ayo kita divaksin dan jangan lewatkan kesempatan vaksinasi ini,” imbuh dia.

Pemprov DKI Jakarta, kata Dwi terus melakukan percepatan vaksinasi agar kekebalan komunitas dapat cepat terbentuk, di mana warga berusia di atas 18 tahun sudah dapat divaksinasi. Warga yang ber-KTP DKI Jakarta maupun yang bekerja/bersekolah dan berdomisili DKI Jakarta, dapat mendaftar vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id, untuk menghindari antrean panjang di fasilitas kesehatan.

“Adapun jumlah sasaran vaksinasi total Provinsi DKI Jakarta sebanyak 8.815.157 orang. Untuk vaksinasi program, total dosis 1 saat ini sebanyak 3.753.451 orang atau 43% dari target dan total dosis 2 kini mencapai 1.898.567 orang atau 22% dari target,” tutur Dwi.

Sebelumnya, Dwi mengungkapkan pihaknya mencatat sebanyak 70 kasus varian baru mutasi Covid-19 di Jakarta. Dari jumlah tersebut, kata Dwi, terbanyak merupakan kasus impor sebanyak 33 kasus. Hal ini berdasarkan pemeriksaan sampel Whole Genome Sequencing atau WGS. DKI Jakarta sudah mengirim 987 total keseluruhan sampel terduga mutasi virus ke Kementerian kesehatan.

“Dari jumlah 987 sampel terduga mutasi virus, 70 sampel dinyatakan sebagai variant of concern atau VoC,” ujar Dwi.

Dari 70 kasus varian baru tersebut, kata Dwi, telah diidentifikasi bahwa 33 kasus memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri atau kasus impor. Sisanya merupakan 19 transmisi lokal varian Delta di DKI Jakarta dan 10 transmisi lokal varian Delta di Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Debotabek) yang mana pemeriksaannya dilakukan di Jakarta

“Lalu delapan kasus masih dalam proses verifikasi apakah merupakan varian Delta dari luar negeri atau transmisi lokal,” tandas dia.

Lebih lanjut, Dwi merinci 70 kasus varian baru tersebut, yakni 12 varian Alpha (B117), 3 varian Beta (B1351), 55 varian Delta (B16172).

“Dari hasil studi, varian Delta terbukti empat kali lebih menular dan meningkatkan angka perawatan rumah sakit. Namun, dengan vaksinasi dan taat protokol kesehatan secara ketat, dapat meminimalisasi potensi tertular virus ini,” pungkas Dwi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penyerangan TPNPB di Papua Barat, 4 Tewas 2 Dibakar Bersama Mobil BBM

Penyerangan TPNPB terhadap terhadap 12 pekerja di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, menewaskan 4 korban.

NEWS | 1 Oktober 2022

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian kini bergerak menuju wilayah Carolina Selatan pada Jumat, sehari setelah membawa kehancuran di semenanjung Florida, dengan menewaskan 21 orang

NEWS | 1 Oktober 2022

Putusan MK Thailand Buka Jalan untuk PM Prayut Kembali Menjabat

Mahkamah Konstitusi (MK) Thailand pada hari Jumat (30/9/2022) memutuskan, PM Prayut Chan-o-cha tidak melebihi maksimum delapan tahun.

NEWS | 1 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Akhir Pekan, Seluruh Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca BMKG, Jakarta pada akhir pekan ini akan diwarnai hujan yang turun ringan hingga lebat.

NEWS | 1 Oktober 2022

Peristiwa Cilegon, MUI: Tak Boleh Halangi Pendirian Rumah Ibadah

MUI menegaskan bahwa, agama Islam tak mengajarkan penganutnya untuk mempersulit pendirian rumah ibadah agama lain.

NEWS | 1 Oktober 2022

TGUPP: Anies Baswedan Atasi Persoalan Banjir di Jakarta

“Banyak program kerja yang sudah dilakukan Pemerintahan Anies Baswedan dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Anggota TGUPP, Muslim Muin.

NEWS | 1 Oktober 2022

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Sepekan

Korut kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timur wilayahnya pada Sabtu (1/10/2022) yang menandai peluncuran keempat dalam sepekan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kecelakaan Mobil Jatuh ke Jurang, Pasutri di NTB Meninggal Terbakar

Satu unit mobil pick up bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG terjun ke dalam jurang sejauh 100 M dan terbakar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Dandang Betawi, Buku Resep Kuliner Langka Khas Betawi

Warisan budaya Betawi dilestarikan dalam bentuk buku resep tradisional dan resep kuliner langka khas Betawi atau buku Dandang Betawi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyerangan TPNPB di Papua Barat, 4 Tewas 2 Dibakar Bersama Mobil BBM

Penyerangan TPNPB di Papua Barat, 4 Tewas 2 Dibakar Bersama Mobil BBM

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings