Logo BeritaSatu

Teknologi Angkat Atap JIS Seberat 3.900 Ton Dikupas Tuntas

Sabtu, 10 Juli 2021 | 17:25 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mengupas teknologi pengangkatan atap proyek Jakarta International Stadium (JIS) bareng Forum Insinyur Muda - Persatuan Insinyur Indonesia (FIM-PII) melalui seminar daring, Jumat (9/7/2021) malam.

Seminar secara daring itu merupakan salah satu dari tiga rangkaian kolaborasi antara Jakpro dan FIM-PII dalam mewujudkan sosialisasi dan publikasi pembangunan konstruksi JIS.

Tiga rangkaian diisi dengan tema berbeda yang menyasar kepada para akademisi, praktisi konstruksi, mahasiswa, karyawan Jakpro, dan masyarakat umum.

Direktur Proyek JIS Iwan Takwin mengatakan, pembangunan JIS merupakan amanah Pemprov DKI Jakarta kepada Jakpro untuk membangun dan mengelola kawasan olahraga terpadu JIS bagi publik.

Pembangunan JIS dimulai sejak 2019. Namun, seiring berjalan waktu banyak tantangan yang dihadapi mulai dari target penyelesaian yang ketat hingga kemunculan pandemi di kuartal pertama tahun lalu.

Meski demikian, berbagai tantangan ini memacu Jakpro bersama KSO pelaksana proyek maupun stakeholders lainnya untuk terus melakukan inovasi, improvisasi, dan kolaborasi agar pembangunan JIS dapat terlaksana dan tuntas sesuai target.

“Jadi teman-teman di lapangan seperti konsultan, kontraktor terus berkolaborasi mencari jalan keluar dari tantangan ini,” ujar Iwan ketika menjadi Opening Remarks di acara webinar dengan topik “Jakarta International Stadium: Teknologi Lifting Rangka Atap 3.900 ton”.

Strategis
Iwan menambahkan, pembangunan JIS merupakan proyek strategis di Jakarta bahkan Indonesia. Itu sebabnya, strategi pelaksanaan pembangunannya pun harus dengan terobosan strategi yang besar.

Teknologi Angkat Atap JIS Seberat 3.900 Ton Dikupas Tuntas

Misalnya saja, selama pembangunan JIS, Jakpro memanfaatkan digitalisasi. Hal ini merupakan inovasi Jakpro untuk lebih efektif, efisien, dan transparan di setiap proyek yang dikerjakan termasuk soal pemantauan real time hingga sistem building information modeling (BIM).

Dengan digitalisasi ini, dokumentasi pembangunan JIS dari proses perencanaan, eksekusi, hingga pemeliharaan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Dengan berkembangnya teknologi, Jakpro meyakini bahwa perusahaan merupakan pelopor BUMD pertama yang menggunakan BIM atau salah satu teknologi di bidang architecture, engineering, and construction" (AEC) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model tiga dimensi.

Selain itu, pembangunan JIS pun mencetak sejarah bagi dunia konstruksi maupun infrastruktur di Indonesia. Sebab, perancangan dan pembangunan rangka atap baja dengan berat 3.900 ton dan bentang terbesar di Asia bahkan dunia, dirakit di bawah dan diangkat secara bersamaan untuk menjadi atap JIS.

"16 titik harus diangkat secara sinkron secara terkomputerisasi tiap lima milimeter hingga mencapai 96 meter,” ujarnya.

Apresiasi
Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengapresiasi capaian rangkaian pengangkatan rangka atap JIS yang sudah berhasil. Menurutnya, hal ini merupakan karya monumental teknik sipil di Indonesia yang menuntut keahlian dan profesionalisme tingkat tinggi.

“Ini momen bersejarah karena JIS termasuk 10 stadion terbesar di dunia, paling tidak menurut Media Daily Mail yang berbasis di Inggris,” ujar Heru.

Bahkan, menurut Heru, JIS sejajar dengan Stadion Santiago Bernabeu milik klub Ibukota Spanyol Real Madrid lantaran struktur buka tutup atap yang mirip. Menariknya, Santiago Bernabeu juga tengah direnovasi.

Bedanya, pengangkatan atap stadion Santiago Bernabeu, di Madrid hanya seberat 700 ton dan dilakukan secara bertahap.

“Artinya struktur space truss roof JIS yang bisa buka-tutup merupakan terbesar dan terberat di Asia bahkan dunia. Ini heavy lifting menjadi capaian terbaik insinyur Indonesia,” jelasnya.

Dalam webinar ini para narasumber yang terdiri dari M Rizky Fauzi, Manajer Konstruksi Proyek Jakarta International Stadium dan Arga Frandsiska,

Manajer Proyek PT Wika Industri dan Konstruksi memaparkan tentang proses lifting rangka atap seberat 3.900 ton sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter secara bersamaan.

Harapannya, webinar kolaborasi ini bisa menjadikan JIS sebagai obyek pembelajaran bagi dunia konstruksi maupun menjadi kajian akademik di Fakultas Teknik di Indonesia. Dengan begitu, pembangunan JIS akan menjadi benchmark pembangunan stadion di Indonesia pada masa depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

 AKBP Raindra Ramadhan Syah tidak mengajukan banding saat putusan sanksi demosi empat tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Raindra Disanksi Demosi 4 Tahun

Mantan Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah disanksi demosi 4 tahun terkait kasus tewasnya Brigadir J

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Diberi Gelar Dada Ma Dopo Malomo oleh Sultan Ternate

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate, yaitu Dada Ma Dopo Malomo

NEWS | 28 September 2022

Gobel: Mendikbudristek Tak Paham Kebutuhan Indonesia

Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengkritik pernyataan Mendikbudristek Nadiem Makarim tentang keberadaan tim bayangan

NEWS | 28 September 2022

Komisi III Gelar Fit and Proper Test 2 Calon Pimpinan KPK

Komisi III DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan dua calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar

NEWS | 28 September 2022

Sidang Putusan, KPK Yakin Eks Dirjen Kemendagri Dinyatakan Bersalah

Eks Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochammad Ardian Noervianto bakal menghadapi sidang dengan agenda pembacaan putusan

NEWS | 28 September 2022

Jokowi Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Ternate

Jokowi dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate pada acara yang diselenggarakan di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

NEWS | 28 September 2022

Program Vaksinasi Covid-19 Diperluas untuk WNA

emerintah memperluas program vaksinasi Covid-19, yakni tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga menyasar WNA.

NEWS | 28 September 2022

Dapat Kewarganegaraan Rusia, Edward Snowden Tak Ikut Perang Ukraina

Presiden Vladimir Putin telah memberikan kewarganegaraan Rusia kepada pelapor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden.

NEWS | 28 September 2022

Anggaran Pemilu 2024 KPU Kota Bogor Capai Rp 4,1 Miliar

Pemerintah mengucurkan anggaran Rp 4,1 miliar untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada KPU Kota Bogor

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

2 Eks KPK Perkuat Tim Pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings