Tangerang Raya Tiadakan Salat Iduladha Berjemaah dan Larang Takbiran Keliling
Logo BeritaSatu

Tangerang Raya Tiadakan Salat Iduladha Berjemaah dan Larang Takbiran Keliling

Jumat, 16 Juli 2021 | 16:49 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Tangerang, Beritasatu.com - Masih tingginya kasus Covid-19 dan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM darurat) membuat tiga kepala daerah di Tangerang Raya sepakat untuk meniadakan Salat Iduladha berjemaah di masjid, musala, dan lapangan dan melarang takbir keliling. Kebijakan ini diterapkan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Berdasarkan Surat Edaran (SE) dengan nomor 451/2449-Kesra/2021 terkait penyelenggaraan kegiatan peribadatan selama Hari Raya Iduladha tahun 2021, maka saya berharap pengurus ataupun dewan kemakmuran masjid (DKM) masjid-masjid dan musala untuk meniadakan Salat Iduladha secara berjemaah dan mengimbau agar penyelenggaraan Salat Iduladhanya diselenggarakan di rumah masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat," ungkap Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah dalam keterangan persnya, Jumat (16/7/2021).

Dia juga minta umat muslim di Kota Tangerang untuk tidak menyelenggarakan takbir keliling. Takbiran hanya dilakukan terbatas di masjid dan musala lingkungan masing-masing dengan tidak mengundang orang luar lingkungan tersebut.

"Saya juga melarang penyelenggaraan takbir keliling terlebih masih dalam masa PPKM darurat. Oleh sebab itu, saya berharap pihak petugas dari tim gabungan untuk melakukan operasi selama malam Iduladha untuk mengamankan bila masih ada yang melakukan takbir keliling. Semua dilakukan demi kepentingan bersama," tambahnya.

Senada dengan Arief, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie juga mengharap masyarakatnya untuk meniadakan Salat Iduladha secara berjemaah baik di masjid, musala maupun lapangan terbuka selama penyelenggaraan lebaran haji tahun ini. Dan itu sudah dituangkan dalam surat edaran (SE) yang telah disebarkan kepada masyarakat.

"Kalau untuk penyelenggaraan takbiran di masjid atau musala, baik dengan arak-arakan berjalan kaki maupun dengan kendaraan kita larang apalagi masih dalam masa PPKM Darurat," tutur Benyamin.

Penyembelihan Hewan Kurban
Pemkot Tangerang juga mendorong agar kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah potong hewan ruminansia (RPH-R) dan dapat dilaksanakan selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Dzulhijjah atau 21 hingga 23 Juli 2021.

"Kita dorong pemotongan hewan kurbannya di RPH yang ada di Kota Tangerang, tapi jika kapasitas RPH-H sudah penuh, pemotongan hewan kurban boleh dilakukan di luar RPH. Boleh diselenggarakan di masjid dan musala di lingkungan tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan ketat, dan petugas yang melakukan pemotongan dan pembagian hewan kurban juga harus diatur dan tidak melebihi kapasitas lingkungan tempat pemotongannya," lanjut Wali Kota Tangerang.

"Lalu pembagian hewan kurbannya juga enggak boleh mengundang orang datang ambil ke lokasi pemotongan, tetapi pihak panitia yang jalan berkeliling membagikan daging kurban," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

Lima Polres Bogor Raya merekomendasikan tiga poin dalam pertemuan rapat koordinasi menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Polisi: Jeff Smith Pakai LSD 4 Lembar Sehari

Artis Sinetron Jeff Smith ditangkap karena kasus penggunaan narkoba jenis LSD atau acid.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan Jebol, DPRD Minta Kontraktor Ditindak Tegas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya harus lebih memperhatikan kualitas pengerjaan sumur resapan dan menindak tegas kontraktor yang lalai.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Jababeka Raih Penghargaan dari Kemenperin

Kawasan Industri Jababeka di Cikarang meraih penghargaan Smart Industrial Estate di ajang Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI) 4.0 Award di Kemenperin.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sumur Resapan di Lebak Bulus Jebol, Mobil Terperosok

Sumur resapan yang jebol memicu kecelakaan yakni mobil terperosok di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Artis Jeff Smith Gunakan Narkoba Jenis Baru

Dia ditangkap karena penyalahgunaan narkoba jenis baru, lysergic acid diethylamide (LSD).

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Bertambah Kembali, Pasien Dirawat di Wisma Atlet Kemayoran

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat mengalami kenaikan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Sepekan Terakhir, Kota Bogor Nol Kasus Covid-19

Dalam satu pekan terakhir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor mencatat nol kasus dan tinggal 17 orang pasien dirawat.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

Hari Ini, Sebagian Jakarta Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Kamis (9/12/2021), sebagian wilayah Jakarta berpotensi diguyur hujan.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021

KNKT: Kecelakaan Transjakarta, Tak Ada Unsur Sabotase

KNKT Soerjanto Tjahjono menilai, sejauh ini tidak ada unsur sabotase oleh pihak tertentu dalam kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan bus Transjakarta.

MEGAPOLITAN | 9 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

MEGAPOLITAN | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings