Ganjil Genap di Bogor Diapresiasi Menhub, Bima Arya: Bisa Ditiru Wilayah Lain
Logo BeritaSatu

Ganjil Genap di Bogor Diapresiasi Menhub, Bima Arya: Bisa Ditiru Wilayah Lain

Minggu, 25 Juli 2021 | 17:27 WIB
Oleh : Vento Saudale / JEM

Bogor, Beritasatu.com - Penerapan sistem ganjil genap untuk lalu lintas kendaraan di Kota Bogor mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Penerapan ganjil genap itu dinilai efektif dan efesien dibandingkan penyekatan. Untuk itu, wilayah lain diwacanakan dapat mengikuti penerapan ganjil genap di Kota Bogor tersebut.

"Tadi kita sama-sama evaluasi. Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) dan Pak Menko (Airlangga Hartarto) mengapresiasi sistem ganjl genap yang diterapkan di Kota Bogor, karena lebih efektif dan efisien," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Minggu (25/7/2021.

Bima menilai, pada masa PPKM Darurat, Kota Bogor memberlakukan penyekatan selama dua minggu dan hasil eveluasi diperlukan banyak petugas, namun hal itu berisiko mengundang kerumunan karena antrean kendaraan sehingga berpotensi menularkan virus Covid-19.

"Karena penyekatan kemarin membutuhkan energi yang besar, tingkat keterpaparan yang tinggi di antara para petugas dan pengendara," ucap Bima usai bertemu Menhub Budi Karya, di Balai Kota Bogor, Minggu.

Akhirnya, pada PPKM Level 4, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mengganti dengan menerapkan sistem ganjil genap. Semula melalui penyekatan dilakukan pola pelarangan lalu diubah dengan pola pengaturan.

"Bukan berati penyekatan ditinggalkan tetapi ditambah (check poin) ganjil genap. Mungkin akan dijalankan di kota-kota lain," kata Bima.

Meski demikian, dengan berakhirnya PPKM Level 4 hari ini, Bima belum bisa memastikan apakah sistem ganjil genap akan dilanjutkan pada hari kerja atau hanya berlaku pada akhir pekan.

"Yang pasti hari ini kita evaluasi lagi bersama pak kapolres. Nanti akan kita putuskan apakah hari biasa berlanjut atau tidak," tambah Bima.

Sebelumnya, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi PPKM yang dilakukan pihaknya, kebijakan penyekatan kepada sektor esensial dan kritikal tidak tepat diterapkan di jalan.

"Kita ganti dari pola pelarangan (penyekatan) dengan pengaturan (ganjil genap). Setiap wilayah berbeda-beda penanganannya, penyekatan di Kota Bogor sebagai perlintasan kurang efektif," kata Susatyo, Kamis (22/7/2021).

Untuk itu, Satgas Covid-19 Kota Bogor akan memberlakukan sistem ganjil genap selama perpanjangan PPKM Level 4 selama tiga hari.

“Pengecekan surat keterangan dan lainnya, hasil evaluasi kita tidak pas kalau diterapkan di jalan, hanya menyebabkan perdebatan petugas dan pengendara di jalan. Menyebabkan kerumunan segala macam malah panjang, makanya kita mainnya ganjil genap,” jelasnya.

Tak hanya itu, menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi PPKM Darurat, Kota Bogor diketahui menjadi wilayah perlintasan. Di mana, banyak masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan sehari-hari ikut tersekat imbas penerapan kebijakan penyekatan ini.

Ditambah lagi saat ini sudah banyak bantuan yang turun ke masyarakat sehingga otomatis upaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam waktu dekat ini akan meningkat di sekitaran pusat kota.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini


BERITA LAINNYA

Layanan SIM Keliling di Jakarta, Ini Lokasinya

Polda Metro Jaya melalui akun @TMCPoldaMetro di Jakarta menjelaskan, layanan SIM Keliling ini beroperasi pukul 08.00-14.00 WIB.

MEGAPOLITAN | 20 September 2021

Sebagian Besar Jakarta Cerah Berawan Hari Ini

Pada siang hari, semua wilayah Jakarta akan cerah berawan kecuali Jakarta Selatan yang hujan ringan.

MEGAPOLITAN | 20 September 2021

14 Mobil Damkar Padamkan Kebakaran Pabrik Sablon di Cengkareng

Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk memadamkan kobaran api di pabrik sablon di Cengkareng.

MEGAPOLITAN | 20 September 2021

Pemkot Bekasi Evaluasi Kontrak Kerja Sama TPST Bantargebang dengan DKI

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan Pemkot Bekasi sedang mengevaluasi kerja sama TPST Bantargebang yang akan berakhir Oktober mendatang.

MEGAPOLITAN | 19 September 2021

Atasi Banjir Rob, Pemprov DKI Genjot Pembangunan Tanggul Pantai NCICD

Pemprov DKI menggenjot pembangunan tanggul pantai atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Stage A untuk mencegah banjir rob di Jakarta.

MEGAPOLITAN | 19 September 2021


MS Glow Buka Cabang di Kota Depok

MS Glow Aesthetic Clinic di kota Depok menjadi cabang ke-13 klinik kecantikan tersebut.

MEGAPOLITAN | 19 September 2021

TMII Beri Toleransi kepada Pengunjung yang Susah Akses Aplikasi PeduliLindungi

TMII memberikan toleransi kepada para pengunjung yang masih susah mengakses aplikasi PeduliLindungi saat hendak berwisata dengan menunjukkan sertifikat vaksin

MEGAPOLITAN | 19 September 2021

Ribuan Pengunjung Berwisata di TMII Hari Ini, Ada Anak-anak Umur di Bawah 12 Tahun

Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan, hingga pukul 12.00 ada 4.239 pengunjung yang berwisata di TMII hari ini, Minggu (19/9/2021)

MEGAPOLITAN | 19 September 2021

Besok, 91% PAUD Gelar PTM Terbatas di Kota Bekasi

Pemkot Bekasi mendata sebanyak 91% atau 1.226 satuan pendidikan jenjang PAUD telah mengajukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas

MEGAPOLITAN | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
Bursa Australia Melemah di Tengah Liburnya Mayoritas Bursa Asia

Bursa Australia Melemah di Tengah Liburnya Mayoritas Bursa Asia

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings