Logo BeritaSatu

95 % Bansos Tunai di Jakarta Sudah Disalurkan Pos Indonesia

Sabtu, 31 Juli 2021 | 21:34 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemsos) melalui PT Pos Indonesia di wilayah DKI Jakarta telah mencapai 95% atau 735.717 dari alokasi yang ada.Tahun ini, Kemsos menyalurkan BST secara serentak di Tanah Air melalui PT Pos Indonesia (Persero) dengan target 10 juta KPM. Adapun anggaran yang disediakan total Rp12 triliun.

Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Charles Sitorus mengatakan untuk wilayah DKI Jakarta, berdasarkan data laporan rekap pengantaran tunai per provinsi, Sabtu, 31 Juli 2021, atau 7 hari setelah dimulainya penyaluran oleh Pos Indonesia telah mencapai 95 %.

Penyaluran BST dilakukan di tengah situasi PPKM dengan cara door to door (mendatangi langsung ke rumah- rumah) Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Cara ini untuk mencegah kerumunan saat pembagian bantuan sosial tunai (BST).

"Karena warga terbatas bergerak, kami yang bergerak. Tenaga pengantar kita tambah, protokol kesehatan kita perketat, seluruh karyawan yang melakukan pengantaran sudah kita vaksin,” ucap Charles Sitorus, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Sabtu (31/7/2021).

Untuk mengejar target penyaluran BST kepada 10 juta KPM tahun ini, Pos Indonesia menambah jumlah tenaga penyalur dan bantuan komunitas.

Seluruh petugas juru bayar maupun pegawai Pos Indonesia yang mengantarkan BST ke rumah KPM sudah menjalani vaksinasi dua kali. Mereka juga dilengkapi masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer. Hal ini menunjukkan keseriusan Pos Indonesia dalam mencegah penularan virus covid-19.

"Dalam penyalurannya, Pos Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19, dan pihak keamanan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan," kata Charles.

Kepala Kantor Pos Regional II, Arifin Muchlis, mengatakan bahwa Pos Indonesia ingin menyalurkan BST dengan cepat karena saat ini masyarakat sangat membutuhkan uang bantuan sosial tunai ini.

“Penyaluran bantuan sosial tunai di wilayah Jakarta ini menjadi daerah yang langsung mendapat pemantauan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta, sehingga kita harus menyalurkan ini secara cepat dan tepat sasaran,” jelas Arifin.

Sementara itu, dalam hal validitas data KPM, Pos Indonesia melakukan pembaruan data secara berkala kepada Kemsos serta juga mengandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama-sama mengawal validnya data PKM, memastikan kesesuaian jumlah, dan ketepatan waktu penyaluran BST.

"BPKP dari sisi akuntabilitas meyakinkan bahwa prosedur yang dijalankan oleh Kemsos benar-benar disosialisasikan oleh lembaga di bawahnya termasuk provinsi, hingga tingkat paling bawah, (yang kemudian) dikomunikasikan dengan mitra yang menyalurkan," ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta, Samono.

Setiap KPM mendapatkan BST senilai Rp300.000. Untuk bulan ini, KPM mendapatkan Rp600.000, gabungan dari bulan Mei dan Juni. Syarat untuk bisa menerima bantuan dari program Kemsos ini masih sama seperti sebelumnya, yakni menunjukkan KTP dan KK asli.

Sementara realisasi penyaluran program bantuan sosial secara nasional saat ini tengah dikoordinasikan dan dihitung pihak PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank-Bank negara (Himbara) bersama Direktorat Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemsos. Jadi masih proses menunggu perhitungan.

Penyaluran bantuan PKH dan BPNT/Kartu Sembako dilakukan secara non tunai melalui jaringan Himpunan Bank-Bank negara (Himbara) yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN. Adapun BST merupakan bansos khusus yang disalurkan melalui jaringan kantor PT Pos Indonesia.

"Perlu kami sampaikan bahwa untuk PKH, dan kartu sembako atau BPNT itu disalurkan melalui bank Himbara, bank himpunan negara, ada BNI, BRI, kemudian Mandiri, dan satunya BTN," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Diharapkan melalui pemberian BST oleh pemerintah akan memicu bergeraknya uang di tengah masyarakat di berbagai pelosok daerah sehingga dapat menghidupkan kembali roda perekonomian, serta memompa pemulihan ekonomi nasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data angka prevalensi Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Puan Tanam Padi Bareng Petani dan Borong Sayur-Mayur di Bali

Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi pertanian di Kabupaten Badung. Ia juga ikut menanam padi bersama petani.

NEWS | 29 September 2022

Puan Maharani Tegaskan PDIP Siap Usung Calon Presiden Sendiri

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data positivity rate Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim putri BIN O2C Bandung dan PLN Batam berpeluang ke babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi I.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings