Logo BeritaSatu

Istiqlal dan Katedral Bergandengan Tangan Bantu Warga Terdampak Covid-19

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:47 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Masjid Istiqlal dan Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga Katedral Jakarta bergandengan tangan memberikan bantuan sosial bagi warga sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

Kolaborasi dua rumah ibadah ini menitikberatkan bahwa agama yang berbeda secara teologis dan konsepsi Ketuhanan pun bertemu pada satu titik, yaitu nilai-nilai kemanusiaan.

Titik temu ini berangkat dari satu pemahaman bahwa keberadaan rumah ibadah yang menduduki fungsi sentral dan strategis perlu dioptimalkan penggunaannya, baik dari segi fisik maupun kegiatan pemakmuran bagi umat.

Didukung penuh Badan Urusan Logistik (Bulog), acara ini diselenggarakan di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (13/8/2021).

Hadir dalam acara tersebut Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar; Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (HAK KWI), Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr; Pastor Rekan Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga Katedral Jakarta, Romo Bernardus Christian Triyudo Prastowo, SJ; dan Corporate Secretary Bulog, Awaludin Iqbal.

Hadir pula perwakilan dari berbagai organisasi lintas agama, seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Indonesian Islamic Youth Economic Forum (Isyef), Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI), dan BSI Muda.

Dalam sambutannya, Nasaruddin Umar menyampaikan apresiasi kepada HMI atas inisiatif organisasi ini dalam menggandeng tokoh-tokoh lintas agama untuk agenda kemanusiaan.

“Apa yang kita saksikan pada hari ini, teman-teman menghadap ke Katedral di samping Masjid Istiqlal, itulah lambang keindonesiaan yang sangat hidup. Sesulit apa pun jalan yang kita hadapi saat ini, ini adalah kekayaan batin yang dimiliki anak bangsa dalam berbagi. Kita tidak boleh sendiri-sendiri dalam mengurus umat dan bangsa. Harus ada sinergi, karena di mana ada sinergi, di situ ada berkah,” ungkapnya.

Semangat Sama
Dengan semangat yang sama, Romo Agustinus Heri Wibowo, Pr mengatakan, momen seperti ini menunjukkan universalitas serta persaudaraan lintas iman dan lintas kepercayaan yang terwujud dengan harmonis di Indonesia.

“Kiranya inisiasi dari dari kawan-kawan siang ini bisa menjadi inspirasi dan menular kepada orang muda di segala penjuru sehingga nama Tuhan makin dipermuliakan dan kemanusiaan makin diangkat dan dipulihkan,” katanya.

Saat memberikan laporan pertanggungjawaban, Ketua Panitia Gerakan Bantu Rakyat dari Rumah Ibadah Firman Kurniawan Said menyampaikan, sudah bukan waktunya lagi berselisih antarumat beragama.

“Sebaliknya, kami hadir bersama PMKRI dan teman-teman lainnya untuk mengedepankan semangat persatuan di tengah perbedaan. Kami berharap, Gerakan Bantu Rakyat dari Rumah Ibadah dapat benar-benar menjadikan rumah ibadah sebagai episentrum untuk membangun kekuatan untuk bantu rakyat yg terdampak Covid-19,” katanya.

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan peran rumah ibadah untuk masyarakat dapat makin dirasakan secara luas dan inklusif lagi. Seperti semangat yang diusung sejak awal cetusan ide ini, kolaborasi antarrumah ibadah dalam membantu warga sekitar juga diharapkan menegaskan napas persatuan dan kerukunan antarumat beragama yang terwujud dalam aksi konkret bagi umat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

Wapres Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Ma'ruf Amin tiba di Bandara Internasional Haneda, Tokyo, Jepang untuk menghadiri pemakaman Shinzo Abe.

NEWS | 25 September 2022

Kerja Sama Politik PKB dengan PDIP Masih Tahap Komunikasi

Kerja sama politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan PDI Perjuangan (PDIP) masih tahap komunikasi awal.

NEWS | 25 September 2022

DPR: Penolakan Banding Sambo Bukti Keseriusan Polri

Nasir Djamil menilai penolakan banding Irjen Ferdy Sambo atas sanksi pemecatan tidak dengan hormat, menunjukkan keseriusan Polri menyikapi harapan publik.

NEWS | 25 September 2022

Perubahan Jam Kerja di DKI, Bogor Ingin Ada Kajian Bersama

Pemkot Bogor ingin ada kajian bersama dengan daerah penyangga terkait rencana perubahan jam kerja sebagai upaya mengatasi kemacetan di DKI.

NEWS | 25 September 2022

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa bumi dengan magnitudo 5,5 yang mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara itu terjadi pukul 18.16.33 WIB.

NEWS | 25 September 2022

MAKI: Lukas Enembe Cukup Sehat Jalani Pemeriksaan KPK

MAKI menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat sehingga dapat menjalani pemeriksaan yang diagendakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 25 September 2022

Tak Masuk Prolegnas, Ini Pasal Kontroversial RUU Sisdiknas

RUU Sisdiknas batal masuk dalam Prolegnas prioritas tahun 2022, berikut berbagai pasal kontroversial yang tercantum di dalamnya.

NEWS | 25 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KSP Tegaskan Tak Ada Kaitan dengan Politik

Tenaga Ahli Utama KSP Theo Litaay menegaskan kasus Lukas Enembe murni kasus hukum dan tak ada kaitannya dengan masalah politik.

NEWS | 25 September 2022

Cerita Rektor UGM Saat Jadi Mahasiswa Almarhum Samekto

Rektor UGM Ova Emilia menceritakan kisahnya saat masih menjadi mahasiswa almarhum Samekto Wibowo. 

NEWS | 25 September 2022

Mendag Zulhas Usulkan Rp 100 Triliun Serap Hasil Petani

Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan anggaran sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap komoditas bahan pokok hasil para petani.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings