Logo BeritaSatu

Sentul City vs Rocky Gerung, Kecamatan Babakan Madang Siap Gelar Mediasi

Sabtu, 25 September 2021 | 07:52 WIB
Oleh : Vento Saudale / BW

Bogor, Beritasatu.com - Kecamatan Babakan Madang siap menjembatani perselisihan lahan di Bojong Koneng, Kabupaten Bogor antara PT Sentul City vs Rocky Gerung. Kecamatan dan desa siap gelar mediasi antarkubu yang berselisih demi mempercepat proses penyelesaian masalah lahan tersebut.

Hal itu dikatakan Camat Babakan Madang, Kabupaten Bogor Cecep Imam Nagarasid, Jumat, (24/9/2021). Kata dia, pemerintah siap menjadi jembatan untuk mencarikan titik terang terkait kisruh lahan antara Rocky Gerung dan warga dengan PT Sentul City.

"Kami baik pemerintah kecamatan maupun desa siap menjembatani antarkeduanya agar duduk bersama mencari jalan keluar. Hal ini juga sudah kami sampaikan kepada kedua belah pihak," papar Cecep.

Kendati demikian sampai saat ini kedua belah pihak belum memberikan respons terkait tawaran dari pemerintah wilayah agar permasalahan ini diselesaikan dengan duduk bersama.

"Belum ada respons dari kedua belah pihak," singkatnya.

Jika kedua belah pihak tetap teguh di atas pendiriannya masing-masing, Cecep menyarankan agar keduanya menempuh kasus ini lewat jalur hukum dan aturan yang berlaku.

"Yang jelas saya minta masyarakat agar tetap tenang dan jangan sampai tersulut emosi. Hadapi semua dengan kepala dingin," tutupnya.

Terpisah, Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor Sepyo Achanto mengatakan, secara umum persoalan lahan antara Rocky Gerung dan warga dengan Sentul City sudah masuk dalam pembahasan jajaran Pemerintahan Kabupaten Bogor.

"Persoalan ini sudah sempat kami bahas bersama Pemkab Bogor. Hasilnya kami meminta kepada kedua belah pihak untuk mengedepankan musyawarah dan mufakat untuk menyelesaikan masalah ini," katanya.

Bahkan, ATR BPN Kabupaten Bogor juga mengajak kepada kedua belah pihak untuk bersama-sama menginventarisasi lahan-lahan yang ada di sana. Termasuk lahan milik masyarakat yang sudah secara turun temurun.

Sepyo mengatakan, Sentul City memang memiliki sertifikat hak guna bangunan (SHGB) atas lahan tersebut. Ia juga mengatakan, objek lahan yang menjadi sengketa memiliki SHGB atas nama Sentul City.

"Kalau mengacu kepada berkas yang ada memang lahan di sana sudah ada SHGB. SHGB ini atas nama Sentul City. Jadi tidak palsu seperti yang rami dibicarakan. Sampai saat ini objek lahan itu terdaftar atas nama Sentul City," akunya.

Disinggung soal kabar penyimpangan proses pembuatan SHGB Sentul City, Sepyo menilai kecil kemungkinan SHGB tersebut didapatkan dengan cara yang tidak benar. Sebab dalam mendapatkan SHGB tentunya tidaklah sembarang.

"Semua sertifikat dan dokumen saya kira benar dan tidak palsu. SHGB ini pun ada datanya, data lamanya juga ada jadi tidak palsu. Saya kira tidak ada yang berani menerbitkan SHGB palsu. Kalau prosedurnya benar pasti sertifikat asli. Kecuali kalau diterbitkan dengan cara tidak benar pasti palsu," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun sewa atau rusunawa di pulau reklamasi, yaitu Pulau C atau Pantai Kita.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo karena Kelalaian Anggota Polisi

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo bukan aksi teror melainkan karena kelalaian anggota polisi yang menjadi korban ledakan.

NEWS | 25 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Diduga Berasal dari Bahan Petasan

Ledakan yang terjadi di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022) diduga berasal dari bahan petasan.

NEWS | 25 September 2022

Mabes Polri Benarkan Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Mabes Polri membenarkan telah terjadi ledakan di Asrama Polisi Grogol Indah Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

NEWS | 25 September 2022

Kapolda: Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Bukan Aksi Teror

Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo ternyata karena kelalaian petugas dan bukan aksi teror yang sengaja ditujukan bagi aparat kepolisian.

NEWS | 25 September 2022

Indonesia Rintis Kerja Sama Lalu Lintas Data dengan Portugal

Indonesia tengah berupaya menjalin kerja sama konektivitas data internasional dengan menggunakan infrastruktur milik Portugal.

NEWS | 25 September 2022

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk Paket Saham ETF State Street

Menjelang akhir tahun 2022 saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF).

NEWS | 25 September 2022

Kebakaran di Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan beserta masyarakat setempat memadamkan kebakaran di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

NEWS | 25 September 2022

Pemerintah Pusat Lakukan Pengawasan Sangat Ketat Dana Otsus Papua

Pemerintah pusat akan melakukan pengawasan sangat ketat terkait dana otonomi khusus (otsus) Papua.

NEWS | 25 September 2022

Mahfud Tegaskan KPK Punya Mekanisme soal Pemeriksaan Lukas Enembe

Mahfud MD menegaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki mekanisme terkait pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun Rusunawa di Pulau Reklamasi

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings