Logo BeritaSatu

Anies Berkomitmen Rawat Tempat Ibadah Bersejarah di Jakarta

Jumat, 8 Oktober 2021 | 22:19 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan berkomitmen menjaga dan merawat situs-situs yang memiliki nilai sejarah dan perjuangan bangsa. Mulai dari kediaman para pahlawan, gedung pertemuan, hingga tempat ibadah. Komitmen ini ditunjukkan Anies dan Pemprov dengan mulai merevitalisasi Masjid Al Mansur yang terletak di Jalan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Hal ini disampaikan Anies usai menunaikan salat Jumat di masjid yang berdiri 300 tahun silam, bersama dengan keturunan KH Muhammad Mansur, salah satunya yaitu KH Afif Ahmadi Mansur dan Ustaz Yusuf Mansur pada Jumat (8/10/2021).

“Masjid ini seharusnya bukan hanya dirawat, tetapi dipastikan anak kita dan anak dari anak-anak kita dapat melihat masjid ini berdiri tegak. Maka dari itu kami putuskan revitalisasi. Jangan sampai empat pilar ini keropos dan akhirnya kita menyesal. Maka dari itu disiapkan dengan baik sehingga insya Allah dapat selesai sebelum puasa tahun depan,” kata Anies.

Anies menjelaskan Masjid Al Mansur merupakan bangunan bersejarah yang didirikan pada 1717 dan menjadi salah satu pusat perkembangan ajaran Islam di Jakarta. Bahkan, masjid ini merupakan salah satu tempat yang mengibarkan bendera Merah Putih pada awal kemerdekaan Republik Indonesia oleh KH Muhammad Mansur.

“3,5 tahun lalu saya hadir di masjid ini untuk acara haul. Waktu itu sambil selesai acara, saya menyaksikan masjid bersejarah ini, masjid ini didirikan 1717 dan masjid ini penuh sejarah serta pengaruh besar. Punya catatan perjuangan tersendiri. Pada awal kemerdekaan di mana tak banyak tempat mengibarkan merah putih, tetapi saat itu Guru Mansur mengibarkan merah putih di masjid ini,” kata Anies.

Latar sejarah serta kondisi masjid yang membutuhkan pembaruan membuat Pemprov DKI Jakarta memutuskan melakukan revitalisasi. Melalui revitalisasi ini diharapkan masjid dapat terus berdiri kokoh, serta dimanfaatkan untuk generasi selanjutnya.

Anies menegaskan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk merawat berbagai objek sejarah di Jakarta. Selain masjid, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta juga merevitalisasi Gereja Immanuel.

"Kami ingin tempat ibadah di Jakarta yang punya sejarah dirawat, dikembangkan, dan direvitalisasi sehingga kita dapat menyelamatkan untuk generasi anak cucu kita,” kata Anies.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings