Logo BeritaSatu

Seusai Deklarasi Capres, Relawan Anies Siap Keliling Indonesia

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:16 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) siap menjadi wadah bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkeliling Indonesia. Hal ini merupakan langkah lanjutan setelah melakukan deklarasi Anies menjadi calon presiden 2024 di Gedung Juang, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021) siang.

"Pak Anies kan menyampaikan bahwa pascabeliau sebagai Gubernur DKI di Oktober 2022 nanti beliau kan akan jalan keliling Indonesia. Nah, bagaimana Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera juga menjadi wadah beliau untuk keliling Indonesia," ujar salah satu deklarator Aliansi La Ode Basir saat dihubungi, Rabu (20/10/2021).

Basir mengatakan, langkah ini dilakukan setelah Anies menyelesaikan masa jabatannya menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022 mendatang. Relawan, kata dia, juga akan memperkuat basis yang sudah terbentuk di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Tentu kita akan memperkuat jaringan basis-basis masa seluruh wilayah Indonesia, dari kota sampai pedesaan," tandas dia.

Basir menegaskan, relawan Anies yang lahir pada 2018 lalu, sudah memiliki jaringan di seluruh Indonesia. Dia mengaku sebenarnya relawan ini juga mendukung Anies menjadi capres di Pilpres 2018, tetapi mereka menghormati komitmen Anies untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta selama satu periode sebagaimana amanah dari warga Jakarta.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membocorkan rencananya setelah mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2022 mendatang.

Menikmati
Anies mengaku akan menikmati hidup dengan berkeliling ke Indonesia setelah melepaskan jabatannya sebagai orang nomor 1 DKI Jakarta.

“Jadi habis itu (setelah masa jabatannya), kalau sudah, saya keliling saja ke mana-mana di Indonesia,” ujar Anies dalam acara Workshop Nasional DPP PAN yang disiarkan di Youtube PAN TV, Rabu (6/10/2021).

Anies mengibaratkan menjadi Gubernur DKI Jakarta seperti tahanan kota. Pasalnya, setiap pertemuan nasional, dia tidak bisa ke mana-mana karena semuanya diselenggarakan di Jakarta. Termasuk, jika para gubernur menghadap presiden atau mendagri, dia tinggal menyeberang Monas menuju Istana Negara atau kantor Kemdagri.

“Gubernur DKI itu nama resminya, nama senyatanya adalah tahanan kota karena tidak bisa pergi-pergi. Saya ini terakhir ke Bali mungkin 2 tahun, bukan karena penutupan saja, karena memang tugas Gubernur DKI Jakarta itu, ada pertemuan nasional pun tinggal menyebrang Monas. Dipanggil Presiden pun, semua gubernur dipanggil, tinggal menyebrang Monas. Kementerian Dalam Negeri mengumpulkan, tinggal menyebrang Monas,” ungkap dia.

Dalam sisa masa jabatannya, Anies akan memberikan yang terbaik dengan menuntaskan pekerjaan-pekerjaan yang mesti dilakukan dalam 5 tahun ini. Hal ini penting, kata dia, agar masyarakat percaya pada demokrasi dan mempertanggungjawabkan apa yang dipercayakan kepadanya.

“Saya hanya berharap semua yang dikerjakan di sini tuntas sehingga orang percaya pada proses demokrasi. Karena saya ini calon gubernur yang tidak sengaja jadi calon gubernur. Saya tidak pernah membayangkan bahwa akan menjadi calon gubernur Jakarta. Dan yang bekerja untuk proses pemenangan kemarin barangkali banyak bapak ibu sekalian yang ikut terlibat,” tutur Anies.

“Yang iurannya luar biasa, iuran tenaga. Jadi yang ada dalam benak saya adalah ini dituntaskan, bisa lapor kepada umat, kepada masyarakat, amanat sudah dijalankan dengan baik. Tuntas. Nah sesudah itu saya jadi orang bebas. Sambil orang bebas saya menikmati keliling ke mana-mana,” pungkas Anies menambahkan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengungsi Korban Gempa Cianjur Mencapai 108.720 Jiwa

Pengungsi Korban Gempa Cianjur Mencapai 108.720 Jiwa

NEWS | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE