Logo BeritaSatu

Ini Alasan Warga Muara Angke Bertahan di Tengah Banjir Rob

Rabu, 10 November 2021 | 00:35 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagian warga Muara Angke, Jakarta Utara tetap bertahan di rumah mereka, meski banjir rob kerap melanda kawasan tersebut. Kebanyakan dari mereka sudah tidak takut dan kaget lagi karena sudah hidup berdampingan dengan banjir.

Elis (38), salah seorang warga RT 9/22 Muara Angke, Pluit, mengaku sudah lebih dari 10 tahun hidup di kawasan pesisir Jakarta Utara tersebut. Untuk itu, Elis mengaku tidak kaget dan tetap bertahan di rumahnya ketika banjir datang. Selain karena sudah betah, Elis memiliki usaha penatu atau laundry yang tidak dapat ditinggalkannya begitu saja.

“Ya sudah biasa. Sudah betah istilahnya dan juga punya usaha laundry,” kata Elis saat ditemui Beritasatu.com, Selasa (9/11/2021).

Elis mengakui saat banjir melanda, usaha penatunya mengalami hambatan dan pendapatannya berkurang. Hal ini lantaran akses untuk transportasi menjadi terbatas. Meski demikian, hal itu tak membuatnya berpikir untuk pindah dari Muara Angke.

“Ya kalau lagi kayak gini (banjir) berkurang (pendapatannya) karena kondisinya banjir mau jalan kemana-mana susah, terhambat,” ujarnya.

Warga Muara Angke lainnya juga mengakui bertahan hingga puluhan tahun karena memiliki usaha yang tak dapat ditinggalkan. Sebagian warga Muara Angke berprofesi sebagai nelayan atau bekerja dengan pemilik usaha kerang hijau.

Salah satunya Nia. Wanita yang sudah 16 tahun menetap di kawasan Muara Angke tersebut mengakui sehari-harinya mengupas dan membersihkan kerang hijau.

“Kalau lagi banyak, satu hari bisa dapat Rp 200.000. Tergantung barangnya banyak dan kitanya kuat atau tidak,” ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kementerian PUPR Targetkan 9 Bendungan Rampung Tahun Ini

Kementerian PUPR Targetkan 9 Bendungan Rampung Tahun Ini

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings