Logo BeritaSatu

Urai Kemacetan, Margoda Depok Akan Diberlakukan Ganjil Genap

Minggu, 28 November 2021 | 21:14 WIB
Oleh : Vento Saudale / FFS

Depok, Beritasatu.com - Satlantas Polres Metro Depok berencana memberlakukan rekayasa ganjil genap setiap akhir pekan di sepanjang Jalan Margoda. Kebijakan itu dilakukan guna mengurai kemacetan di setiap akhir pekan.

Kebijakan ganjil genap atau gage di Jalan Margonda rencananya akan dilakukan Satlantas Polres Metro Depok mulai Sabtu, 4 Desember 2021 dan uji coba dilakukan selama dua pekan.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, berdasarkan analisis, volume kendaraan di ruas Jalan Margoda sudah melewati batas setiap akhir pekan.

"Sabtu dan Minggu itu sering terjadi kemacetan maka langkah yang kami ambil, Polres Depok, khususnya Satlantas melakukan uji coba pelaksanaan ganjil genap, rencana pelaksanaan itu pada tanggal 4 Desember,” ungkap Jhony, Minggu (28/11/2021).

Dia memaparkan, kebijakan ini diterapkan baru menyasar kepada pengguna kendaraan roda empat. Sedangkan untuk pengendara roda dua, masih bisa melewati Jalan Margonda sesuai dengan aturan yang telah ada.

Pemberlakuannya baru khusus mobil dari pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Kemudian, kendaraan yang mendapat pengecualian, yakni kendaraan darurat ambulance, kendaraan umum, roda dua, dan kendaraan VVIP.

Jhoni menambahkan, usai tahap sosialisasi dan uji coba pihaknya akan melihat hasil dan dilakukan analisa serta evaluasi untuk melihat apakah ganjil genap efektif mengurai kemacetan di Jalan Margonda atau tidak.

Salah seorang warga Depok, Indra Cahya memahami penerapan kebijakan ini untuk mengurai kemacetan terutama di Jalan Margonda. Namun, Indra pesimistis tujuan itu akan tercapai. Hal ini mengingat kemacetan di Jalan Margonda bukan hanya karena meningkatnya volume kendaraan roda empat milik pribadi. Kemacetan juga disebabkan banyaknya titik pangkalan ojek online dan angkot di sepanjang Jalan Margonda.

Menurut Indra, Jalan Margonda merupakan etalase Kota Depok. Untuk itu, seluruh pihak sebaiknya duduk bersama membahas mengenai persoalan kemacetan di Jalan Margonda.

"Jadi sebaiknya Pemkot, dan Polres Depok duduk bersama dengan perwakilan ojek online dan angkot untuk membahas agar tidak ada yang dirugikan," kata Indra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

Politikus PDIP Said Abdullah menyatakan tragedi Kanjuruhan, Malang menjadi pelajaran agar kompetisi sepak bola jangan hanya pentingkan aspek bisnis.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings