Logo BeritaSatu
Hari Disabilitas Internasional

Anies Ingatkan Warga Jakarta Hindari Sikap Ableism

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:08 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta meluncurkan layanan digital ramah penyandang disabilitas, Digital Intelligent Assistant atau DINA di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, fasilitas ini merupakan komitmen Pemprov DKI untuk menghadirkan kesetaraan bagi seluruh warga, termasuk dalam memfasilitasi masyarakat penyandang disabilitas.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas,” kata Anies.

"Fasilitas ini menjadi penanda bahwa masyarakat penyandang disabilitas bisa ke mana saja. Jika memperoleh dukungan pelayanan, mereka akan bisa mendapatkannya melalui DINA ini,” tambahnya.

Anies menjelaskan, Pemprov DKI melibatkan penyandang disabilitas dalam proses perencanaan fasilitas. Tujuannya, agar fasilitas yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda. Apabila penyandang disabilitas salah satu kelompok rentan di Jakarta terfasilitasi, maka warga kebanyakan juga akan terfasilitasi.

"Penyandang disabilitas dilibatkan dalam perencanaan fasilitas, agar fasilitas yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan mereka, terlebih para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda," jelasnya.

"Kita ingin semua spektrum terfasilitasi. Kami selalu sampaikan, bila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan terfasilitasi, insyaallah elemen rakyat yang lain juga terfasilitasi,” tandasnya.

Anies juga mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap ableism yaitu perasaan dan cara pandang yang membuat kita seolah memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

"Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi,” pesannya.

Direktur utama PT MRT Jakarta William Sabandar menambahkan, ada tiga stasiun yang dipasang DINA, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Nantinya, layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

"Hari ini kami mengoperasikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama DINA. Inisiatif ini pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong,” jelas William.

William mengatakan DINA merupakan inisiatif yang didasarkan pengalaman melayani penumpang selama ini. "Mereka transformasikan ke dalam sebuah teknologi yang dapat melayani semua pelanggan tetapi amat ramah disabilitas, karena dengan adanya teknologi video call, operator yang bertugas pada operation center di HI ini bisa berkomunikasi langsung dengan teman-teman penyandang disabilitas,” pungkas William.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

Sebanyak enam pintu air di Jakarta waspada atau siaga 3 banjir dikarenakan hujan yang mengguyur ibu kota sejak sore hari tadi.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polisi Periksa CCTV di Rumah Lesti Kejora-Rizky Billar

Polisi akan memeriksa CCTV di rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar terkait penanganan dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 4 Oktober 2022

Mahasiwa FHUI Cetak Prestasi pada Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Dunia

FHUI yang tergabung dalam ALSA mencetak prestasi pada kompetisi peradilan semu bertaraf internasional di Seoul, 30 September - 3 Oktober 2022.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ridwan Kamil Buktikan Dampak Perubahan Iklim, 700 Hektare Ditelan Laut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuktikan sendiri dampak perubahan iklim di wilayahnya.

NEWS | 4 Oktober 2022

1.252 Rumah di Kota Tangsel Dikepung Banjir

Hasil monitoring BNPB, ada sebanyak 1.252 rumah di enam kelurahanTangerang Selatan yang terkepung banjir.

NEWS | 4 Oktober 2022

Banjir Perumahan Dosen IKIP Bekasi Capai 1 Meter

Banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, disebebkan luapan kali yang melintas di perumahan tersebut.

NEWS | 4 Oktober 2022

Megawati Minta Prajurit TNI Paham Pancasila dan Geopolitik

Menurut Megawati Soekarnoputri, memahami Pancasila berarti mengetahui sejarah bangsa dan negara Indonesia.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

KPK melakukan penahanan terhadap tersangka pemberi suap lainnya dalam kasus hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Ajak Anggota DPR Heningkan Cipta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPR Puan Maharani menutup masa persidangan I DPR tahun sidang 2022-2023 dalam rapat paripurna.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Sahroni Apresiasi Langkah Tegas Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam menangani tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings