Logo BeritaSatu

Perombakan Direksi Transjakarta Harus Segera Dilakukan

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:26 WIB
Oleh : Mikael Niman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Forum Warga Jakarta (Fakta) dan Analis Kebijakan Transportasi, Azas Tigor Nainggolan, mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI harus mengambil sikap tegas terhadap jajaran direksi PT Transjakarta. Kalau perlu, segera mengganti atau mencopot posisi direksi Transjakarta.

‎"‎Pemprov harus mengambil sikap tegas terhadap para direksi Transjakarta dan mengganti mereka segera," kata Azaz Tigor, Selasa (7/12/2021).

Ungkapan ini muncul karena dilatarbelakangi rentetan kecelakaan yang dialami bus Transjakarta dalam beberapa waktu terakhir ini.

Saat pertemuan Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya dengan DPRD Jakarta, kata Azaz, terungkap ada 502 kecelakaan yang dialami oleh bus Transjakarta sepanjang Januari-Oktober 2021.

Kecelakaan paling banyak disebabkan bus Transjakarta menabrak obyek tertentu atau kecelakaan tunggal, yakni 88% dari total kecelakaan. Sementara 12% lainnya, bus transjakarta ditabrak atau diserempet oleh kendaraan lain.

Data kecelakaan ini belum termasuk kecelakaan pada November 2021, bahwa kecelakaan paling banyak melibatkan bus milik operator PPD yakni 34%, disusul operator Mayasari 32%, Steady Safe 16%, Kopaja 13%, Transwadaya 3%, Pahala Kencana 1% dan Bianglala 1%.

Terbaru, Senin 6 Desember 2021, sekitar pukul 21.00 WIB bus Transjakarta menabrak seorang pejalan kaki hingga tewas di dekat SMKN 57 arah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"Seperti tidak penanganan dan perbaikan atas pelayanan dan operasional Transjakarta yang terus alami kecelakaan. Bahkan, terkesan para direksi Transjakarta mendiamkan dan diam tidak bekerja memperbaiki semua kecelakaan bus Transjakarta. Bayangkan saja kemarin dalam sehari Transjakarta alami kecelakaan di jalan raya," bebernya.

"Coba, apakah ini hanya sebuah kecelakaan biasa? Apakah ini produk dari sebuah manajemen Transjakarta yang sudah bobrok? Jelas semua kejadian kecelakaan Transjakarta adalah produk dari sebuah bobroknya atau salah urus dari direksi Transjakarta itu sendiri," sambungnya.

Menurutnya, semua kejadian dan kecelakaan bus Transjakarta tersebut tidak akan terjadi jika para perusahaan operator dan pengemudinya beroperasi dengan baik.

"Para operator dan pengemudi akan beroperasi baik jika memang seleksi operator dilakukan secara benar oleh direktur pelayanan Transjakarta. Para operator dan pengemudi akan beroperasi baik jika direktur operasional mengawasi operasional dengan baik. Para operator dan pengemudi juga pengguna Transjakarta akan mendapatkan fasilitas aman, nyaman dan selamat jika direktur teknis bekerja dengan baik. Berarti, semua kejadian kecelakaan ini bisa terjadi karena para direksi Transjakarta tidak bekerja dan tidak melayani serta melindungi dan memberikan layanan yang aman, nyaman juga keselamatan kepada pengguna Transjakarta," imbuhnya.

Tak dapat dipungkiri, kata Azaz, memang ada kesalahan para operator dan pengemudi tetapi itu disebabkan oleh tidak bekerjanya para direksi Transjakarta dalam mengawasi rekrutmen, pelayanan dan operasional para operator juga pengemudi oleh para direksi Transjakarta.

Untuk itu, kata dia, harus dilakukan perombakan jajaran direksi Transjakarta untuk menyelamatkan Transjakarta dari Kehancuran.

"Gubernur Jakarta jangan diam dan segera melakukan penggantian atau perombakan para direksi Transjakarta yang tidak bekerja. Perombakan setidaknya dengan direksi yang bertanggung jawab terkait pelayanan, operasional dan teknis di Transjakarta. Jika tidak dilakukan tindakan, kita patut curiga bahwa Gubernur Jakarta membiarkan dan bisa jadi mendiamkan Transjakarta hancur," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, 20 Personel Polri Diduga Langgar Etik

20 orang personel polisi diduga terlibat pelanggaran etik terkait dengan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir 16 Oktober 2022.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings