Logo BeritaSatu

Museum Sumpah Pemuda Persembahkan Film Dokumenter M Yamin

Sabtu, 25 Desember 2021 | 13:56 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 lalu, Museum Sumpah Pemuda, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mempersembahkan Film Dokumenter yang berjudul Yamin.

Film dokumenter animasi ini menceritakan sosok pahlawan nasional yang mencetuskan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam yakni Mohammad Yamin.

"M Yamin ini merupakan satu tokoh yang menuliskan sebuah rumusan dalam secarik kertas dimana kertas itu lalu disodorkan kepada ketua kongres Soegondo Djojopoespito. Rumusan dalam kertas tersebut kini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Film dokumenter menjadi media yang efektif untuk mendokumentasikan serta memberikan informasi/pengetahuan kepada khalayak luas," ungkap Kepala Museum Sumpah Pemuda, Titik Umi Kurniawati dalam keterangan persnya, Sabtu (25/12/2021).

Lanjutkan Titik, film dokumenter Yamin ini dibuat di Yogyakarta dan Jakarta yang proses produksinya selama tiga bulan.

"Proses produksi dilakukan di Yogyakarta dan Jakarta dengan durasi waktu selam. Gagasan Yamin itu yang kemudian tertuang dalam Sumpah Pemuda tentang persatuan Indonesia mulai dikemukakan Yamin saat aktif memimpin Jong Sumatranen Bond," tambahnya.

Melalui film ini, Titik sendiri berharap generasi muda bisa mengetahui sejarah perjuangan bangsa Indonesia dimana sosok M Yamin menjadi bagian dari pahlawan nasional yang ikut merumuskan naskah Sumpah Pemuda yang perlu diketahui generasi muda saat ini.

"Kanal media ini bertujuan untuk mewadahi, mengintegrasikan, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia. Melalui film dokumenter berjudul Yamin yang mengisahkan tentang sosok Mohammad Yamin seorang Pahlawan Nasional yang merumuskan ikrar Sumpah Pemuda. Dari film ini, kita bisa belajar bahwa mencintai Indonesia adalah mencintai bahasa dan budayanya," tandasnya.

Film Dokumenter Yamin yang akan tayang pada hari Sabtu, 25 November 2021 Pukul 18.45 WIB di Indonesiana TV. Dimana kanal ini dapat diakses melalui www.indonesiana.tv, IndiHome channel 200 (SD) dan channel 961 (HD), serta OTT Platform antara lain UseeTv Go dan UseeTV.com.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

2022, Muhammad Jadi Nama Bayi Laki-laki Favorit di Inggris

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings