Logo BeritaSatu

Klaim Banjir Cepat Surut, Anies: Berkat Kerja Sistematis

Kamis, 20 Januari 2022 | 09:12 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeklaim banjir yang melanda Jakarta cepat surut karena petugas bekerja sistematis dan cepat.

“Jakarta dilanda hujan ekstrem tapi bisa ditangani cepat. Kenapa? Atas izin Allah, Kerja sistematis dan kerja cepat itu membuatkan hasil!” ujar Anies dalam Instagramnya, Rabu (19/1/2022).

Dikatakan, banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota pada Selasa (18/1/2022) adalah akibat hujan dengan intensitas ekstrem yang terjadi.

Menurutnya, pada saat itu, curah hujan di Kemayoran tercatat mencapai 204 milimeter, di Teluk Gong 193 mm, di Pulomas 177 mm, dan Kelapa Gading 163 mm.

Curah hujan di atas 150 mm adalah kondisi ekstrem. Kapasitas drainase di Jakarta berkisar antara 50-100 mm. Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta.

Dikatakan, jika turun hujan ekstrim hingga terjadi banjir maka prioritas Pemprov DKI Jakarta adalah memastikan warga aman dan tak ada korban jiwa. Kemudian, memastikan semua usaha pemompaan dikerjakan agar banjir bisa surut dalam waktu maksimal enam jam setelah hujan berhenti.

“Alhamdulillah, berkat kesiapan dan tanggapnya jajaran Pemprov DKI sebagian besar titik banjir kemarin sudah surut di hari yang sama.” Kata Anies.

Menurutnya, kebih dari 100 pompa mobile diaktifkan dan belasan truk pemadam kebakaran diturunkan. Sebanyak 480 pompa stasioner juga dalam posisi siap, dan di daerah yang terdapat banjir dan genangan langsung diaktifkan.

Semua, ujarnya, dikerahkan untuk memompa dari kawasan tergenang dan dialirkan ke saluran/kanal/sungai. Surut cepat karena semua sumber daya dikerahkan. “Itulah kerja jajaran DKI: senyap dan tuntas!” kata Anies.

“Apresiasi atas kolaborasi berbagai pihak yang turut menjaga Jakarta kemarin, termasuk teman-teman yang aktif melaporkan kondisi genangan di wilayahnya lewat JAKI atau 112. Terima kasih!” tutup Anies.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mendata titik banjir di Ibu Kota pada Rabu (19/1/2022), hingga pukul 15.00 WIB meluas dari semula 93 RT (rukun tetangga) menjadi 102 RT dengan ketinggian air mencapai 90 cm.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Syafii Maarif Meninggal, Menko PMK: Indonesia Kehilangan Bapak Bangsa

Syafii Maarif, cendekiawan muslim yang akrab disapa Buya Syafii meninggal dunia hari ini Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping.

NEWS | 27 Mei 2022

Hasto Bantah Hubungan PDIP dan Ganjar Pranowo Renggang

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto membantah isu soal renggangnya hubungan antara PDIP dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

NEWS | 27 Mei 2022

Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

Panggung perayaan Kebangkitan dan Kenaikan Isa Almasih di JIS yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat, tidak menggunakan area rumput

NEWS | 27 Mei 2022

Banjir Rob, 185 Peti Kemas di Tanjung Emas Terdampak

Sebanyak 185 peti kemas terdampak banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

NEWS | 27 Mei 2022

Polisi Berupaya Kembalikan Dana Korban DNA Pro

Polisi secepatnya menuntaskan perkara penipuan robot trading aplikasi DNA Pro dan menelusuri seluruh aset para tersangka untuk dikembalikan kepada korban

NEWS | 27 Mei 2022

Khofifah Ajak Warga Jatim Salat Ghaib untuk Syafii Maarif

Khofifah mengatakan kepergiaan Syafii Maarif dirasakan seluruh rakyat Indonesia karena almarhum merupakan salah satu putra terbaik bangsa.

NEWS | 27 Mei 2022

Besok, KBRI Swiss Akan Sampaikan Update Pencarian Anak Ridwan Kamil

KBRI Swiss rencananya akan menyampaikan update pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz besok siang waktu Indonesia.

NEWS | 27 Mei 2022

Megawati Berharap PBB Kuatkan Fungsi BMKG Internasional

Megawati mengajak seluruh negara dunia yang tergabung dalam PBB bahu-membahu memperkuat mitigasi bencana melalui penguatan fungsi BMKG Internasional.

NEWS | 27 Mei 2022

Menlu: Putra Gubernur Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz belum ditemukan.

NEWS | 27 Mei 2022

Kenangan Din Syamsuddin Mengenai Sosok Buya Syafii Maarif

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M Din Syamsuddin menceritakan berbagai kenangannya bersama Buya Ahmad Syafii Maarif yang meninggal dunia hari ini.

NEWS | 27 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepakati Kontrak Baru, Maurizio Sarri di Lazio hingga 2025

Sepakati Kontrak Baru, Maurizio Sarri di Lazio hingga 2025

BOLA | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings